IDFM League sudah berjalan beberapa gameweek, beberapa tim sudah terlihat ciri khas pemain-pemain yang dipilih. Football Manager 2022 sendiri sudah memasuki final patch. Final patch ini berarti setiap pemain sudah pasti akan memiliki atribut dan pricetag yang tetap di fantasy draft. Di waktu yang tepat inilah Kita akan membahas lima peman yang mungkin akan cocok banget dan berada di performa yang top bersama tim Managers!

  1. Erling Haaland – 70M Poundsterling

Pemain pertama yang kita bahas yaitu Erling Haaland, bukan rahasia lagi kalau Haaland menjadi pilihan ideal di posisi striker mayoritas tim di IDFM League, bagaimana tidak? Mimin bisa deskripsikan Haaland dengan tiga kata saja, “tinggi, cepat, konsisten”, sekarang kita akan membahas ketiga aspek tadi secara rinci.

Nama lengkap Erling Braut Håland ini memiliki tinggi 194cm dengan jumping reach 15, menjadikan Haaland adalah opsi yang bagus untuk duel udara, didukung dengan Heading nya berjumlah 15, memiliki efektifitas Header yang cukup oke. Juga dibantu oleh 17 strength dan 17 balance, menjadikan Haaland pemain yang susah untuk diganggu saat duel udara, Dari segi “cepat”, pace 19, acceleration 17, menjadikan Haaland opsi utama para managers yang senang memainkan counter attack cepat, teritama formasi 2 striker, dimana kedua striker memiliki kecepatan yang tinggi untuk mengelabui pertahanan lawan, Haaland juga memiliki atribut off the ball sebanyak 18, off the ball tersebut membantu untuk mencari celah kosong untuk menerima umpan terobosan, flair 16 nya Haaland jg membantu banyak ketika Haaland sedang memegang bola, menjadikan Haaland sedikit unpredictable. Terakhir aspek konsistenisi, determination 20 menunjukkan bahwal Haaland adalah pemain yang pantang menyerah di lapangan, composure 17 membantu Haaland agar lebih tenang di situasi-situas genting, tidak lupa juga Finishing yang berjumlah 18, menjadikan Haaland striker utama yang cukup bisa diandalkan.

  • James Ward-Prowse – 28.5M Poundsterling

Pemain kedua yang akan dibahas yaitu James Ward-Prowse, atau biasa lebih akrab dipanggil JWP oleh para pemain FM. JWP termasuk pemain yang mirip seperti David Beckham, bagaimana tidak, banyak highlights dia bersama Southampton yang berasal dari situasi bola-bola mati, JWP sangat mematikan di situasi-situasi tersebut, maka terbuktilah bahwa atribut Free Kick Taking dan Corners nya diberi nilai full (20), menjadikan JWP adalah set piece taker paling mematikan di FM22 ini. Crossing nya yang berjumlah 18 pun cukup membantu JWP apabila dia diplot untuk bermain melebar.

Dari aspek lain, JWP tidak hanya digunakan untuk set piece taker. JWP memiliki stamina 20 dan work rate 19, dimana JWP bisa menjadi gelandang yang sangat aktif dan sulit sekali untuk lelah. Vision 16 dan teamwork 16 juga membuat JWP menjadi “team player”, kedua aspek mental dan fisiknya tersebut menjadikannya sebagai gelandang multifungsi, atau bisa disebut box-to-box midfielder. Poin bonus JWP adalah leadership nya yang tinggi, berjumlah 18, menjadikan JWP adalah pilihan yang cocok untuk diberikan ban kapten oleh Managers.

  • Kurt Zouma – 38M Poundsterling

Disaat metode near-post corner semakin marak di kalangan pemain FM, disitulah nama Kurt Zouma semakin terkenal untuk dijadikan “menara” di bagian corner kick. Zouma adalah contoh sempurna untuk realisasi metode near-post corner tadi.

Tinggi 190cm, jumping reach 18, heading 17, balance 19, dan strength 20! Tidak terbayangkan siapa yang lebih superior duel udara nya selain Zouma, lima aspek tadi angka-angka nya hampir sempurna, Zouma sepaket dengan JWP adalah pilihan terbaik untuk mengandalkan sumber gol dari Corner Kick. Zouma juga memiliki acceleration 18 dan pace 15, cukup oke untuk mengejar striker-striker cepat seperti Mbappe, Haaland, Osimhen, dll/

  • Alex Telles – 4.3M Poundsterling

Kecewa karena Ismaily sangat menurun atributnya di FM22? Jangan berkecil hati! Alex Telles adalah salah satu alternatif untuk pengganti Ismaily di budget yang sama! Sebenarnya Telles tidak ada yang terlalu menonjol atributnya, tapi secara offensive dan defensive, Telles cukup seimbang, yang perlu diperhatikan dari Telles, adalah kemampuan crossing nya yang oke (17), mampu melakukan aksi-aksi berbahaya demi menyelamatkan bola (bravery 17), jago di situasi bola mati (corner 17 dan penalty taking 18).

  • Dominik Livakovic – 20.5M Poundsterling

Yang terakhir adalah kiper, sebenarnya untuk kiper bisa saja menyarankan kiper-kiper top seperti Courtois, Alisson, Oblak, dll. Tetapi para managers pasti berfikir keras untuk manage budget draft nya jika tidak membeli kiper yang murah tapi bagus. Dominik Livakovic menjadi salah satu yang diperhatikan oleh Mimin.

Livakovic memang bukanlah ball distributor yang baik, first touch buruk, vision rendah, passing dan kicking yang biasa saja, walaupun throwing da 16, tetapi aspek lainnya tadi pun tidak bisa membuat Livakovic menjadi ball distributor sempurna. Namun, Livakovic adalah kiper bertipe shot-stopper yang sangat bagus di range harga 20 jutaan pounds.. 18 reflex dan 15 agility membuat Livakovic cepat dan lincah dalam reaksinya ketika ada tendangan ke arah gawanrg, positioning 15, concentration 15, dan juga anticipation 14 nya membuat Livakovic menjadi kiper yang konsisten dan selalu bisa memposisikan diri dengan strategis untuk menahan tendangan lawan. Satu aspek terhebatnya yaitu one-on-one yang berjumlah 18, membuat striker lawan kesulitan ketika berhadapan langsung dengan Livakovic. Lima pemain diatas tadi yang menurut Mimin bakal sering di pick di IDFM League musim ini, jangan lupa buat cek podcast artupoke juga di sini ! =====[link podcast]======