Ditulis oleh : DASH.
Kamu juga ingin tulisan tentang Football Managermu dimuat di Artupoke.com, cek dimari !


Para pemain muda dengan status wonderkid adalah pilihan terbaik dalam memulai permainan football manager versi manapun. Tak terkecuali di versi 2019 ini.

Namun untuk football manager 2019 ini, ada beberapa tips dan trik yang bisa kamu gunakan untuk memaksimalkan potensi mereka. Tidak hanya pemain berstatus wonderkid, namun juga para pemain muda lainnya yang kerap disepelekan.

Adapun beberapa tips dan trik tersebut adalah:

  1. Gunakan Fitur Mentoring
    Di versi terbaru, kamu tidak perlu melakukan monitoring one by one. Cukup serahkan proses monitoring dan mentoring kepada pemain senior. Tidak hanya 1 pemain senior, kamu bisa meminta beberapa pemain senior melakukan monitoring.

    Dengan adanya fitur ini, akan menghamat waktumu untuk meningkatkan potensi para pemain muda. Namun sebaiknya tetap awasi mentoring ini sesekali. Karena kadang pemain bisa merasa tidak puas akan mentoring dari pemain senior loh. Wah makin realistis saja ya…
  2. Berikan Porsi Latihan yang Cukup
    Di versi 2019 ini, setiap pemain dapat dilatih bukan hanya untuk menyerang dan bertahan, namun juga berlatih untuk strategi team lainnya. Misalnya berlatih untuk meningkatkan kemampuan duel udara, kemampuan untuk melakukan crossing, dan latihan untuk meningkatkan akurasi.

    Para pemain muda, khususnya para calon bintang harus diberikan porsi latihan yang cukup sehingga statusnya akan meningkat seiring dengan waktu. Namun kamu harus tetap memperhatikan kebugaran tiap pemain agar tetap stabil sehingga dapat bermain dengan baik saat pertandingan resmi berlangsung.
  3. Hindari Hal-Hal yang Dapat Menurunkan Performa
    Para pemain muda, khususnya para wonderkid performanya bisa mengalami penurunan. Bahkan tidak berkembang sama sekali. Ada beberapa penyebabnya, di antaranya porsi latihan yang berlebihan sehingga cedera, strategi permainan yang terlalu keras sehingga pemain mengalami cedera panjang, serta strategi team yang tidak cocok.

    Oleh sebab itu, hal-hal tersebut harus dihindari sebisa mungkin. Selain itu, andapun harus menghindari kebiasaan acuh terhadap notifikasi. Misalnya ada notifikasi pemain hendak pindah ke klub lain karena gaji terlalu kecil.

    Atau anda menolak menjual pemain, padahal pemain tersebut sudah ditawar team besar dengan nilai kontrak yang cukup besar. Sementara itu, gaji yang anda tawarkan sangat sedikit. Hal tersebut dapat menurunkan mental dan performa para wonderkid.
  4. Sesuaikan Strategi Team
    Walaupun pemain muda yang anda pilih merupakan pemain berstatus wonderkid, namun bukan berarti mereka akan cocok dengan semua strategi team yang anda pilih. Oleh sebab itu, sebelum dan setelah merekrut pemain tersebut, kamu harus memastikan strategi team cocok dengan pola permainan mereka.

    Anda tidak bisa memainkan formasi bertahan dan serangan balik jika mengandalkan wonderkid yang terbiasa sebagai gelandang serang. Atau anda tidak bisa meningkatkan performa wonderkid berstatus kiper jika latihan dan strategi yang sering dilakukan adalah simulasi menyerang.

Namun bagaimana jika performa para wonderkid ternyata tetap stagnan atau bahkan mengalami penurunan? Jangan khawatir. Ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan, di antaranya adalah: