FM Lovers,

Sampai tulisan ini dibuat, masih banyak yang bertanya-tanya sampai kapan petani yang bijak mau mengeluarkan jamu yang sudah fix. Kabar buruknya, saat ini sang petani confirm untuk menghold project FM13 ini tidak melanjutkan lagi project FM13nya. Kabar yang bikin prihatin ke sesama FMlovers, dari yang sudah beli original copies.

Sekedar share saja, bagi yang udah kebelet maen ada 2 cara yang paling mungkin :

A. Beli yang original copies. berikut yang recommended untuk beli online (selain dari STEAM langsung tentunya) :

  1. Greenmangaming;
    Penulis membeli Football Manager 2013 saat masih pre-order dan diskon besar dulu. Sayang sekarang sudah expired diskonnya.

    GMG25-G4VDR-0ZL4Q untuk diskon jadi 30 $. buruan sebelum expired.

    image

  2. Drakuli Online Store;
    Penulis merekomendasikan ini setelah mendapat banyak komentar positif yang dari komentar di forum luar dan beberapa kenalan. Ini domisili di Indonesia, jadi nanti kamu bisa memiliki DVD fisik. tapi tentu tetap harus punya id STEAM untuk aktivasi dan update patch.

image

SIlahkan sisihkan duit jajan, nabung, kalo udah bener-bener pengen maen Football Manager 2013 Smile.

B. Patungan beli Original. Maksudnya adalah memanfaatkan fungsi backup restore game dari steam untuk memaenkan FM13 original di beberapa PC. Seperti yang pernah di share disini. Caranya adalah :

+) Kalau beli versi ORI via STEAM apa bisa dimainkan di beberapa PC sekaligus ? nggak bentrok kah ? Nyah-Nyah

Bisa, karena steam mengunci ke akun IDmu. jadi selama maennya offline atau nggak online di 2 PC atau lebih sekaligus, nggak masalah kok. Nah berikut caranya yang saya dapat dari Forum kaskus, credit to agan Parasetamol :

1. install & login steam di pc #1
2. install FMnya di pc #1
3. coba play game, nanti ada update
4. selesai update coba play game lagi
5. kalo uda masuk game langsung exit game
6. di menu library (tempat tersimpannya game dari akun yg login)
7. klik kanan FMnya, lalu pilih backup game files
8. centang FMnya, next
9. pilih lokasi backupnya (misal hd external), next
10. pilih dvd (biar cuma 1 folder), next
11. kalo uda selesai backup, masuk ke menu ‘steam’ di kiri atas pilih ‘go offline’
12. install & login steam di pc #2
13. masuk ke menu ‘steam’ pilih ‘backup or restore games’
14. pilih ‘restore a previous backup’, next
15. pilih lokasi backup (hd external yg tadi), cari folder FMnya
16. wait & pray
17. kalo uda selesai restore, masuk ke menu ‘steam’ di kiri atas pilih ‘go offline’
18. I think you know what to do for pc #3

CATATAN :

Jangan pernah mencoba-coba maenkan gamemu secara online berbarengan di 2 PC yang berbeda. Resiko kena Banned oleh Steam. Kalau di banned ngaruhnya apa kakak ? Nggak tau, karena saya nggak dibanned dan nggak mau kena banned juga 🙂

Oh iya, Bagi yang punya lapak pribadi atau rekomendasi untuk Football Manager 2013 (original copies), silahkan share disini ya FMLovers.

Untuk yang patungan, ada beberapa cara untuk mencari massa :

1. Cari temen satu sekolah, kampus, kantor yang mau di ajak patungan. beli bisa lewat steam maupun toko online di atas.

2. posting lewat facebook. saat ini sudah ada group Komunitas Football Manager Indonesia yang aktif berbagi, mungkin bisa dimulai disini.

3. Posting di thread kaskus. Buat thread sendiri agar fokus dan tidak memenuhi forum FM13 di games. tapi kalo promosikan nggak apalah.

Selamat bermain.


\\follow me @Rtupoke or subscribe this blog ya FM Lovers. Keep Sharing//