Ditulis oleh : @FMGaruda / @matteomyth

Kamu juga ingin tulisan tentang Football Managermu dimuat di Artupoke.com, cek dimari !

Pada laman ini, kita akan membahas bagaimana cara mengganti karakter Press Officer dan Player Liaison Officer klub. Hal ini mungkin terlihat sebagai suatu hal yang remeh, tidak penting dan bukan menjadi kepentingan utama bagi banyak manager. Namun dengan personalisasi terhadap Press Officer dan Player Liaison Officer, kita para manager dapat memperoleh sensasi yang unik dalam bermain gim Football Manager. Kita dapat memilih untuk memasukkan nama bapak, ibu, kakak, adik, sahabat, artis, pasangan atau bahkan seseorang yang kita idam-idamkan ke dalam gim Football Manager.

Jika teman-teman menyadari, ada tiga staf pendukung di luar jajaran staf pelatih, staf rekrutmen atau staf medis yang membantu keseharian kita sebagai manager. Peran ketiga staf pendukung tersebut diperoleh melalui pesan yang dapat kita baca di kotak masuk atau inbox. Ketiga staf pendukung tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Press Officer, yang bertugas menemani manager dalam konferensi pers, merangkum hasil konferensi pers, memberikan update informasi mengenai pemberitaan klub di liga, pemberitaan tentang pemain-pemain kita yang mengalami cedera atau berprestasi di tingkat internasional, rumor bursa transfer, dan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan media.
  2. Player Liaison Officer, yang bertugas memberikan informasi terkait pemain yang tidak bahagia, penerapan disiplin terhadap pemain yang mendapatkan kartu merah langsung atau akumulasi kartu kuning, dan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan situasi pemain-pemain yang ada di klub kita.
  3. Personal Assistant, yang bertugas untuk memberi informasi terkait pribadi manager, pemain-pemain yang dipanggil ke tim nasional, pemain atau staf yang telah menyelesaikan kursus Bahasa, dan hal-hal lainnya yang tidak berkaitan dengan media dan situasi pemain.

Berbeda dengan dua staf pendukung lainnya, Personal Assistant akan mengikuti kita kemanapun kita berpindah-pindah klub. Sementara itu, Press Officer dan Player Liaison Officer akan tetap berada di klub meskipun kita mengundurkan diri sebagai manager atau menerima tawaran dari klub lain. Disini kita tidak akan membahas Personal Assistant karena belum ditemukan cara untuk melakukan personalisasi atas karakter yang berada di posisi tersebut.

Ada dua hal yang dapat kita personalisasikan pada Press Officer dan Player Liaison Officer yaitu nama dan jenis kelamin. Para manager mungkin memiliki kecenderungan yang berbeda dalam memilih namun hal tersebut bersifat random pada pengaturan bawaan gim Football Manager.

Tahap Pertama

Hal pertama yang harus kita lakukan adalah masuk ke folder yang menyimpan file database permainan. Silakan teman-teman menuju folder di bawah ini:

  1. Untuk pengguna Windows dengan platform Steam

C:\Program Files (x86)\Steam\steamapps\common\Football Manager 2021\data\database\db\2140\edt\permanent

  • Untuk pengguna Windows dengan platform Epic Games

C:\Program Files\Epic Games\FootballManager2021\data\database\db\2140\edt\permanent

Kemudian cari file “support_staff.edt” dan buka file tersebut menggunakan aplikasi Notepad.

Tahap Kedua

Para manager agar menentukan hal-hal berikut ini:

  1. Tentukan klub yang ingin para manager mainkan di gim Football Manager. Jika ingin melatih lebih dari satu klub dalam satu save file yang sama diperbolehkan. Jika ingin berpindah-pindah klub dengan menggunakan karakter manager yang sama juga diperbolehkan.
  2. Tentukan nama Press Officer dan Player Liaison Officer yang ingin dipersonalisasikan. Perlu diketahui bahwa Press Officer akan muncul di dalam gim lebih sering dibandingkan dengan Player Liaison Officer. Jadi pastikan orang yang menjadi Press Officer adalah orang favorit kita, lebih favorit ketimbang orang yang akan menjadi Player Liaison Officer.
  3. Tentukan jenis kelamin Press Officer dan Player Liasion Officer yang ingin dipersonalisasikan. Jangan sampai terdapat kesalahan penggunaan nama pria namun jenis kelamin wanita. Hal ini tentunya akan merusak mood para manager dalam bermain.

Tahap Ketiga

Masukan data personalisasi yang para manager inginkan dengan format sebagai berikut:

  1. Press Officer

“STARTING_SUPPORT_STAFF” “PRESS_OFFICER” “NAMA KLUB YANG INGIN DIMAINKAN” “NAMA DEPAN” “NAMA BELAKANG” “JENIS KELAMIN” “”

Contoh untuk Press Officer dengan jenis kelamin pria dengan klub Arsenal

“STARTING_SUPPORT_STAFF” “PRESS_OFFICER” “Arsenal” “Bima” “Sinung” “MALE” “”

Contoh untuk Press Officer dengan jenis kelamin wanita dengan klub Inter Milan

“STARTING_SUPPORT_STAFF” “PRESS_OFFICER” “Inter” “Liana” “Tasno” “FEMALE” “”

  • Player Liaison Officer

“STARTING_SUPPORT_STAFF” ” PLAYER_LIAISON_OFFICER ” “KLUB YANG INGIN DIMAINKAN” “NAMA DEPAN” “NAMA BELAKANG” “JENIS KELAMIN” “”

Contoh untuk Player Liaison Officer dengan jenis kelamin pria dengan klub Arsenal

“STARTING_SUPPORT_STAFF” “PLAYER_LIAISON_OFFICER” “Arsenal” “Arto” “Nafarain” “MALE” “”

Contoh untuk Player Liaison Officer dengan jenis kelamin wanita dengan klub Inter Milan

“STARTING_SUPPORT_STAFF” “PLAYER_LIAISON_OFFICER” “Inter” “Gasya” “Karen” “FEMALE” “”

Untuk lebih jelasnya teman-teman dapat melihat tampilan layar di bawah ini:

Data ini dapat ditambahkan ke klub lainnya sebanyak yang kita inginkan. Terutama jika para manager memiliki tujuan untuk bermain sebagai manager “journeyman” yang sering berpindah-pindah klub. Setelah data-data dimasukkan ke dalam file “support_staff.edt” maka simpan data tersebut dan tutup aplikasi Notepad.

Demikian panduan cara melakukan personalisasi karakter pada Press Officer dan Player Liaison Officer di gim Football Manager. Perubahan data yang dilakukan tidak akan berdampak pada Save yang sudah dimainkan. Oleh sebab itu, para manager harus memulai kembali (New Save) mode karir (Career) agar perubahan yang dilakukan dapat muncul di gim Football Manager. Mari kita membuat New Save seperti tampilan di bawah ini:

Press Officer

Player Liaison Officer

Sebenarnya ada satu personalisasi lagi yang dapat dilakukan yaitu menambahkan foto Press Officer dan Player Liaison Officer. Cara melakukan personalisasi tersebut akan saya sampaikan pada artikel tips berikutnya.

Selamat bermain Football Manager, stay safe, tetap sehat dan mari kita #dirumahaja .


follow me @Rtupoke and the Fan Page or subscribe this blog ya FM Lovers. Keep Sharing//