Ditulis oleh : Zaeywayn

Kamu juga ingin tulisan tentang Football Managermu dimuat di Artupoke.com, cek dimari !

Saya pernah membaca suatu berita ketika Ruud Gullit mengeluarkan statement kalau liga MLS sangat berat bagi manajer asing dan peraturannya sangat sulit, hal ini pula yang menginspirasi saya untuk mencoba liga MLS di Football Manager 2018, ketika registrasi pemain untuk bertanding di MLS, saya terjerat salary cap sehingga merelakan beberapa pemain tidak dapat diregistrasi dan tidak melanjutkan liga.

Di Football Manager Mobile 2020 saya mencoba kembali rasa penasaran saya dengan MLS. Melatih klub asal Kanada Montreal Impact, uniknya peraturannya tidak serumit di Football Manager versi deskop. Karena rasa penasaran dengan liga ini saya memainkan kembali di Football Manager 2020, lagi-lagi saya terjerat salary cap dan pemain internasional. Dengan pengalaman dan kesulitan saya ini, saya ingin berbagi informasi dan juga tips bermain di liga MLS dengan mengenali peraturan dan sistem di dalam liga MLS berdasarkan tulisan-tulisan yang saya baca.

Struktur Liga MLS

  1. Eastern Conference, Western Conference, dan MLS Suppoter’s Shield

Untuk FM 2020 jumlah peserta MLS ada 24 tim yang dibagi dua divisi Eastern Conference dan Western Conference dengan masing-masing divisi terdiri dari 12 tim. Sementara untuk FM 2021 jumlah peserta MLS ada 26 tim dengan divisi yang sama seperti FM sebelumnya dan masing-masing divisi terdiri dari 13 tim.

13 tim akan bertanding dengan sesama divisi dengan sistem home-away dengan total pertandingan 24, ditambah dengan 10 pertandingan lain melawan tim dari divisi lain, sehingga jumlah pertandingan 34. 26 tim digabungkan dalam sebuah tabel keseluruhan bernama MLS Suppoter’s Shield disusun berdasarkan point yang didapat. Pemenang MLS Suppoter’s Shield mendapatkan trofi tetapi bukan dianggap sebagai pemenang MLS. Pemenang MLS adalah tim yang berhasil menjuarai MLS Cup.

  • MLS Cup

Seperti NFL atau NBA, MLS Cup bisa dibilang cara untuk menentukan pemenang MLS melalui format play offs. Tujuh tim teratas masing-masing divisi akan lolos ke fase play offs. Setiap kampiun masing-masing divisi otomatis lolos ke fase semi-finals. Babak knockout yaitu peringkat kedua melawan peringkat ketujuh, peringkat ketiga melawan peringkat keenam, dan peringkat keempat melawan peringkat kelima. Pemenang West dan East akan melaju ke babak final dengan format single match, digelar di kandang pemenang MLS Suppoter’s Shield. Pemenang MLS Cup adalah pemenang MLS, dan berhasil lolos ke Liga Champions Amerika Utara (NACL)

  • Lamar Hunt US Open Cup

Lamar Hunt US Open Cup merupakan cup yang diselengarakan untuk seluruh tim berbasis di Amerika Serikat. Sehingga klub MLS yang berasal dari Canada seperti Vancouver Whitecaps, Toronto F.C, dan Montreal Impact tidak bisa bermain di cup ini, mereka yang berasal dari Canada akan bermain di cup bernama Canadian Championship. Para tim yang berasal dari MLS akan bermain di babak keempat, sementara tim Amerika lain bermain dari babak pertama. Pemenang Lamar Hunt US Open Cup akan mendapat mendapatkan tempat di NACL.

