Ditulis oleh : Fathurrahman Helmi

Kamu juga ingin tulisan tentang Football Managermu dimuat di Artupoke.com, cek dimari !

Setiap manajer punya pemain yang biasa dibeli dari satu savean ke savean lainnya. Buat saya sendiri terkadang jika di savean sebelumnya menemukan pemain bagus dan punya prospek jelas plus membantu tim dalam meraih beberapa trofi, pasti pemain itu menjadi incaran di savean selanjutnya.

Inilah beberapa pemain yang menurut saya wajib dibeli untuk membangun skuad bagus buat savean para manajer di football manager 2022 atau mungkin versi dibawahnya.

Formasi yang dipakai adalah 4-3-3 DM Wide dengan taktik Vertikal Tiki-Taka. Kenapa memakai taktik ini dikarenakan saya sudah mencobanya di savean re-build Manchester United. Di musim pertama saya membawa tim lolos ke UEFA Champions League dan juga masuk final FA Cup. Kemudian di musim kedua, bisa menjadi juara English Premier League dan lagi-lagi masuk semifinal Champions League hanya kalah agregat dari Paris Saint-Germain.

Mari kita lihat pemain-pemain yang wajib dibeli berikut ini.

Kiper:

Maarten Vandervoort

Pemain asal belgia yang saat ini berseragam KRC Genk ini menjadi kiper pelapis David De Gea di savean saya. Beberapa kali dimainkan di Carabao Cup, FA Cup atau di pertandingan yang mana De Gea butuh diistirahatkan, dia tampil dengan apik.

Jika melihat dari data yang saya ambil dari FMInside bisa dilihat dia punya aspek goalkeeping yang bagus. Aerial Reach bagi kiper yang baru berusia 19 tahun ini sudah berada di angka 12. Bahkan reflek dan one on one berada di angka 14. Ini membuat atribut dia dalam melakukan pergerakan spontan dan juga jika berhadapan dengan pemain lawan jadi sangat baik.

Mungkin karena umur masih 19 tahun wajar dia belum mendapatkan perhatian untuk main di klub besar dan menjadi kiper utama tapi jika para manajer jeli dia bisa jadi kiper yang mumpuni dimasa yang akan datang

Bek tengah kanan

Niklas Suele

Pemain ini tidak boleh terlewatkan oleh semua manajer yang butuh pemain dengan postur selayaknya bek tengah era tradisional. Tinggi badan mencapai 195 cm dan punya atribut heading 15 membuat dia menjadi tembok kokoh di lini belakang.

Suele memang resmi berseragam Borussia Dortmund tapi jika kita masih main dengan Football Manager 2022 mungkin dia masih berseragam Bayern sebelum diupgrade fm versi terbaru. Value nya Cuma sekita 23 juta euro jadi untuk transfer bujet bisa sedikit lega dengan dapat pemain yang bagus dan punya prospek jelas mengingat umurnya masih 25 tahun.

Bek tengah Kanan

Pau Torres

Pemain yang saya rasa bakal menjadi pilar penting di lini pertahanan bagi siapapun manajer yang membeli sosok asal Spanyol ini. Mungkin secara teknikal tidak mentereng. Tapi, pengen punya pemain yang stamina, strength hingga tackling bagus? Pau Torres adalah solusi yang tepat.

Jika dia dipasangkan dengan Niklas Suele, kalian punya twin tower yang saling melengkapi. Crossing dari Torres tidak sebaik Suele, maka jadikan Suele fokus buat crossing bola ke depan sebagai Ball Playing Defender dan jadikan Torres sebagai pemain yang back up Suele.

Saling melengkapi itu penting kalau ingin lini pertahanan terutama 2 bek tengah di tim kita.

Bek Kiri

Robin Gosens

Butuh fullback kiri yang tipikalnya mirip Andy Robertson? Robin Gosens adalah solusinya. Ketika saya membelinya dengan mahar sekitar 30an juta euro. Dia menjadi pemain yang saya pakai role sebagai Fullback dengan mode attack. Beberapa kali tusukan yang sering dibuatnya mirip dengan Robbo.

Crossingnya bagus dan tahu kapan harus menyerang dan tak lupa kembali ke barisan pertahanan ketika tim diserang. Makanya kenapa dia mempunyai atribut anticipation yang berada di angka 17 dan braverty yang berada di angka 15. Penting punya fullback dengan atribut seperti ini.

Bahkan Robin juga punya tingkat determinasi tinggi di angka 16 yang mana pemain dengan atribut ini punya rasa percaya diri yang tinggi dan tidak mudah patah semangat ketika tim ketinggalan.

Bek Kanan

Tariq Lamptey

Punya pemain muda dengan atribut fisikal yang bagus? Para manajer harus melihat ke sosok Tariq Lamptey. Pemain ini punya potensial ability di angka 83. Untuk pemain yang baru berumur 20 tahun ini sih luar biasa.

Lihat saja akselerasinya berada di angka 20. Ini bukan angka biasa. Dengan atribut itu dia bisa melewati pemain lawan dengan cukup baik dan akan berani dalam melakukan penetrasi kedepan ika diperlukan.

