Ditulis oleh : @thekikukboy

Kamu juga ingin tulisan tentang Football Managermu dimuat di Artupoke.com, cek dimari !

Football manager pada dasarnya adalah sebuah game simulasi bagi para gamers yang ingin merasakan sensasi menjadi seorang manajer di sebuah klub sepakbola. Oleh karena itu, semakin detail fiturnya akan terasa semakin nyata di benak para pemainnya.

Dalam sebuah game simulasi, imajinasi para pemain merupakan salah satu faktor penambah keseruan. Semakin liar imajinasi sang gamer, semakin menarik dan holistik permainan yang dimainkan.

Salah satu detail pendukung fantasi para “manajer” adalah pengaturan detail appearance. Seringkali fitur ini dilewati begitu saja karena toh dalam permainan penampilan si manajer tidak akan disorot. Penampilan sang entrenador pun tidak akan berpengaruh pada game apalagi pada hasil pertandingan atau keinginan seorang target transfer untuk bergabung dengan tim yang kita kendalikan.

Namun bagi sebagian orang, fitur pengaturan detail sosok sang manajer sama pentingnya dengan menimbang ingin mendatangkan wonderkid yang mana. Para gamer dengan fantasi tingkat tinggi dan mendambakan level kedetailan paling tinggi biasanya senang berlama-lama pada scene ini dalam rangka menciptakan sosok manajer yang ia inginkan. Mencreate manajer seideal mungkin atau semirip mungkin dengan dirinya sendiri menghadirkan kesenangan tersendiri bagi golongan pencinta FM diatas.

Dalam football manager, fitur pengaturan detail sang manajer dimulai dari mengisi biodata. Kolom pengisian nama adalah kolom pertama yang wajib diisi. Setelah memasukkan nama, kolom kewarganegaraan dan tempat lahir berada tepat di bawahnya.

Anda dapat memilihkan kewarganegaraan sang manajer dari hampir seluruh daftar negara yang ada di dunia. Anda juga dapat memilihkan second nationality sang manajer. Jika Anda memilih Indonesia sebagai negara asal tokoh si manajer, pastikan Anda tidak memilih second nationality untuk menambah realitas dalam permainan. Hal ini dikarenakan Indonesia menganut kebijakan kewarganegaraan tunggal.

Setelah menentukan asal negara, Anda mesti menentukan tempat kelahiran. Disana terdapat beragam kota yang dapat dipilih. Selanjutnya Anda dapat menambahkan kemampuan bahasa. Terdapat begitu banyak bahasa yang dapat dipilih, mulai dari bahasa daerah sampai bahasa internasional. Anda dapat memilih 3 bahasa sebagai bahasa yang dikuasai selain bahasa ibu si manajer.

Jika anda adalah seorang yang taktis, anda dapat memilih bahasa-bahasa yang menguntungkan sesuai dengan klub dan/atau pemain mana yang ingin anda kelola. Jika anda ingin melatih FC Barcelona, saran penulis pilih Bahasa Katalan sebagai bahasa kedua. Manajer yang menguasai Bahasa Katalan akan mendapatkan respect lebih dari para pemain Barca.

Dibawah kewarganegaraan dan tempat lahir, terdapat kolom klub kesukaan. Dalam kolom ini Anda dapat memilih lebih dari satu klub. Terakhir terdapat kolom Experienced dengan pilihan Yes atau No. Bagi Anda yang baru pertama kali bermain FM silahkan pilih No. Sedangkan bagi Anda yang sudah berpengalaman silahkan pilih Yes.

Jika anda memilih Yes, akan muncul detail lain yang perlu diisi. Yang pertama adalah Preferred Style and Formation. Anda dapat menentukan manajer seperti apa Anda. Apakah juru taktik macam Pep dengan Tiki-Taka sebagai gaya bermain favoritnya atau Klopp dengan Gegenpressing yang sudah menjadi ciri khasnya. Penjelasan mengenai gaya bermain yang dapat dipilih mungkin akan dibahas di artikel lain.

 Begitu juga dengan formasi. Anda dapat memilih formasi klasik macam 4-4-2, 3-4-3, 5-4-1 atau mencustom formasi dengan cara menarik titik-titik hitam ke posisi yang sesuai posisi yang diinginkan. Pembahasan terkait formasi pun mungkin akan dibahas di artikel lain.

