Ditulis oleh : Zaeywayn

Kamu juga ingin tulisan tentang Football Managermu dimuat di Artupoke.com, cek dimari !

Melatih lower club merupakan salah satu challenge di Football Manager yang sering dicoba baik dalam versi Mobile, PC, ataupun Touch. Bagi pemakai versi Football Manager Mobile, challenge ini memang tidak terlalu sulit namun, jika anda menginterprestasikan challenge ini kedalam versi PC atau Touch maka anda akan merasakan pengalaman sesungguhnya melatih lower club dengan status semi-profesional. Untuk mencoba pengalaman baru dalam bermain Football Manager anda maka saya akan memberikan tips untuk melatih klub semi-profesional agar ketagihan anda dengan Football Manager tidak dapat dihentikan. Berikut beberapa tips melatih klub semi-profesional.

A. Perlihatkan Permainan Atraktif

Ini adalah saran umum bagi semua challenge ataupun save di Football Manager, yaitu bermain atraktif. Alasan utama saya menempatkan tips permainan atraktif di awal adalah karena untuk meraih kemenangan atau setidaknya memikat supporter baru. Jika anda masih sulit untuk menentukan taktik yang tepat, tidak perlu khawatir karena di website semacam fmscoutmenyediakan berbagai macam taktik yang bisa anda coba. Bagi anda yang bermain dengan klub semi-profesional pakai taktik yang bisanya untuk lower club atau taktik untuk tim underdog. Ada beberapa benefit yang bisa anda dapatkan dari bermain atraktif, yaitu meraih kemenangan yang bisa membawa tim setidaknya promosi atau juara, memikat supporter baru untuk mendapatkan pemasukan dari uang tiket dan suvenir, serta dilirik untuk mendapatkan hak siar sehingga bisa mendapatkan uang. Aspek yang sangat diuntungkan dari permainan atraktif ini adalah finansial, pertandingan, dan taktik.

B. Rekrut Pemain untuk Jangka Pendek serta Manfaatkan Free Transfer

Bagi anda yang baru melatih klub semi-profesional langkah utama adalah maksimalkan rencana jangka pendek anda terlebih dahulu. Boleh saja anda punya rencana jangka panjang seperti klub yang memfokuskan pemain muda namun, saat klub masih semi-profesional pemain muda potensial terkadang akan tergiur untuk bermain di klub dengan status lebih tinggi lagi, terlebih anda belum bisa menawarkan kontrak penuh bagi pemain anda. Part-time kontrak adalah tantangan paling sulit untuk para manager, anda sulit mempertahankan pemain anda dengan jangka panjang, paling lama sekitar tiga tahun. Isi kedalaman skuad anda dengan pemain yang cocok dengan taktik anda atau posisi yang rawan, sehingga dalam satu musim rencana jangka pendek anda bisa terpenuhi.

Masih berkaitan dengan tips transfer pemain, memanfaatkan pemain free transfer adalah keputusan yang bijak. Alih-alih mengeluarkan uang untuk membeli pemain, merekrut pemain free transfer dengan gaji yang sesuai dengan finansial tim anda adalah salah satu misi untuk mewujudkan visi jangka pendek anda. Ingat, jangan sembarangan rekrut pemain free transfer jika anda ragu dengan kualitas pemain serta scout anda yang masih abal-abal, anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti FM Genie Scout yang bisa anda download di situs fmscout. Dengan memanfaatkan pemain free transfer maka anda bisa mengisi kedalam squad anda.

merekrut pemain free transfer adalah salah satu keputusan yang bijak

C. Tunggu Sampai Regen/Newgen Bermunculan

Biasanya regen/newgen banyak yang berpotensi besar dengan harga terjangkau

Jalani permainan sampai bulan Januari atau ke musim yang baru, sebab biasanya regen/newgen bermunculan. Taukah anda ada salah satu kelebihan yang hanya ada di klub semi-profesional? yaitu anda bisa merekrut pemain U-18 tahun tanpa menunggu pemain berusia 18 tahun. Jika klub profesional harus menunggu pemain berusia 18 tahun untuk bermain di klubnya, maka bagi klub semi-profesional pemain dibawah usia 18 tahun bisa anda rekrut bahkan bisa dimainkan. Hal ini didasari sebab kontrak part-time yang anda tawarkan, pemain anda hanya bisa bermain atau berlatih di waktu tertentu saja. Hal ini bisa anda manfaatkan jika anda mendapatkan regen/newgen yang potensial, gratis, serta masih muda untuk mewujudkan visi jangka pendek bahkan jangka panjang anda.

