Ditulis oleh : Audikul

Kamu juga ingin tulisan tentang Football Managermu dimuat di Artupoke.com, cek dimari !

Ini Artikel perdana saya dengan tujuan hanya untuk sharing ke sesama Football Manager Lovers di forum ini. Sebelumnya sudah dishare oleh diri sendiri melalui thread di Twitter. Mungkin melalui artikel bisa lebih baik lagi penjelasannya dibandingkan melalui thread karena memang keterbatasan kata dan juga ada penambahan yang sebelumnya belum dijelaskan.

Ini semua menurut sepengalaman saya bermain Football Manager dari 2007 (Kelas 2 SMA kalau tidak salah), jika ada
perbedaan, sanggahan, kekurangan mohon maaf dan dimaklumi. ditambahkan juga saya bersyukur sekali. Mungkin
masih banyak dari Football Manager Lovers yang punya pengalaman dan knowledge lebih dari yang saya punya saat ini.

Strategi atau Trik atau Tips ini bisa dipakai semua jenis Football Manager ya.

Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih kepada Blognya Football Manager Lovers (Artupoke) yang mempunyai wadah atau forum sharing seputar Football Manager dan juga bisa memberikan kesempatan kepada saya atau Football Manager Lovers lainnya untuk berkontribusi didalamnya.

oke kita mulai aja ya. karena saya menggunakan Football Manager versi iPad 2020 jadi saya pakai contoh (display dll)
versi Football Manager ini. nanti akan dishare juga untuk Football Manager versi Desktop/Personal Computer. Mudah-mudahan saya punya waktu untuk membuatnya. Pertama-tama saya ingin memberikan penjelasan mengapa Youth Development ini sangat penting. Apakah kalian tipe pemain Football Manager yang gemar menggunakan “Youth Players” juga? Atau tipe “instant” menggunakan pemain “Jadi”. Jika kalian tipe yang fokus kepada “Youth Players” mungkin bisa cermati hal-hal ini agar youth developmentnya berjalan dengan baik.

Jika kalian mempunyai wonderkid player namun gagal dalam proses youth development, jangan harap bisa dapat “Lima Bintang” nantinya.

Oke, sebelum melaksanakan proses youth development, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum mendatangkan/ membeli/promote pemain muda yang potentialnya tinggi :

1. Coach

Di Football Manager versi Mobile, masalah kepelatihan ini menurut saya terlalu sederhana, kita hanya merekrut pelatih
berdasarkan beberapa kategori:

  • Badge
  • Specialty
  • Aptitude
  • Faktor Lain (Umur, jumlah caps di timnas, nationality, dsb)

sementara di Football Manager versi Desktop/Personal Computer jauh lebih kompleks. Sebelum masuk ke tips, saya jelaskan terlebih dahulu ya kategori-kategori tersebut di atas:

Badge
Badge kalau di film-film itu lencana ya. Ya kurang lebih seperti lencana yang menandakan status level kepelatihan dari pelatih tersebut. Jika di Football Manager versi mobile ada 3 kategori: Bronze, Silver dan Gold.

Sudah jelas ya level bronze sampai Gold, bronze level paling rendah dan gold level paling tinggi. Biasanya level gold agak sulit dihire jika club yang kalian pakai bermain di bawah divisi utama. Jadi mereka juga tidak bisa dengan mudah dihire. Tetapi, Apakah pelatih dengan badge gold lebih baik dari badge bronze dan badge silver? Iya pastinya.
Kemudian, Apakah pelatih dengan badge gold bisa membuat youth player mendapatkan potensi yang maksimal? Belum tentu, hehe 🙂

Specialty
Specialty adalah kemampuan khusus yang dimiliki oleh pelatih tersebut. Ada beberapa kategori specialty:

Defensive : Keahlian dalam bertahan
Youth : Keahlian dalam menangani pemain muda atau biasa melatih squad reserve atau U-18
Motivational : Keahlian dalam menangani emosi dan mental pemain
General : Mempunyai beberapa keahlian, biasanya jika slot pelatih terbatas maka pelatih dengan specialty general perlu diperhatikan. Di versi desktop, pelatih dengan specialty general ini lebih menitikberatkan dalam kemampuan manajerial, bisa dijadikan opsi untuk menjadi assistant manager.

Attacking : Mempunyai keahlian dalam menyerang
Goalkeeping : Melatih penjaga gawang/kiper
Fitness : Mempunyai keahlian dalam menangai rehabilitas pemain akibat cedera dan kebugaran pemain

Aptitude : Aptitude adalah tingkat kecerdasan atau kemapuan pelatih dalam melakukan pekerjaannya. Aptitude terdiri dari 3 point,

  • Poor : Level ini dimana pelatih sepertinya tidak memiliki pengalaman bermain langsung di lapangan atau menjadi pemain bola professional. pengetahuannya hanya berdasarkan studi atau teori saja.
  • Normal : Level normal dimana pelatih memiliki pengetahuan dan pengalaman menjadi pemain professional.
  • Natural : Level natural dimana pelatih mempunyai bakat yang alami dalam melakukan coaching, pelatih dengan level ini biasanya mempunyai pengalaman bermain di level tinggi di club maupun tim nasional saat menjadi pemain sepak bola professional

Faktor Lain Umur Pelatih, Jumlah Caps di Timnas (Jika Ada), Nationality juga agak berpengaruh dalam proses youth development. Hanya saja, menurut saya untuk Football Manager versi Mobile hanya mempertimbangkan umur, jika versi desktop/personal computer jumlah caps di timnas juga butuh untuk dipertimbangkan.

