Ditulis oleh : BolaGawai.com

Kamu juga ingin tulisan tentang Football Managermu dimuat di Artupoke.com, cek dimari !

Di Football Manager, tugas kita sebagai manajer adalah membuat tim yang ditangani harus bisa meraih kemenangan. Untuk itulah diperlukan seorang pemain yang dapat mencetak gol ke gawang lawan. Dan hal ini merupakan tugas pemain yang berposisikan sebagai penyerang.

Kebetulan saya sempat bertanya-tanya siapa pemain muda yang bisa dikatakan pantas untuk menjadi penyerang tengah dari Timnas Inggris di masa depan nanti. Tentu tidak mungkin timnas inggris akan terus mengandalkan Harry Kane nantinya.

Maka dari itu, saya pun berkeinginan untuk mencari seorang pemain muda yang berbakat dan potensial sebagai seorang penyerang tengah serta pemain ini berkebangsaan asli dari Inggris tentunya.

Bisa dikatakan bahwa jika pemain yang masih berusia muda yakni sekitar di bawah umur 19 tahun, lalu ia memiliki kemampuan serta bakat yang bagus dan hebat, kemudian ketika ia diberikan kesempatan bermain dan performanya ini konsisten bagus terus maka kita bisa menyebutnya sebagai Wonderkid Player.

Tentu semua manajer menginginkan pemain seperti ini karena hal tersebut dapat menjadikan investasi yang menguntungkan bagi klub dan tentu investasinya ini merupakan jangka panjang.

Apakah kalian ingin pemain yang seperti ini dan apalagi cukup sulit menemukan striker lokal muda yang benar-benar bagus di Inggris. Maka dari itulah saya ingin membantu teman-teman manajer online disini. Saya akan memberikan rekomendasi siapa pemain tersebut dengan cara melakukan pencarian pemain di negara Inggris. 

Saya pun langsung melakukan pencarian pemain dengan kategori tersebut di Liga Inggris. Perlu diketahui usia pemain muda yang saya cari ini tentu harus dibawah 19 tahun dan rating atributnya sebagai penyerang tengah baik itu dari segi Technical, Mental, hingga Physical juga harus baik dan bagus.

Pencarian pemain saya lakukan dan hasilnya saya menemukan seorang pemain yang usianya ini masih muda yakni 18 tahun (Di FM 21) dan posisinya adalah sebagai penyerang tengah serta berkebangsaan Inggris tentunya. Saya menemukan pemain ini dengan melakukan pencarian di tim-tim U23.

Siapakah dia?

Yap, namanya adalah Joe Gelhardt.

Sekilas saya langsung melihat atributnya sebagai seorang penyerang tengah dan menurut pandangan saya, pemain ini jika dikembangkan sebaik mungkin dan banyak diberikan kesempatan bermain maka ia bisa menjadi seorang penyerang tengah yang hebat bagi Inggris di masa depan nanti.

Saya pun tertarik dengan pemain yang satu ini sehingga saya ingin mencoba performa dari Joe Gelhardt ini di FM 21 dengan mengamati performa permainan dia untuk satu pertandingan.

Apakah kemampuan dia akan sangat baik ketika diberi kesempatan bermain selama satu pertandingan nantinya oleh saya di FM 21 tentu saya perlu memainkannya secara langsung dengan melakukan simulasi permainan di Football Manager nanti.

Namun sebelum saya melakukan simulasi tersebut, saya perlu mengenal Joe Gelhardt terlebih dahulu. Maka dari itu, saya berusaha mencari-cari data profil karirnya sebagai seorang pemain sepakbola. Dan hasilnya saya menemukan data-data dari profil sang pemain. Berikut profilnya di bawah ini.

Profil Singkat

Bernama lengkap Joseph Paul Gelhardt, ia lahir pada tanggal 4 Mei 2002 di kota Liverpool, Inggris. Posisi utamanya sebagai pemain adalah penyerang tengah, namun ia bisa bermain sebagai seorang Gelandang Serang, baik itu tengah, kanan, maupun kiri. Kaki terkuatnya dalam mengolah bola adalah kaki kiri.

Gelhardt muda tentunya tumbuh di Merseyside sejak kecil sebelum ia mendapatkan tawaran dari Wigan Athletic ketika usianya sekitar 10 tahun.

Di Wigan ia banyak belajar sepakbola dengan bermain di tim mudanya. Lalu ia mendapatkan debut seniornya ketika Wigan Athtletic menghadapi Rotherham pada kompetisi Piala Liga Inggris pada tanggal 14 Agustus 2018. Ketika itu Gelhardt menjalani debut sebagai pemain pengganti.