  • Canadian Championship

Canadian Championship merupakan cup dikhususkan untuk klub berasal dari Canada. Tim MLS yang bertanding di cup ini ada Vancouver Whitecaps, Toronto F.C, dan Montreal Impact, kalau anda menjadi manajer ketiga klub ini maka anda akan bermain di cup Canadian Championship. Pemenang Canadian Championship akan mendapatkan tempat di NACL

Draft

Draft merupakan salah satu hal yang paling penting dalam olahraga utama di Amerika Serikat. Ada tiga tipe draft di MLS, dua terjadi setiap tahun dan satu terjadi jika ada tim baru di MLS. Urutan pemilihan draft berdasarkan posisi musim lagi. Contoh, tim utama yang mendapatkan draft adalah tim baru, dilanjutkan oleh tim yang gagal masuk play offs hingga kampiun liga akan mendapatkan urutan draft terakhir. Draft dilaksanakan di bulan Januari. Berikut tipe-tipe draft di MLS

Foto dari footballmanager.com
  1. MLS Superdraft

MLS Superdraft merupakan tipe draft yang paling penting. MLS Superdraft adalah memilih pemain dari akademi/kuliah untuk dipromosikan ke tim MLS. Ad sekitar empat babak untuk memilih pemain. Usahakan memaksimalkan draft ini untuk memperkuat tim anda

  • MLS Re-Entry Draft

MLS Re-Entry Draft adalah memilih pemain yang kontraknya habis dari tim MLS lain secara gratis. Walaupun begitu tim tidak bisa memilih pemain yang opsinya baru saja ditolak.

  • MLS Expansion Draft

MLS Expansion Draft merupakan draft yang dikhususkan untuk tim yang baru bergabung dengan MLS. MLS Expansion Draft dilakukan pertama kali sebelum tim MLS lain melakukan draft. Tim baru bisa memilih lima pemain dan tim-tim lama bisa mempertahankan 11 pemainnya agar tidak dipilih, dan hanya satu pemain yang boleh dipilih.

Membangun Tim

Sebelum mengenal lebih lanjut mengenai trade and transfers yang begitu rumit, lebih baik kita mengenal jenis-jenis kontrak agar bisa tau dan tidak bingung saat registrasi pemain. Sebelumnya di dalam sebuah tim MLS memiliki peraturan dalam registrasi pemain. Setiap tim minimal memiliki 15 pemain dan maksimal 30 pemain. Setiap tim memiliki batas gaji yang setara, di FM 21 batas gaji setiap tim $100,000 p/w. Dari setiap tim tersebut dibatasi 3 pemain Designated Players, 8 International, 10 Off Budget, dan 6 Reserves. Untuk mengenal lebih lanjut mengenai masing-masing kontrak, akan dijelaskan dibawah ini

  1. Senior Kontrak

Senior kontrak adalah full contract dan terhitung masuk ke salary cap. Batas minimum mingguan senior kontrak adalah $1,800. Senior kontrak bisa dibilang sebagai on budget players

  • Designated Player

Kontrak ini biasanya diberikan untuk pemain yang mempunyai nama besar, kalau di Indonesia disebutnya Marquee player. Kontrak ini juga dikenal sebagai Beckham rule yang merupakan pemain pertama diberikan tipe kontrak seperti ini. Designated Player ini tidak terhitung salary cap.

  • Reserve Kontrak

Reserve kontrak biasanya diberikan untuk pemain muda dan tidak terhitung ke salary cap, sehingga dinamakan off budget players.

  • International Player

International player merupakan tipe kontrak untuk pemain yang tidak memiliki US Green Card. Dalam satu tim maksimal terdapat maksimal 8 pemain internasional. Hati-hati jika anda memiliki lebih dari 8 pemain internasional dan tidak dapat di registrasi, pemain anda akan dilepas

Menentukan kontrak bisa dibilang termasuk hal yang paling tricky dalam bermain liga MLS. Ketika anda menjadi manajer baru di tim MLS, hal yang dilakukan pertama adalah, jangan terburu-buru dalam merombak tim. Pakai pemain yang ada di tim untuk sementara waktu hingga Superdraft digelar. Sebab jika anda terburu-buru dengan merombak tim anda akan berbenturan dengan salary cap, atau internasional player, sehingga anda tidak bisa memasukkan pemain anda dalam registrasi pemain. Hal ini tidak hanya terjadi di game Football Manager, tetapi juga di kehidupan nyata, para manajer yang tidak sabaran ingin merombak tim, malah terjebak dalam aturan kontrak MLS.