Memang biaya yang dikeluarkan cukup besar. Akan tetapi kadang-kadang kita perlu keluar bujet besar kan untuk pemain yang punya prospek cerah?

Defensive Midfielder

Renato Sanches

Jika mendengar posisi defensive midfielder, apa yang para manajer ingat? Pemain yang bisa memutuskan bola sebelum ke pertahanan? Atau pengalir bola kedepan ketika tim memegang pemainan? Renato Sanches bisa menjadi pilihan ketika banyak DM yang elit seperti Ngolo Kante atau Rodrigo yang belum tentu bisa dibajak karena value yang tinggi.

Pemain asal Portugal ini punya mental aggression yang bagus di angka 17. Jika dia ditempatkan di posisi DM maka dia akan berani untuk merebut bola dari kaki lawan karena tingkat agresivitas yang tinggi. Ini diperlukan jika dia diplot sebagai Ball Wining Midfielder layaknya Kante.

Jika menaruh dia sebagai Deep Lying Playmaker maka atriut crossing dan technique akan berguna bagi dia dalam menyuplai bola kedepan jika kita mempunyai pemain tipikal Advanced Forward didepan.

Box To Box Midfielder

Nicolo Barella

Mungkin ini salah satu pemain dalam list ini yang butuh bujet besar untuk mendatangkannya. Tapi, Barella tidak boleh dilewatkan jika tim yang kita tukangi butuh pemain Box to Box selayaknya Leon Goretzka atau Guendogan.

Atribut yang bagus buat central midfielder dengan pakem Box to Nox karena dia harus bisa masuk dari satu kotak ke kotak lainnya maka determinasi penting bagi dia. Apalagi pemain box to box harus sadar dengan ruang yang tersedia. Makanya atribut off the ball dari Barella berada di angka 15. Dan itu adalah angka bagus jika dia dipasangkan dengan pakem box to box.

Karena box to box adalah pemain dengan mode support maka jika memainkan barilla di tengah pastikan dia dipasangkan dengan tipikal pemain yang punya atribut menyerang selayaknya mezalla atau Advanced playmaker.

Advanced Playmaker/Mezalla

Youri Tielemans

Kalian tidak salah lihat, inilah pemain dengan potensial ability yang cukup baik tapi masih saja tidak membuat klub besar melihat dan membawa dia menjadi pemain milik mereka. Yup memang secara value dia cukup tinggi. Kenapa? Karena atribut yang dimiliki sangat mencolok.

Saya masih ingat bagaimana dia mengambil corner kick yang bagus di sisi kiri gawang lawan dan memakai kaki kirinya untuk mengirim bola ke Erling Haaland yang menyambut bola dengan tandukan di savean saya.

Technique berada di angka 17 dan passing di angka 18 akan membuat penyerang kita dimanjakan dengan umpan bagus dan terukur. Masa sih tidak membeli pemain ini yang secara di FM dan real life memang pengen pindah untuk bermain di the next level?

Inside Forward Kanan

Yunus Musah

Kenapa saya memilih role Inside Forward karena pengalaman melihat tipikal taktik dari Juergen Klopp dalam memasang dua striker sayapnya. Sadio Mane dan Mo Salah menurut saya memang sebenarnya tipe nya lebih mirip striker sayap yang akan mengisi sisi sayap untuk mendulang gol. Karena Roberto firmino akan menjadi false nine untuk menarik bek lawan menjaga dia, namun salah dan mane akan masuk ke kotak penalty menerima umpan through ball atau long pass.

Yunus Musah adalah pemain yang cocok di sisi sayap kanan untuk dimaksimalkan dengan potensi yang dimiliki. Preffered foot nya saja di sisi kanan, jadi dia akan lebih natural bermain sebagai sayap kanan.

Kembali lagi, pemain yang digunakan sebagai pemain bertipikal menyerang lebih baik jika punya potensi determinasi yang tinggi dan yunus musah punya angka 16 untuk atribut itu.

Inside forward kiri

Giovanni Reyna

Mungkin banyak yang bingung, kenapa pemain yang biasanya dipasang dibelakang striker sebagai attacking midfielder seperti Giovanni Reyna dipasang sebagai Penyerang sayap kiri. Coba dilihat ada atribut tersembunyi dari Reyna yang mana dia bisa diposisi AML atau Attacking midfielder di kiri dalam Bahasa Indonesia gelandang serang kiri.

Saya tidak membuat dia menjadi inverted Winger kenapa karena tipikal Inside Forward akan bagus bagi dia dalam membuat tim lawan attract dan terkecoh sehingga meninggalkan lubang di tengah atau sisi lain lapangan yang bisa dieksplorasi oleh pemain di posisi striker murni maupun sayap kanan yang di isi oleh Yunus Musah.

Sayangnya Reyna ini rentan cedera, jadi fokus untuk memainkan dia dengan meminimalisir kemungkinan cedera dengan tidak rutin memainkannya dalam jumlah pertandingan beruntun.

