Ditulis oleh : DASH.
Kamu juga ingin tulisan tentang Football Managermu dimuat di Artupoke.com, cek dimari !


Menang kalah memang sudah biasa. Namun sebagai manager team, akan terasa menyenangkan jika bisa meraih kemenangan mutlak. Sayangnya seringkali hasil seri, atau bahkan kekalahan harus dirasakan dalam permainan simulasi ini.

Nah, kali ini kita tidak akan membahas strategi terbaik apa yang bisa membantu kemenangan. Namun kita akan lebih fokus pada hal-hal apa saja sih yang menyebabkan team tetap kalah. Silahkan membaca dan semoga bermanfaat.

Penyebab Kekalahan dalam Football Manager 2019

Ada cukup banyak hal yang bisa menjadi biang kerok kekalahan team. Dengan mengetahui biang kerok ini, anda bisa menghindarinya sehingga kemungkinan menang akan bertambah besar.

Adapun beberapa penyebab team yang sudah anda bangun masih mengalami kekalahan di antaranya adalah:

  1. Lawan Terlalu Tangguh
    Ini adalah hal pertama yang wajib dimaklumi. Terkadang kita memaksakan diri dengan team yang masih minim, namun menantang team besar. Team sudah berada di liga yang kelasnya jauh lebih tinggi.

    Oleh sebab itu, tidak perlu kecewa jika mengalami kekalahan ini. Jadikan semangat untuk membangun team lebih baik lagi.
  2. Tidak Memainkan Formasi Utama
    Walaupun para pemain merupakan pemain-pemain dengan skill yang berimbang, namun tidak memainkan para pemain utama adalah kerugian. Mengapa? Karena saat bertanding, nilai mental pemain cadangan akan jauh lebih rendah.

    Solusi untuk masalah ini adalah dengan secara rutin merotasi pemain dalam pertandingan. Dengan demikian, dapat menghilangkan status mana pemain utama dan mana pemain caddangan.
  3. Tidak Merubah Strategi
    Meninggalkan permainan begitu saja, dan membiarkan team berjalan dengan strategi awal bisa berakibat fatal. Karena jalannya permainan bisa berubah. Team lawan dapat memainkan strategi yang tepat untuk counter strategi.

    Oleh sebab itu, ada beberapa solusi yang bisa anda pilih. Solusi pertama adalah dengan memainkan pertandingan sembari merubah strategi berdasarkan kondisi permainan, dan berdasarkan strategi yang dipilih oleh lawan.

    Strategi kedua adalah dengan mengatur beberapa strategi sekaligus dalam sebuah pertandingan. Misalnya memainkan aerial charge pada 30 menit pertama. Dan permainan mengulur waktu (ball possession) pada 15 menit terakhir di babak pertama. Lalu memainkan counter attack pada 15 menit pertama pada babak kedua. Dan memainkan full attack pada 30 menit terakhir permainan. Dengan cara ini, team lawan tidak akan menang karena alasan strategi monoton yang kita pakai.
  4. Kesalahan Strategi
    Masalah ini cukup sering dialami player football manager 2019. Strategi yang dirasa sudah disusun sedemikian rupa ternyata berantakan karena lawan ternyata memainkan strategi yang mampu mengcounter setiap serangan.

    Atau kesalahan yang paling fatal adalah ternyata kita memainkan strategi yang tidak cocok dengan jenis permainan pemain di skuad utama. Misalnya kita memainkan strategi 4-4-2, namun memasukkan 2 penyerang lubang bertubuh pendek. Sementara itu, player berulang-ulang mencoba memaksimalkan aerial charge.

    Atau kesalahan strategi lainnya adalah memainkan strategi menumpuk pemain tengah, namun memainkan strategi langsung membuang bola ke depan ketika berhasil merebut bola di area pertahanan sendiri. Hal ini menyebabkan penumpukan pemain tengah tidak memiliki manfaat.
  5. Kurang Beruntung
    Dalam setiap permainan, keberuntungan adalah salah satu faktor penentu hasil pertandingan. Bisa jadi dalam permainan tiba-tiba ada pemain yang cedera. Atau ada pemain yang mendapat kartu merah. Hal ini tentu menyebabkan keunggulan strategi dan skill pemain menjadi berkurang.

Itulah beberapa hal yang menyebabkan hasil pertandingan tidak sesuai dengan harapan. Namun tentunya tidak bisa menjadi alasan menyerah untuk mengejar win streak. Kemenangan beruntun di semua ajang kompetisi.

Untuk mencapai kemenangan di semua ajang kompetisi, ada beberapa solusi yang bisa dilakukan. Di antaranya adalah: