Ditulis oleh : RandiB

Kamu juga ingin tulisan tentang Football Managermu dimuat di Artupoke.com, cek dimari !

Loan Manager adalah salah satu staf yang bekerja di balik sebuah tim di Football Manager. Peran yang baru diperkenalkan sejak FM20 tersebut cukup membantu kamu sebagai pelatih kepala.

Lalu, apa itu Loan Manager? Bagaimana peran dan fungsinya di dalam tim? Melalui aritkel ini, kita akan membahas peran Loan Manager di Football Manager. Simak.

Loan Manager di Football Manager

Apa tugas Loan Manager?

Loan Manager adalah bagian dari staf pengembangan dan perekrutan yaitu, bertugas sebagai manajer yang mengelola pemain yang akan dipinjamkan klub ke luar.

Sederhananya, Loan Manajer akan menerima proposal pinjaman pemain dari klub lain, ia juga bertanggung jawab mencarikan pemain klub, khususnya pemain muda yang sesuai dengan perkembangan pemain tersebut sebagai pinjaman.

Hal tersebut menjadi win-win solution antara klub dan sang pemain. Klub bisa monitoring perkembangan pemain di klub lain, sedangkan pemain bisa menambah jam terbang lewat bermain di klub lain.

Dalam dunia nyata, Chelsea menjadi salah satu klub yang berhasil menerapkan pola pemain pinjaman pemain sejauh ini. The Blues terkenal dengan aktivitas besar mereka di pasar pinjaman karena mengirimkan setidaknya 30 pemain pinjaman setiap musim.

Beberapa alumni pemain pinjaman yang kini menjadi reguler sebut saja Mason Mount, Callum Hudson Odoi, hingga Reece James.

Ini belum termasuk dengan beberapa pemain pinjaman yang bersinar di klub lain pada musim 2021-2022, yaitu Conor Gallagher dan Valentino Livramento.

Atribut Utama Loan Manager

Setidaknya ada empat atribut utama yang dibutuhkan seorang Loan Manager di Football Manager:

a. Analysing Data

b. Man Management

c. Judging Player Ability

d. Judging Player Potential

Analysis Data:

Kemampuan Analis data untuk memahami data mengenai pemain individu atau tim, dari data tersebut Loan Manager bisa merangkum kemampuan dan perkembangan pemain melalui data.

Man Management:

Atribut ini mengukur seberapa baik Loan Manager dalam menangani orang-orang di sekitar mereka dan khususnya di bawah mereka. Rating yang lebih tinggi mencerminkan seseorang yang mampu memimpin sebuah kelompok.

Judging Player Ability

Karena bekerja dengan pemain muda, kemampuan ini dibutuhkan karena mampu menilai kapasitas dan kapabilitas pemain  saat ini.

Judging Player Potential

Begitu juga, melalui atribut ini, Loan Manager dapat menilai kemampuan dan potensi pemain di masa depan.

Lacak pemain pinjaman di Development Centre

Kamu dapat menemukan semua informasi yang kamu butuhkan mengenai pemain pinjaman kamu di Pusat Pengembangan.

Kondisi pemain yang dipinjamkan

Untuk mengetahui perkembangan pemain yang tengah dipinjamkan, kamu dapat mengeceknya melalui tab pinjaman. Via tab itu juga kamu bisa menerima informasi tambahan pemain, seperti:

a. Kontrak pinjaman

b. Klausul pinjaman

c. Kondisi/moral pemain

d. Performa (statistik) saat ini

Laporan pemain pinjaman

Loan Manager secara rutin mengirim laporan pemain pinjaman melalui inbox manajer. Dalam laporan itu, kamu akan mendapatkan informasi berupa ringkasan.

Ringkasan tersebut biasanya berkaitan dengan performa mingguan pemain. Jika pemain melewati pertandingan yang memuaskan, maka ia akan menandai khusus performa pemain tersebut. Begitu juga sebaliknya, jika pemain melewati hari yang sial maka akan ditandai khusus melalui inbox.

**

Sama seperti Direktur Teknik atau Direktur Sepak Bola , Loan Manager atau Manajer Pinjaman perannya tidak terlalu krusial di dalam sebuah tim dalam Football Manager.

Namun, dia dapat membuat hidup kamu sebagai manajer lebih mudah jika kamu mempertimbangkan untuk menggunakan perannya sebagai pengembangan pemain atau hanya menghasilkan uang melalui biaya pinjaman.

Sebagai contoh Chelsea, mereka memiliki 32 pemain yang dipinjamkan untuk disekolahkan di tim lain. Loan Manager adalah salah satu solusi pengembangan pemain muda yang ada di tim.


follow me @Rtupoke and the Fan Page or subscribe this blog ya FM Lovers. Keep Sharing//