FM Lovers,

Besok adalah waktu yang ditunggu bagi sebagian besar FMLovers, karena versi full FM15 sudah bisa dirilis. Walau sebelumnya sudah memainkan beta dan sudah menemukan bug-bug yang mungkin bisa mengganggu kenikmatan bermain, dengan dirilisnya versi final ini artinya akan ada perbaikan-perbaikan.

Sebelum kita membicarakan yang final. Ada beberapa kesan yang mendalam saat bermain FM15 Beta ini yang ingin saya bagi ke FMLovers sekalian. Jika kamu mempunyai kesan yang sama atau berbeda, silahkan berkomentar di kolom dibawah ya.

Ok Langsung saja :

Sistem Scouting

Scouting_  All known players

 

Anindito Wahyu Erminarno_ Overview Profile

Bagi saya, inilah fitur baru yang paling significant di FM15 ini. Menjadi lebih realistis dimana tingkat keakuratan analisa pemain sangat ditentukan dengan sumber daya yang dicurahkan untuk scoutmu :

  • World Knowledge, juga berpengaruh besar. Apabila klubmu tidak mampu secara finansial mengcover negara tersebut. jangan harap kamu bisa mendapatkan scout untuk pemain tersebut. Walhasil, pemain yang masuk rekomendasi scoutmu akan lebih sedikit. Sehingga bocoran wonderkid pun bisa jadi harus memerlukan ekstra usaha.
  • Pemain yang discout, tidak akan serta merta memberikan laporan dengan angka akurat, apalagi kalau scoutmu memiliki kemampuan analisa (judge player ability dan potential) yang tidak mumpuni. Angka yang diberikan di atribut, hanya bersifat range saja.Yang harus berulang ulang di scout agar reportnya bisa diupdate dengan angka yang lebih akurat.
  • Tips : jika kamu memang tertarik, coba offer trial. jika berhasil dan pemain masuk ke klubmu untuk menjalani trial. langsung deh attributnya bakal lengkap.
  • Saran : jangan pakai dulu deh genie scout, editor, dan sejenisnya. Karena keasyikan mu dalam mencari pemain itu letaknya disini. dimana kamu akan secara bertahap membangun scoutmu agar lebih akurat.

Match Engine

Persebaya v Pro Duta FC_ Field Full

Saya tidak terlalu yakin karena jam terbang dalam memainkan FM15 ini masih sedikit atau apakah memang karena ini adalah bug. Tetapi yang sering saya lihat

  • Bek yang mengejar bola seperti tiba tiba melambat, sehingga bisa disalip lawan. Bola direbut, dibawa ke gawang, dan gol. Sakitnya itu disini bro 😦
  • Long Ball sepertinya jadi standar di FM15 ini. entah karena settingan taktik saya yang sala, tetapi taktiknya timnas banget dah. dapat bola, lambungkan ke depan dengan harapan dapat ke penyerang dan gol. Tetapi kalau di FM15, ini sangat sering berhasil.
  • Sepertinya saya perlu amati lagi, karena entah kenapa, possesion saya di lapangan tengah sepertinya aneh sekali, pemain tengah seperti kehilangan tempat selalu sehingga lawan sangat mudah mendominasi lapangan tengah.

Bagaimana kesan kalian ?

User Interface

Inbox_  Inbox 

  • Left Bar ini memberikan penampilan yang segar. untuk beberapa saat di awal permainan, pemain lama FM mungkin membutuhkan waktu untuk navigasi. Tapi setalah tahu, lancar broo.
  • Tampilan sangat baik kalau menurut saya, lebih halus tetapi mungkin kalau FMLovers yang sudah khatam main seri FM bolak balik sih. Tampilan sih nomor 2 ya ? 🙂

Tactic Interface

2014-10-25_00001

Saya sebenarnya tidak begitu mengerti kenapa interface di FM14, (dimana di papan taktik kamu sudah bisa memilih posisi dan langsung terlihat atribut mana yang cocok buat role dan Duty pemain tersebut.)  tidak digunakan lagi di FM15. Walhasil seperti gambar di atas, kau tidak akan mengetahui role dan duty pemainmu secara langsung, harus dilihat kembali di list pemain di kiri.

Tactics_ Overview Overview-4

Tracksuit vs Tactical Manager

Game_ _Untitled Game__ Game Add New Head Coach

Sudah saya bahas disini. Tetapi yang jelas. Hal ini akan memberi pengalaman baru dalam memulai karirmu di FM.

Sekian ya review dari saya 😀

===============================================================

\\follow me @Rtupoke or subscribe this blog ya FM Lovers. Keep Sharing//