Ditulis oleh : Audikul

Kamu juga ingin tulisan tentang Football Managermu dimuat di Artupoke.com, cek dimari !
Tulisan ini adalah bagian ke ketiga dari artikel INI. Untuk bagian pertama artikel nya DI SINI

Halo semua, apa kabar kalian? Semoga baik-baik saja. PPKM diperpanjang semoga membawa dampak positif bagi kita semua, terutama pejuang WFH, enjoy your time main FM sampai gila. Hahaha.

Yup, kita lanjutkan artikel memaksimalkan potensi wonderkid, sekarang sudah masuk ke Part ketiga, saya tuntaskan semua di Part ketiga ini ya.

Oke, sebelumnya saya rangkum dulu Part I dan II, hal-hal yang perlu diperhatikan dalam proses youth development:

  1. Coach
  2. Training Facilities
  3. Metode Pelatihan
  4. Training Attributes

Sekarang kita masuk ke point ke lima adalah:

5. Monitoring Progress Training

Untuk melihat summary dari progress metode pelatihan yang kalian sudah atur sebelumnya, bisa cek training report gambar di bawah ini.

Saya coba jelaskan bar yang paling kanan, itu menunjukkan progress pengembangan pemain sejauh mana dia berkembang. Ada tiga tipe warna/bar yang muncul di summary, kalau di FM versi PC atau desktop bisa langsung masuk ke menu training report.

3 tipe bar tersebut ada sebagai berikut:

Bar Hijau: indikator menunjukkan progress pemenuhan potensi dari pemain tersebut

Bar Oranye : indikator menunjukkan tanda bahwa potensi sudah maksimal atau tidak dapat lagi ditingkatkan ada beberapa faktor penyebab, yaitu:

  1. Cedera
  2. Umur
  3. Jumlah pertandingan yang sudah dilakukan oleh pemain tersebut.
    Jika kalian melihat ada tanda + di gambar, menyatakan bahwa pemain tersebut sedang mengalami cedera, sesuai dengan penjelasan saya sebelumnya

Oke saya close point metode pelatihan, sebelumnya mohon maaf kalau tidak bisa selesaikan semua artikel ini, karena terkendala pekerjaan, dan juga memang secara tiba-tiba banyak hal yang mau dibahas jadi sekaligus saja dibahas, jangan tanggung-tanggung, hahaha. Closed pembahasan point nomor 5, sekarang kita lanjut bahas point 6

6. Retrain Position

Retrain position adalah melatih posisi baru yang belum pernah dikuasai atau ditempati oleh pemain tersebut sebelumnya, dengan tujuan potensi pemain tersebut dapat dipenuhi secara maksimal.

Sebenarnya retrain position ini dilakukan tergantung kebutuhan taktik yang kalian terapkan, dan sejauh mana kontribusi pemain tersebut bagi pelatih atau klub, kalau saya emang silau banget liat wonderkid, sensasinya hampir sama dengan kita melihat cewek cakep hahaha, jadi maunya pengen ngegebet aja, yaaa meskipun tidak cocok dengan taktik yang kalian terapkan, tetapi saya tetap lakukan pencocokan dengan menggunakan retrain position. 🤩

Saya ambil contoh Reiss Nelson, doi sukses saya latih jadi wingback kanan, performance melejit, potensi terpenuhi. Mengapa bisa seperti itu?

Ada beberapa faktor yang menjadi kesuksesan dari melakukan retrain position:

1. Atribut pemain

Pastikan atribut pemain yang ingin diretrain position memungkinkan untuk dilakukan.

Contoh: kalian ingin meretrain seorang winger menjadi wingback tetapi atribut tackle, crossing, acceleration/pace di bawah 10. Jadi ya percuma tidak akan efektif.

2. Posisi terbaik sebelumnya

Posisi terbaik sebelumnya adalah seorang winger, kalian bisa lakukan retrain position menjadi striker/center forward/wingback, tetapi kembali lagi point nomor satu adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Tetapi jangan sampai seorang winger kalian retrain position ke centerback ya. Yaa meskipun tidak ada yang tidak mungkin. 😃

3. Penggunaan kaki (kanan/kiri) pemain

Seorang winger kiri memungkinkan untuk diretrain position menjadi seorang wingback kiri, tetapi hal yang menjadi perjudian kalian jikalau seorang winger kiri kalian retrain position menjadi seorang wingback kanan. Kenapa saya bilang perjudian? Karena kemungkinan proses youth development tidak maksimal.

