Ditulis oleh : DASH.
Kamu juga ingin tulisan tentang Football Managermu dimuat di Artupoke.com, cek dimari !


Adanya fitur Squad Dynamics dalam football manager 2019 ini menjadikan anda wajib membahagiakan team. Karena dapat mempengaruhi performa team secara keseluruhan.

Namun sayangnya, menjaga agar semua skuad tetap bahagia tidak semudah kedengarannya. Ada banyak kendala yang sering terjadi. Jadi di kesempatan kali ini, kami akan menerangkan beberapa tips dalam mengatur team agar skor kebahagiaan mereka tetap berada di angka yang baik. Selamat membaca dan semoga bermanfaat.

Awal Fokus adalah Membuat Leader Team Merasa Bahagia

Anda harus mempriotaskan kebutuhan pemimpin dalam team anda. Karena merekalah yang memegang kunci menjadikan bawahannya turut bahagia.

Untuk mencari mana leader team, anda bisa menavigasi ke layar hierarki. Para leader team akan ditampilkan dalam bentuk piramida.

Orang-orang dalam hierarki ini adalah prioritas utama. Karena mereka adalah pemain kunci, yang dihormati oleh team lainnya, dan yang mampu mempengaruhi pemain lainnya.

Kekecewaan mereka pada team dapat menimbulkan perasaan yang sama pada pemain lainnya. Tampak seperti kehidupan di dunia nyata ya… Untuk itu, ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan, di antaranya:

  • Memainkan para pemain ini secara teratur
  • Melayani keinginan dan kebutuhan mereka
  • Tetap melatih mereka agar status skill mereka dapat meningkat

Namun hal tersebut tidak cukup untuk menyenangkan semuanya. Ada beberapa hal lagi yang perlu anda perhatikan.

Selalu Tepati Janji

Ada kalanya pemain mendatangi anda dan mengajukan permintaan. Anda harus memilih respons dengan benar dan berhati-hati. Karena permintaan ini akan mempengaruhi kebahagiaan mereka. Dan tentunya mereka mengharapkan anda menepati janji.

Memang tidak semua janji perlu ditepati, dan tidak semua permintaan akan memberikan mereka kebahagiaan secara langsung. Namun dengan menepati janji yang sudah dibuat, resiko pemain menjadi tidak bahagia akan berkurang drastic.

Jangan Buat Pemain Bingung saat di Lapangan

Dalam game football manager 2019 ini ada banyak strategi permainan yang bisa dipilih. Dalam sebuah pertandingan, banyak variasi strategi yang bisa dimainkan. Namun banyak strategi yang sebenarnya tidak cocok dengan kemampuan tiap-tiap pemain.

Misalnya, ada pemain yang lebih condong kepada permainan bertahan, jika anda paksakan untuk membantu penyerangan maka kebahagiaan pemain dapat turun secara drastic.

Selain itu, terlalu sering merubah strategi team juga dapat menyebabkan turunnya kebahagiaan pemain. Oleh sebab itu, pastikan anda sudah memiliki beberapa strategi pakem yang sudah berulang-ulang dipakai baik di latihan, maupun di pertandingan resmi.

Berikan Pemain Motivasi

Seperti halnya dunia nyata, para pemain di game simulasi Football Manager juga menyukai pujian dan motivasi. Jadi memberikan pujian kepada mereka untuk hasil menyenangkan adalah hal yang baik.

Dan jika ada hasil pertandingan yang buruk, andapun terkadang harus tegas. Berikan pernyataan keras untuk menjadi inspirasi dan guncangan membangun.

Oh iya, andapun bisa memotivasi para pemain dengan cara memberikan mereka kesempatan bertanding dengan team yang tergolong bisa untuk dikalahkan dengan mudah. Karena kemenangan sejatinya adalah motivasi terbaik untuk meningkatkan kebahagiaan team.

Perhatikan Fitur Sosial

Cobalah untuk mengunjungi tab grup social. Di sini anda bisa menemukan kelompok teman-teman yang tergolong dalam team inti, dan team cadangan. Pastikan untuk memprioritaskan kebutuhan masing-masing kelompok.

Kebahagiaan mereka bisa dipengaruhi oleh fitur social ini. Karena seringkali petunjuk bagaimana membahagiakan pemain tertulis di bagian ini.

Yang pasti, di FM 2019 ini, fitur sosiala memegang pengaruh yang cukup tinggi loh. Jadi jangan abaikan fitur ini.

Baca Laporan Team Scouting Sebelum Membeli Pemain

Fitur scout akan membantu anda mendapatkan pemain yang cocok dengan struktur team saat ini. Anda juga bisa menemukan saran dari team scouting. Letaknya ada di sisi kanan layar grup social.

Anda bisa memeriksa laporan berkala mengenai pemain yang anda inginkan. Baik itu hal positif, negative, pro, maupun kontra para pemain. Dengan demikian, perekrutan pemain baru tidak akan menimbulkan potensi di ruang ganti para pemain.

Minta Bantuan Pemain Senior

Pemimpin team dan para pemain senior yang sudah anda buat bahagia berada dalam team bisa anda gunakan untuk menyebarkan kebahagiaan.  Anda bisa memanggil para pemain senior dan pemimpin team untuk menyelesaikan masalah internal dengan mengatasnamakan diri anda.

Untuk melakukan hal ini, cukup dengan menavigasi ke menu interaksi di layar beranda pemimpin/leader. Lalu anda tinggal memilih menu sesuai dengan kondisi yang sedang dialami saat ini.

Tawarkan Pemain Kenaikan Gaji

Walaupun pemain belum meminta, kenaikan gaji dapat meningkatkan status kebagagiaan tiap pemain. Namun tentunya anda wajib menghitung budget. Jangan sampai terjadi kerugian dalam neraca finansial team. Dan pastikan untuk menaikkan gaji perlahan-lahan. Karena walaupun ada naik gaji, namun ada kemungkinan pemain menuntut kenaikan gaji kembali. Tidak tahu diri memang, namun di dunia nyata dan di dalam simulasi ini, hal tersebut memang bisa terjadi. Itulah beberapa solusi untuk meningkatkan kebahagiaan tiap-tiap anggota team anda. Semoga informasi ini bermanfaat dalam membantu anda merebut semua kemenangan.


follow me @Rtupoke and the Fan Page or subscribe this blog ya FM Lovers. Keep Sharing//