Trade dan Transfers

Dan pembahasan terakhir yaitu mengenai trade dan transfer di MLS. Jujur bagi saya, trade adalah hal yang paling sulit saya pelajari selama bermain di MLS. Saya selalu menghindari transfers sesama klub MLS, karena tidak seperti peraturan sepakbola secara general yang menggunakan transfer budget, transfers sesama klub MLS diharuskan melalui trade. Di dalam trade terdapat lima jenis aset yang bisa digunakan untuk trade, yaitu Player, General Allocation Money (GAM), Targeted Allocation Money (TAM), Current Roster, International Slots, Player Right, dan Draft Pick.

  1. General Allocation Money (GAM)

GAM bisa digunakan sebagai aset dalam trade. GAM biasanya digunakan untuk mengurangi biaya kontrak senior, membeli pemain baru, trade ke tim lain, atau menawarkan kontrak baru.

  • Current Roster

Current Roster bisa menjadi aset dalam trade untuk dimasukkan kedalam kesepakatan

  • International Slots

Kalau anda merasa kelebihan international slot, anda bisa menawarkan sebagai bagian dari kesepakatan trade

  • Player Rights

Pemain yang dibebaskan dan memiliki right terhadap klub sebelumnya sebelum meninggalkan MLS. Right dapat bertahan sampai kontrak dia habis

  • Draft Picks

Menawarkan pemilihan draft musim depan kedalam trade

  • Player

Menawarkan pemain sebagai bagian dari kesepakatan trade

  • Targeted Allocation Money (TAM)

TAM dan GAM sebenarnya sama, tetapi yang membendakan TAM adalah untuk digunakan terhadap pemain yang memiliki gaji lebih dari batas maksimum. TAM bisa digunakan untuk membebaskan slot DP’s untuk mendapatkan DP’s yang memiliki investasi yang lebih besar lagi.

Well, trade bisa dibilang rumit, tetapi ini bisa menjadi sarana untuk membangun tim anda lebih sukses lagi, dan itu terjadi jika anda cermat dalam melakukan trade.

Untuk transfer ke luar klub MLS tidak menggunakan trade, tetapi mengikuti transfer konvensional. Jadi anda tidak perlu lagi takut peraturannya mengikuti MLS.

Selanjutnya, saya akan memberikan tips bermain MLS berdasarkan situs yang saya baca dan juga pengalaman pribadi saya.

Tips

  1. Jika anda bermain dari awal season dengan klub MLS, untuk sementara pertahankan pemain yang anda punya. Sebab, jika anda terburu-buru melakukan perombakan pemain dan anda belum mengenal mengenai jenis kontrak atau salary cap, maka dipastikan anda akan terjebak dalam kedua lingkaran tersebut
  2. Memaksimalkan Superdraft. Dengan memaksimalkan Superdraft anda bisa memperkuat tim anda tanpa mengeluarkan biaya
  3. Selalu hati-hati dalam salary cap jangan sampai anda tidak bisa memasukkan pemain dalam registrasi karena kelebihan salary cap
  4. Mengenal jenis kontrak dan jumlah yang ditetapkan disetiap tim. Jangan sampai anda tidak bisa memasukkan pemain dalam registrasi karena melebihi batas jenis kontrak yang ditetapkan tim, biasanya jenis kontrak internasional player
  5. Jika anda mampu dan cerdik dalam melakukan trade, anda bisa membangun tim anda lebih kuat lagi. Tetapi, trade terkadang membingungkan para pemula yang baru memulai bermain di MLS
  6. Mencoba melatih klub baru di MLS. Dengan melatih klub baru di MLS anda berkesempatan untuk menata ulang tim anda melalui MLS Expansion Draft
  7. Mencoba dengan tim yang sudah kuat seperti New York City FC, sehingga anda bisa merasakan skuat tim yang sudah mapan.

Itu adalah beberapa tips dari Sport Interactive dan juga pengalaman pribadi saya. Liga ini memang sulit untuk dicoba, tetapi sangat seru. Disini selain taktik anda juga membutuhkan skill manajemen yang baik dalam menentukan gaji, jenis kontrak pemain, trade dan transfer atau dalam mendapatkan pemain dari draft.

Terima kasih sudah membaca tulisan saya ini, semoga tulisan saya ini bisa membantu anda secara garis besar dalam mencoba tantangan baru dalam bermain Football Manager.

Penulis : @zaeywayn

Sumber : 


follow me @Rtupoke and the Fan Page or subscribe this blog ya FM Lovers. Keep Sharing//