4. Usia pemain

Usia pemain juga berpengaruh kepada suksesnya pemain tersebut bisa diretrain position. Biasanya pemain senior seringkali menolak untuk diretrain position.

5. Kebahagian pemain

Kebahagiaan pemain menentukan bisa atau tidaknya pemain tersebut dapat diretrain position, jika kualitas mental rendah kemungkinan besar mereka akan menolak permintaan kita. Apalagi kalau pemain tersebut berlabel benchwarmer. Yaa makin susah deh… 😀

Saya bahas satu per satu faktor tersebut yak, saya coba pakai contoh nelson tadi.

Nelson memiliki teknik utama bermain di posisi winger, yaitu pace, dribbling, technique namun masih lemah di crossing, jika saya mau retrain position menjadi  wingback, atribut tambahan yang diperluka. Adalah: tackling. Jadi crossing dan tackling bisa diexplore di training fokus atribut.

Kemudian posisi terbaiknya adalah sebagai winger kanan, karena mempunyai aptitude natural sehingga saat dicoba dipasang sebagai wingback kanan langsung turn in dan mudah beradaptasi. Kalau tidak salah proses retrain position menjadi wingback cukup cepat, tidak ada yang namanya mengeluh, tidak ada rasa frustasi, jadi langsung settled. ☺️

Padahal sebelumnya nelson ini  dipaksakan main sebagai striker oleh manager sebelumnya (karena saya dihire Arsenal loh, hehehe). Kemudian setelah saya dihire Arsenal, saya coba explore untuk pasang Nelson sebagai second striker, center forward, Attacking Midfielder. Setelah direview ternyata performancenya tidak bagus, ya sudah kalau begitu saya lalukan retrain position nelson menjadi wingback langsung gacor kata orang-orang mah. 😃

Oke lanjut ya. Nelson menpunyai kekuatan kaki di sebelah kanan, kemudian mempunyai posisi natural winger kanan, jadi pas banget lah. 😁

Ohiya tips dari saya: jangan memaksakan retrain position ke posisi yang kekuatan kakinya tidak sesuai dengan kebutuhan alias lemah. Seperti misalnya: Cengiz Under mempunyai kekuatan kaki sebelah kiri atau kidal, kemudian saya lakukan retrain position menjadi wingback kanan, yaa sudah pasti akan sulit dilakukan, malahan yang ada membuat pemain tersebut frustasi.

Seperti halnya juga Nelson, juga saya coba lakukan retrain position menjadi wingback kiri dari posisi naturalnya itu winger kanan, jadi hasilnya malah membuat Nelson Frustasi.

Meskipun retrain position mengikuti kekuatan kaki pemain tersebut, ada juga kasus dimana pemain yang saya miliki mempunya kekuatan kaki sebelah kanan dan kiri sama kuat, tetapi tidak cocok diretrain position menjadi wingback kanan ataupun kiri padahal atribut yang dimiliki cocok sekai, sesuai dengan kebutuhan. Hasilnya membuat pemain tersebut frustasi. Akhirnya setelah saya analisa lebih lanjut, ternyata aptitude yang dimiliki oleh pemain tersebut adalah natural di posisi sebagai Attacking Midfielder dan Striker. 😓

Oke, tips selanjutnya adalah umur nih, jikalau kalian ingin melakukan retrain position pada pemain yang kalian inginkan, pastikan harus dilakukan sedini mungkin ya. kalau bisa dari umur 16 tahun sudah dilakukan retrain position agar lebih maksimal. Saya ambil contoh pemain senior saya si Pavon. Doi udah saya paksa main sebagai wingback kanan selama semusim penuh, tetep dia tetap tidak mau diretrain position menjadi wingback. Senioritas nih!

pemain senior yang mempunya label bintang juga tidak akan bisa dibujuk-bujuk agar mau diretrain position seperti istilah “udah jadi cendol” jadi tidak bisa diapa-apakan lagi. 😂

Hehehe

jadi pastikan umur pemain semuda mungkim untuk dilakukan retrain position supaya kalian mempunyai rencana membentuk tim di masa depan dan membentuk nasib pemain muda anda di masa yang akan datang. 😎

oke next ke point terakhir yaitu

7. Happiness.

Happiness adalah tingkat kebahagiaan dari pemain, yang terdiri dari tingkatan-tingkatan sebagai berikut:

Superb

Superb adalah tingkatan kebahagiaan pemain yang paling tinggi atau bisa dibilang paling bahagia seantro FM, hehehe. Cara mendapatkan level ini cukup mudah, kalian pastikan pemain yang kalian gunakan selalu dimainkan dan klub kalian menang atau mempunyai performance yang baik.