Banyak aspek yang bisa mendapatkan benefit dari rekrutan regen/newgen seperti, anda mendapatkan pemain potensial untuk visi jangka pendek bahkan jangka panjang, mudah mendapatkan HG/HC bagi para pemain yang sejak muda menjadi anggota tim sehingga bisa dimanfaatkan untuk mengisi slot ini dilain kesempatan, jika anda asah regen/newgen anda peluang untuk mendapatkan uang dari hasil transfer, kontrak yang lumayan murah dibanding free transfer dari pemain original sehingga membantu finansial tim, atau untuk mengisi kedalaman squad anda 

D. Terima Pinangan Klub Lain Terhadap Pemain Anda

Terkesan pasrah tips ini, tetapi ini adalah salah satu tips efektif bagi klub semi-profesional untuk mempertahankan balance bahkan profit bagi finansial klub anda. Bagi saya ketika melatih klub semi-profesional, profit adalah sesuatu yang saya cari meskipun saya harus menjual pemain terbaik saya. Sebab, jika kontrak maksimal anda masih part-time terlalu sulit untuk mempertahankan pemain, sukur-sukur anda yang menawarkan pemain anda walaupun dengan nominal receh. Giat mencari keuntungan adalah salah satu cara bertahan hidup untuk klub semi-profesional anda, jangan sampai ego anda terhadap salah satu pemain membuat anda lupa dengan kesejahteraan klub. Jangan terlalu sayang terhadap salah satu pemain jika status klub anda masih semi-profesional, karena tidak ada yang abadi kecuali pemain anda memang payah mau aja digaji part-time di klub semi-profesional. Bersikap logis terhadap tawaran pemain anda, jika dirasa kurang pas nominal transfer-nya anda bisa berkonsultasi dengan menawarkan negosiasi sehingga bisa terwujud suatu kesepakatan yang menguntungkan bagi anda dan juga klub tersebut. Jika anda kekurangan kedalaman squad klub sepeninggal pemain anda tersebut bisa anda tutup dengan pemain free transfer. Pengeluaran sedikitnya dan pemasukan sebanyak-banyaknya.

Ingat income>expenditure

E. Tunggu Regen/Newgen/New Staff

Terkadang staff original memiliki keterbatasan dalam kemampuannya, maka staff-staff baru yang berasal dari regen/newgen/pensiunan pemain bisa anda rekrut untuk membantu klub anda. Namun, ingat bahwa klub anda masih berstatus semi-profesional sehingga mempengaruhi beberapa aspek termasuk intensitas latihan klub yang hanya dilakukan tiga kali dalam seminggu. Hal ini tentu berdampak kepada kemampuan staff yang tidak dilaksanakan secara maksimal. Jadi hal ini tidak terlalu berdampak besar bagi klub anda tetapi tidak ada salahnya untuk dicoba.

F. Langsung Tawarkan Kontrak ke Pemain Youth Intake Anda

Salah satu tips untuk klub semi-profesional dalam menawarkan kontrak pemainadalah pakai opsi youth contract. Ini adalah opsi yang bisa membantu finansial klub anda, tetapi juga sedikit rawan untuk ditikung karena kontraknya tidak pasti. Pemain dengan youth contract biasanya akan digaji dibawah standar serta dengan durasi tiga tahun. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk mengkontrak pemain dari hasil youth intake jika anda masih ragu atas kualitas pemain tetapi membutuhkan kedalam squad yang baik maka hal ini bisa anda manfaatkan sebagai cara untuk mewujudkan visi anda.

G. Adakan Friendly Match

Tips ini adalah untuk membantu finansial dari klub anda yang sangat jarang mendapatkan income yang baik. Bagi klub semi-profesional, pemasukan untuk tim biasanya berasal dari transfer pemain atau hadiah kompetensi, sangat jarang klub-klub semi-profesional mendapatkan income dari faktor lain. Reputasi kita masih kecil jarang dilirik TV untuk mendapatkan hak siar atau modal dari sponsor serta fans kita masih kecil jarang mendapatkan income dari pemasukan tiket atau penjualan merchandise. Maka cara mengadakan sebuah friendly match adalah salah satu cara yang efektif untuk membantu finansial klub anda.