Terakhir Anda dapat membuka kolom responsibilities dimana Anda akan menemukan banyak pekerjaan yang menjadi tanggung jawab manajer. Disana manajer dapat menentukan untuk bertanggung jawab sendiri atau mendelegasikan tugas-tugas kepada para staff lain. Contoh tugasnya antara lain Recruit Staff, Initiating, Negotiating, and Finalizing Players Signings, dan lain sebagainya. Ekspalanasi mengenai Responsibilities mungkin akan dibahas di artikel lain.

Setelah selesai melengkapi Personal Details, mari lanjut ke bagian kustomisasi Appearance. Di scene ini, Anda dapat memilih jenis kelamin, tanggal lahir, berat badan, dan tinggi badan sang manajer. Dalam kolom height & weight, Anda dapat memilih alat ukur yang familiar ntah itu m atau ft pada height dan kg atau lb pada weight.

Bagi Anda ingin merasakan sensasi imajinasi yang lebih lagi, FM menyediakan fitur Generate 3D Model. Pada fitur tersebut Anda dapat menggunakan stok foto yang dimiliki atau mengambil foto baru dengan menggunakan webcam. Foto yang dipilih akan digunakan untuk membuat versi FM dari wajah Anda.

Setelah memilih foto, Anda akan diminta untuk memotong foto tersebut tepat di bagian wajah dan mengklik 11 spot penting sesuai contoh yang ada. Terakhir Anda hanya perlu mengklik Generate Model. Tunggu beberapa saat, klik confirm, dan Anda akan mendapati wajah Anda versi FM sudah selesai digenerasasikan.

Bagi Anda yang malas untuk memasukkan foto, tersedia fitur Randomize Face. Anda juga dapat melakukan custom lewat fitur Edit Face. Setelah puas mengutak-atik fitur wajah, silahkan pilih skin tone yang Anda inginkan dari 5 pilihan yang disediakan.

Selanjutnya Anda dapat menentukan hairstyle sang manajer. Terdapat berbagai pilihan menarik yang dapat dipilih dari mulai Afro, Belah Tengah, Belah Samping, Cepak, sampai Vidal Style. Pilihlah yang menurut Anda paling keren dan cocok dengan bentuk kepala si manajer.

Anda juga dapat memilih untuk menggunakan kumis & jenggot atau tidak. Terdapat 7 kombinasi yang dapat dipilih sesuai kecocokan. Jangan lupa untuk pilih warna rambut, kumis, jambang, dan jenggot. Bagi Anda yang memakai kacamata, pilihannya pun tersedia. Tinggal ceklis kotak di sebelah tulisan glasses serta pilih warna frames yang menarik.

Last but not least, Anda diminta untuk menentukan outfit yang Anda sukai. Pemain dapat memilih antara menggunakan Suit & Tie, Shirt & Tie, Shirt no Tie, Suit no Tie, Overcoat no Tie, Overcoat & Tie, Tracksuit Trousers & Jacket, Warmup Trousers & Jacket, Tracksuit Trousers & Jumper, dan Warmup Trousers & Jumper.

Tentukan setelan yang menurut Anda paling bagus dan sesuai. Menurut penulis, untuk mendapatkan sensasi yang lebih real lagi silahkan sesuaikan dengan tempat Anda melatih. Jika Anda melatih klub Indonesia jangan pilih kombinasi Overcoat karena di Indonesia cuaca begitu panas sehingga tidak ada satupun pelatih yang menggunakan Overcoat. Sedangkan jika Anda memilih klub Inggris, silahkan gunakan Overcoat terutama di musim dingin.

Jika sudah selesai, lanjutkan dengan memilih warna yang menarik. FM telah menyediakan fitur use club color jika pemain ingin menggunakan warna yang seragam dengan identitas klub.

Selamat!!!!! Anda telah menyelesaikan pengaturan appearance. Melakukan pengaturan appearance membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Bagi Anda yang tidak terlalu mementingkan detail-detail kecil silahkan randomize dan segera bermain sebab mengatur penampilan sang entrenador hanya untuk sebagian orang spesial yang memiliki imajinasi tanpa batas di dalam kepalanya.


follow me @Rtupoke and the Fan Page or subscribe this blog ya FM Lovers. Keep Sharing//