Selama 2 tahun berseragam Wigan, ia membuat sebanyak 21 penampilan di seluruh kompetisi dan mencetak 1 gol. Gol ini dicetak oleh Gelhardt pada pertandingan Championship ketika Wigan menghadapi Hull City.

Ketika Wigan terdegradasi pada tahun 2019, Joe Gelhardt menerima tawaran kontrak dari Leeds United. Leeds membeli Gelhardt dari Wigan sebesar 1,8 Juta Poundsterling dan akhirnya ia pindah dari klub lamanya Wigan ke Leeds United. Dan hingga tulisan ini dibuat ia masih berseragam Leeds United sampai saat ini.

Atribut Pemain

Berdasarkan posisinya sebagai Striker, pemain ini lebih punya Role and Duty ke arah Advanced Forward. Sehingga pemain ini sangat cocok berperan sebagai Advanced Forward.

Seketika saya langsung berpikir, jika Joe Gelhardt ini berposisi utama sebagai Advanced Forward, maka pemain ini pun pasti memiliki skill serta teknik yang bagus di dalam atributnya. Maka dari itu saya langsung melihat atributnya.

Dan benar saja, bahwa Gelhardt ini merupakan pemain depan yang cukup Skillfull dan memiliki teknik yang cukup bagus. Ini bisa dilihat dengan berdasarkan rating atribut Dribbling dan Technique masing-masing sebesar 14 dan 13.

Lalu untuk atribut First Touchnya ini memiliki rating sebesar 13. Hal ini menandakan pemain ini memiliki sentuhan pertama yang bagus ketika ia mendapatkan bola pertama kali dari umpan temannya.

Teman-teman manajer perlu memperhatikan juga mengenai atribut First Touch ini. Mengapa? Karena bagus dan baiknya seorang pemain depan dalam hal menerima umpan adalah ia perlu memiliki sentuhan pertama yang bagus.

Dari segi atribut mental, pemain ini bisa dikatakan memiliki agresi serta determinasi yang bagus dan kerja sama yang tinggi juga sebagai pemain. Hal ini bisa kita lihat dari nilai atribut yang dimilikinya masing-masing sebesar 14, 13, dan 14.

Lalu, Gelhardt juga mempunyai kecerdasan serta visi yang baik di dalam atributnya. Untuk nilai atributnya ini sebesar 14 dan 13.

Dan untuk atribut Physical yang dimiliki oleh Gelhardt, ia pemain yang lumayan cepat dan mempunyai fisik yang mumpuni sebagai striker. Walaupun tinggi badannya ini sekitar 176 cm, fisik yang dimiliki oleh Gelhardt sebagai seorang penyerang tidaklah buruk.

Pemantauan Performa Pemain

Untuk memantau Joe Gelhardt secara langsung di Football Manager 2021, saya pun langsung menggunakan Leeds United. Saya mencoba Joe Gelhardt untuk satu pertandingan ketika Leeds United menghadapi Aston Villa dalam laga uji coba pramusim.

Untuk menghadapi Aston Villa saya mencoba untuk memakai taktik 4-2-3-1 dengan menempatkan Joe Gelhardt sebagai Target Man di depan. Gaya bermain yang saya terapkan dengan Leeds tentunya adalah gaya permainan menyerang dengan tempo yang cukup cepat.

Pertandingan pun dimulai. Permainan dari tim kami sejak menit awal selalu menekan pertahanan dari Aston Villa. Kami memfokuskan serangan dari kedua sisi Flank. Dan hasilnya adalah kami mencetak satu gol di menit 15.

Namun, seketika Aston Villa sadar bahwa bermain bertahan tidaklah cukup sehingga mereka merubah pola gaya bermain mereka. Dan hasilnya, tim kami dengan tim lawan saling jual beli serangan.

Untuk Gelhardt, ia masih berusaha untuk mencari ruang-ruang kosong dengan pergerakan tanpa bola yang ia lakukan sembari temannya bisa memberikan umpan matang terhadap dia.

Seiring perjalanan waktu pertandingan, permainan kami yang terlalu terbuka membuat pertahanan menjadi lebih mudah ditembus dan alhasil kami kemasukkan dua gol yang menjadikan pertandingan menghasilkan skor 2-1 namun dengan selang beberapa menit kemudian kami berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2 dan skor ini bertahan hingga babak pertama berakhir.