Very Good

Very Good tingkatan kebahagiaan satu level di bawah Superb, cara mendapatkannya pun cukup mudah juga, pastikan pemain kalian dimainkan sesering mungkin dan menang, kalau perlu pakai cara haram: kalau menang save, kalau kalau load ulang save terakhir. Hahaha 🤣.

Good

Good tingkatan di bawah Very Good, Kondisi ini cenderung stable

Normal/Okay

Normal Pada level ini harus hati-hati karena cukup rentan untuk jatuh

Poor

Bahaya, harus segera diantisipasi. Karena berdampak pada performa pemain.

Very Poor

Udah tidak tertolong, susah untuk menaikkan level kebahagiannya.:

  • Banyak faktor yang menentukan kebahagian pemain-pemain muda high potential, yaitu sebagai berikut:
  • Tidak pernah dimainkan alias benchwarmer
  • Pengajuan kenaikan kontrak
  • Performa klub atau tim nasional anjlok
  • Homesick
  • Ingin tantangan baru
  • Konflik dengan Manager alias kita
  • Pemain terbaik klub hengkang

Tips untuk happines ini adalah kalian harus perhatikan dengan seksama

Bahwasanya mental pemain muda high potential sangat amat rentan, alias baper wkwkwk. Pemain-pemain ini sangat sensitif terhadap isu-isu yang terjadi di klub, terhadap pemain itu sendiri, pemain lain, ataupun klub dan timnas dimana mereka terlibat di dalamnya. Untuk itu kalian harus perhatikan hal-hal ini:

Tidak pernah dimainkan alias benchwarmer

  • pastikan kalian berikan porsi bermain yang pas, tidak terlalu sering bermain atau duduk sebagai pemain cadangan.

Pengajuan kenaikan kontrak

  • jikalau pemain kalian ada pengajuan kenaikan nilai kontrak, pastikan kalian terima. Biasanya mereka tidak menuntuk kenaikan gaji tinggi, jadi nego saja di kenaikan berkisar 10-30 persen.

Performa klub atau tim nasional anjlok

  • ini sangat berpengaruh, jika klub atau timnas mendapat kekalahan pertandingan berturut-turut, sudah pasti akan berdampak pada kebahagiaan pemain tersebut.

Homesick

  • jika pemain kalian ingin mengajukan liburan karena homesick pastikan kalian terima ya. Biasanya sih tidak lama, paling sekitar 1-3 minggu saja.

Ingin tantangan baru

  • ya kalau begini agak susah ya, coba iming-imingi dengan perpanjangan kontrak dengan kenaikan yang signifikan. Kemungkinan besar mereka akan tetap stay. Ya pasti lah, hehehe.

Konflik dengan Manager alias kita

  • biasanya konflik dengan kita perihal jatah bermain, training schedule, performa tim yang anjlok, dan sebagainya.

Pemain terbaik klub hengkang

  • waah kalau ini pasti berat, jikalau ada pemain bintang kalian hengkang dari klub, dampaknya tidak hanya kepada satu pemain, melainkan seluruh squad. Jadi pastikan kalian pertahankan pemain bintang kalian ya, kasih nilai kontrak fantastis, pasti mereka akan stay.

Oke itu adalah point terakhir di tips memaksimalkan potensi wonderkid atau pemain muda dengan high potential. Mudah-mudahan bermanfaat bagi kalian semua pecinta Football Manager yang versi mobil ataupun versi Personal Computer atau Desktop. Sekali lagi saya tekankan hal-hal ini didapat dari pengalaman saya sendiri bermain Football Manager, jikalau ada ketidak sesuaian mohon maaf sebesar besarnya, karena ini murni pendapa saya pribadi, dan mempunyai niat untuk sharing saja ke kalian semua. Jikalaupun ada tambahan atau masukkan dari teman-teman semua, I’m really appreciate it. This is a forum discussion.

Terima kasih semua, semoga kalian menyukainya. Terima kasih juga untuk artupoke yang sudah menyediakan media seperti ini, dan kesempatan yang diberikan. Sampai jumpa untuk next artikel saya, masih ada beberapa topik yang menarik untuk disampaikan ke kalian semua. Sampai jumpa, stay safe, healthy and wealthy, kenapa ada wealth? Karena situasi sekarang, barang-barang kesehatan mahal, tetapi pemasukan berkurang. Benar kan? Hahaha See you soon…


follow me @Rtupoke and the Fan Page or subscribe this blog ya FM Lovers. Keep Sharing//