Kesimpulan

Bagi anda yang tertarik mencoba challenge melatih klub semi-profesional maka anda harus memiliki komitmen yang tinggi terhadap tantangan ini. Jangan setengah hati dalam mencoba tantangan ini karena anda tidak akan merasakan pengalamannya. Untuk membangun sebuah klub semi-profesional maka memerlukan waktu yang lama bahkan bisa bertahun-tahun untuk membangun sebuah klub yang besar dengan finansial yang stabil. Anda sebagai arsitek dalam proyek ini harus memiliki visi dan misi untuk menentukan kearah mana klub anda nanti. Anda bisa memiliki visi seperti menjadi sebuah klub penghasil pemain mudah terbaik, visi menjadi klub yang memiliki finansial yang stabil atau mungkin visi menjadi klub dengan reputasi terbaik. Semuanya anda yang tentukan anda yang memiliki blueprint sebuah klub yang nantinya akan sesuai dengan visi anda. Memang tidak mudah untuk melatih klub semi-profesional pasti ada rasa untuk secepatnya mengubah status menjadi klub profesional sehingga anda bisa menjalankan proyek visi anda dengan baik.

Nah, untuk membantuk anda dalam mencoba menjajal klub semi-profesional maka saya memberikan tips untuk anda berdasarkan pengalaman saya membawa klub Queen’s Park menjadi klub yang sesuai dengan visi saya yaitu klub dengan penghasil pemain muda terbaik. Butuh waktu 10 tahun bagi saya untuk mewujudkan visi saya ini. Tentu dalam mewujudkan Queen’s Park yang seperti sekarang membutuhkan misi untuk mewujudkan visi agar tidak melenceng dari apa yang saya inginkan. Regen/newgen adalah fokus saya dalam mewujudkan visi saya, biasanya saya membutuhkan bantuan dari pihak ketiga yaitu FM Genie Scout untuk memantau pemain wonderkid potensial secara gratis atau murah. Dengan mendapatakan pemain regen/newgen secara gratis atau murah maka saya bisa membantu mereka untuk mencapai kemampuan potensialnya, dengan begitu ketika pemain saya bisa terwujud kemampuan potensialnya maka saya bisa menjual pemain tersebut kepada klub lain dengan harga yang menguntungkan.

Saya juga berorientasi terhadap finansial tim, bagi saya finansial tim merupakan salah satu aspek dalam Football Manager yang sering dilupakan oleh para pemain. Bagi klub semi-profesional mendapatkan income adalah sesuatu yang sulit jika anda bergantung terhadap “hasil alam”, anda harus terlibat didalamnya. Tidak seperti klub besar yang memiliki fanbase atau reputasi yang tinggi sehingga income “hasil alam” seperti TV revenue, Penjualan Merchandise, atau Sponsorship bisa dinikmati walau anda tidak ikut campur didalamnya tetapi bagi klub semi-profesional anda dituntut terlibat dalam finansial tim, lalu bagaimana caranya. Ada beberapa cara yang bisa anda coba, tetapi yang paling efektif adalah penjualan pemain. Anda harus bisa menjadi sebuah “pabrik” yang mengelola barang gratis menjadi berharga walaupun hanya dihargai sekian perak. Teliti dalam merekrut pemain free transfer terutama wonderkid yang potensial bisa membuat anda mendapatkan keuntungan. Anda harus cerdik dalam memanfaatkan sesuatu untuk membantu finansial klub anda. Disinilah tantangan sebenarnya. Pemasukan bisa didapat dari prize money juga, bagi anda klub semi-profesional hal ini bisa dimanfaatkan sebagai pemasukan tambahan dengan menargetkan prize money sebagai visi jangka pendek finansial anda. Pilih taktik yang sesuai, rekrut pemain dengan teliti, dan isi kedalaman squad tim anda maka visi untuk mendapatkan prize money bisa anda dapatkan.

Dan terakhir sekaligus sebagai penutup dalam artikel ini, bahwa jika anda tertarik dan sudah mencoba tantangan ini, tetapi masih ada kesulitan yang tidak dapat diatasi oleh tips diatas maka akun twitter saya @zaeywayn bisa ada ketuk dm-nya untuk berkonsultasi secara cuma-cuma untuk tantangan ini. Yuk, kita coba bangun sebuah klub entah berantah menjadi sebuah klub yang sesuai dengan visi kita!

Penulis : Zaey Wayn


follow me @Rtupoke and the Fan Page or subscribe this blog ya FM Lovers. Keep Sharing//