Saya harus mengatakan bahwa gol penyeimbang ini berkat dari usaha Joe Gelhardt yang dimana ia mendapatkan bola dari hasil passing rekannya, lalu ia menahan bola tersebut terlebih dahulu, kemudian ia melihat pergerakan tanpa bola yang dilakukan oleh Rodrigo dari sisi penyerangan sebelah kiri.

Lantas Joe Gelhardt memberikan bola tersebut kepada Rodrigo dan Rodrigo yang tidak terkawal sama sekali oleh seluruh pemain dari Aston Villa langsung menyelesaikan peluang tersebut untuk dijadikan sebuah gol.

Saya pun memberikan applause atas kerja sama tim yang dilakukan oleh kedua pemain ini. Dan saya pun langsung teringat bahwa rating atribut Teamwork dan Work Rate dari Joe Gelhardt ini cukup bagus untuk ukuran pemain muda dan ia bisa membuktikannya pada pertandingan melawan Aston Villa ini.

Pertandingan pun dimulai dari babak kedua dan langsung saja saya memberitahukan kepada kalian bahwa hasil akhir dari pertandingan antara Leeds United vs Aston Villa ini adalah 3-3.

Lalu bagaimana dengan penampilan keseluruhan yang ditampilkan oleh Joe Gelhardt pada pertandingan ini?

Saya harus katakan ia adalah penyelamat dari kekalahan saya ketika melawan Aston Villa di pertandingan uji coba ini. Hingga menit ke-70, tim kami masih tertinggal dari Aston Villa dengan skor 2-3. Akhirnya gol penyama kedudukan pun akhirnya kami dapatkan.

Berawal dari pergerakan Overlap yang dilakukan oleh Alioski yang menyusur sisi penyerangan sebelah kiri, ia langsung melepaskan umpan Crossing ke area kotak penalti dari Aston Villa. Dan disana, Joe Gelhardt melakukan pergerakan tanpa bola yang sangat hingga ia tidak dikawal oleh pemain lawan dan akhirnya Gelhardt dapat memasukkan bola dari hasil umpan Alioski ke gawang Emi Martinez. Hingga akhir pertandingan skor 3-3 tetap bertahan dalam laga ujicoba ini.

Melihat hasil ini saya pun sangat yakin bahwa Joe Gelhardt memiliki kemampuan yang sangat bagus ketika ia berada di kotak penalti lawan. Selain ia mencetak gol, Gelhardt sebelumnya juga mencatatkan satu Assist untuk gol kedua kami.

Berdasarkan statistik Passing, Gelhardt tercatat melakukan total 25 Passing yang dimana sebesar 96%. Dari Passing ini, ia berhasil membuat 4 Key Passes. Dan untuk akurasi Passingnya statistik Shootingnya, ia mencatatkan total 3 Shoot yang dimana 1 Shootnya ini berhasil ia konversikan menjadi sebuah gol.

Dan pada akhir pertandingan, Gelhardt mendapatkan rating bermain sebesar 7,8. Walaupun bukan sebagai Man of The Match namun ratingnya termasuk yang paling tinggi diantara pemain lainnya.

Satu gol serta satu Assist yang ia catatkan merupakan sebuah performa individu yang sangat baik bagi Joe Gelhardt. Melihat atribut yang ia miliki saya rasa Gelhardt sudah bisa membuktikan bahwa ia memang layak untuk dapat kesempatan menjadi penyerang utama di Leeds United.

Usianya yang masih muda tentunya hal ini menjadi harapan bagi Timnas Inggris nantinya di masa depan karena saya yakin jika Gelhardt diberi kesempatan menit bermain yang banyak serta dikembangkan dengan sebaik mungkin maka ia bisa menjadi penyerang kelas dunia yang berasal dari Inggris.

Tentu hal ini tergantung dari setiap keputusan dari kalian sebagai manajer apakah Joe Gelhardt siap untuk diberikan kesempatan sebagai starter di setiap pertandingan atau dengan memberikan porsi menit bermain yang sudah sewajarnya diberikan oleh pemain muda yang memang dirasa memiliki bakat serta kemampuan yang mumpuni (Contohnya seperti Pedri dan Ansu Fati).

Berikut dari artikel yang saya buat, mungkin di lain waktu nanti saya akan mencari lagi pemain mana saja yang bisa saya sebut sebagai Potential Wonderkid Player dan membuat artikel lagi seperti ini. Sekian dan terima kasih.

Penulis: @bolagawai


follow me @Rtupoke and the Fan Page or subscribe this blog ya FM Lovers. Keep Sharing//