Advanced Forward

Youssofa Moukoko

Saya tidak akan bisa tidak merekomendasikan Youssoufa Moukoko dalam list pemain yang waib dibeli. Pemain ini adalah pemain alternative ketika anda tidak bisa mendapatkan Erling Haaland, Darwin Nunez sampai Dusan Vlahovic.

Atribut dribbling yang luar biasa, finishing juga tak kalah bagus, hingga punya rasa percaya diri yang cukup baik. Sayangnya karena masih muda terkadang dia tidak konsisten. Bisa jadi dalam satu pertandingan bermain apik bahkan bisa mencetak banyak gol, akan tetapi dipertandingan lain dia tidak bisa berbuat apa apa.

Ada kondisi dimana dia punya kelemahan di bagian ketika bertemu tim besar. Dia sedikit tidak enjoy ketika bermain harus bertanding dengan klub yang berada di papan atas. Akan tetapi jika kita bisa develop dia dengan baik. Maka dua digit gol adalah hal biasa bagi pemain asal Jerman ini.

Tambahan pemain yang bisa menjadi Alternatif.

Andre Onana

Pemain yang selalu membuat tertarik banyak klub ini, bisa jadi kiper andalan barumu jika memang ada masalah dalam posisi kiper dan jangan sampai dia lolos ke klub lain kemudian kita menyesal tidak membeli dia.

Ibanez

Postur tubuh bagus dan jika dipakai dengan posisi Ball Playing Defender dia bisa membuka ruang silkulasi dengan umpannya. Jarang kan bisa punya pemain yang umpan sirkulasi yang baik.

Gianluca Mancini

Butuh seorang pemimpin di lini tengah selayaknya Virgil van Dijk. Mungkin Mancini adalah yang kamu cari. Beli dia yang sekarang berada di AS Roma dan rasakan bagaimana dia mampu mengorganisir lini belakang dengan jiwa kepemimpinannya.

Angelino

Bukan RB Leipzig namanya kalau tidak menghasilkan pemain berkualitas. Angelino bisa jadi back up bagus di sisi bek kiri buat tim kalian. Bahkan dia bisa dimajukan ke posisi sayap atau penyerang kiri.

Kieran Trippier

Pemain yang sekarang di Newcastle United ini punya atribut free kick yang bagus. Bisa menjadi pilihan di bek kanan dan mambantu mencetak gol dengan tendangan bebasnya.

Yves Bissouma

Tottenham hotspur harus bersyukur bisa mendatangkan pemain yang sebelumnya dilatih Graham Potter di Brighton ini. Dia adalah pemain yang tahu kapan mengkover rekan-rekannya dan kapan harus melepaskan bola kedepan.

Yacine Adli

Pemain yang merupakan lulusan akademi Paris Saint-Germain ini sekarang bermain untuk AC Milan, masih berumur 21 tahun tapi menjadi pemain dengan tipikal mampu membuak ruang lewat operan-operan yang dia hasilkan.

Mohamed Kudus

Baru berusia 20 tahun tapi punya atribut bagus dan merupakan pemain yang berasal dari Ajax Amsterdam. Mana mungkin tidak dibeli karena memang Ajax sering menghasilkan pemain bagus dan punya masa depan cerah kedepan. Pilihan terbaik di posisi Attacking Midfielder.

Samuel Chukwueze

Samuel adalah pemain yang punya prospek bagus kedepannya. Dia adalah pemain yang bisa dipasangkan di dua sisi lapangan. Bujet untuk mengamankan tanda tangannya juga di kisaran 30an juta. Untuk pemain muda itu sudah lumayan bagus dan kalian akan mendapatkan pemain yang mampu membantu tim dengan mendulang gol bukan sekedar membantu serangan.

Pedro Neto

Tidak terlalu banyak pasang mata melihat potensi Pedro Neto. Mungkin karena dia hanya bermain di klub sekelas Wolves. Akan tetapi jadikan dia sebagai left wingers kalian dan dia juga bisa bermain di posisi sebalinya pula.

Karim adeyemi

Pemain ini akan selalu menjadi list wonderkid untuk dibeli. Saat ini sudah berseragam Borussia Dortmund akan tetapi di FM 22 statusnya masih di RB Salzburg. Jadi coba beli dan rasakan kehebatannya.

Marc Cucurella

Jangan lewatkan pemain apik satu ini dalam list belanja kalian. Pemain yang sempat membuat heboh di akhir musim 2021/2022 kala Brighton Hove & Albion mencukur Manchester United ini punya potensial ability di angka 80. Untuk pemain yang hanya main di klub medioker, rate ini cukup bagus untuk dikembangkan lagi.

Pasang dia diposisi wing back atau fullback dalam mode automatic. Dia akan bisa menjaga sisi sayap agar tidak masuk pemain lawan dan juga jago penetrasi kedepan. Pemain ini punya akselerasi yang bagus. Dan ini penting untuk pemain yang punya tipikal bagus


follow me @Rtupoke and the Fan Page or subscribe this blog ya FM Lovers. Keep Sharing//