Oke, semuanya sudah dijelaskan satu per satu, sekarang kita masuk ke intinya bagaimana pelatih menjadi salah satu pilar penting dalam proses youth development.

Tips Versi Mobile, Coach yang perlu dihire:

  • Cari Badge Tertinggi
    Sudah pasti pelatih yang mempunyai badge gold jauh lebih berkualitas dibanding yang lainnya. hanya kalau bukan klub besar, mereka tidak akan tertarik untuk dihire. prioritas pertama jika pegang klub besar. jika handle klub kecil usahakan cari badge tertinggi yang minat dengan klub tersebut tentunya. pengalaman pernah handle klub div 2 pinjem wonderkid terus jadi permanent tetep fulfilled potential levelnya. tetep works.
  • Specialty sesuai dengan kebutuhan
    Carilah pelatih dengan specialty sesuai dengan kebutuhan dan posisi pemain muda tersebut. Tapi kembali lagi dengan
    kebutuhan dan keseimbangan club. Jika slot terbatas, carilah pelatih dengan specialty general untuk mengakomidir semua kebutuhan.
  • Aptitude Natural
    ini lebih penting menurut saya, biasanya pelatih dengan aptitude natural lebih muda dekat dengan pemain muda dan mereka akan mengikuti advise dari pelatih ini untuk diikuti dan kelangsungan development mereka berjalan dengan baik.
  • Cari pelatih dengan umur yang paling tua
    Umur menurut saya juga mempunyai andil Dalam kelangsungan development mereka, pemain muda akan merasa nyaman dan respek dilatih oleh pelatih-pelatih ini. Hal ini bisa dibuktikan dengan testimoni dari training report pemain
    tersebut. Tidak jarang pula menjadikannya sebagai favorit person. Contoh saat ini saya hire pelatih dengan badge gold semua dengan aptitude natural dan normal, karena keterbatasan slot. Saya hanya gunakan 4 specialty, karena tipe lain sampai saat ini belum merasakan manfaatnya Terutama specialty youth. Karena kembali lagi football manager versi mobile ini cenderung sederhana jadi banyak variabel-variabel yang dibuat general sehingga menghilangkan kesan kompleks. Kalau versi desktop atau personal computer, masih banyak hal yang harus diperhatikan dalam menunjang proses development pemain muda.

Salah satunya kita bisa mengatur workload setiap pemain di menu training, melakukan pengaturan masing-masing atribut pemain. peran coach penting banget di sini. nanti akan dibuatkan lagi secara terpisah untuk versi desktop atau personal computer. Karena bermain football manager di personal computer terkendala sibuk di pekerjaan. Mudah-mudahan ada waktu senggang.

Kembali lagi ke coach, intinya versi mobile jauh lebih sederhana, atribut pemain juga banyak yang disimplifikasikan. sehingga pengaturannya pun jauh lebih mudah. untuk kriteria lain seperti asal negara dan umur tidak berpengaruh. Kalau di versi desktop atau personal computer kita bisa hire dan nego gaji pelatih tersebut, sementara versi mobilenya tidak ada. Padahal lumayan seru juga jika ada variabel gaji, agar terlihat nyata dalam menangani sebuah club.

2. Training Facilities

Mungkin semua orang sudah tahu, dalam proses development seperti daily training, meskipun kalian sudah mempunyai pelatih top, sangat percuma kalau tidak ada fasilitas training yang memadai. sama saja nihil hasilnya. Mungkin terlalu sarkas, yang pasti fulfillmentnya tidak terpenuhi. menurut saya ini jauh jauh lebih penting dibandingkan dengan membeli pemain top (khusus user yang punya filosofi opa wenger, mengembangkan bakat akademi atau pemain muda).

Di versi mobile ada dua training facilities:

  • First Team Training Facilities
    Training facilities dikhususkan untuk squad utama dan reserved atau second team. Jika kalian memiliki youth player yang dipromosikan ke squad reserved atau first team, otomatis digembleng di first team training facilites. Sayangnya di versi mobile, pengkategorian terlalu general. Jika di versi desktop atau personal computer, sebuah club memiliki 3-4 level squad. Dari U-18, U-21, U-23, Reserves, dan First Team. Tingkat level dari first team training facilities, urutan dari paling tinggi:
    A. State of the art
    B. Excellent
    C. Impressive
    D. Superb
    E. Good
    F. Below Average
    G. Basic
    H. Poor
  • Youth Team Training Facilities
    Fasilitas yang dikhususkan untuk youth team atau U-18 squad, sayangnya kita tidak bisa melihat squad U-18 di versi mobile ini. Tingkat level dari youth team training facilities, urutan dari paling tinggi:
    A. Top
    B. Excellent
    C. Great
    D. Superb
    E. Good
    F. Below Average
    G. Basic
    H. Poor
    Jika kalian tipe pemain yang setiap tahun menuntut management untuk increase budget transfer, please jangan dilakukan lagi. Untung saja tidak ada pemecatan di versi mobile, kalau di versi desktop atau personal computer, kalian bisa kena Pemutusan Hubungan Kerja alias PHK, Hahaha. Jika memiliki kesempatan dan budget transfer sisa, pastikan
    kalian ajukan upgrade training facilites terlebih dahulu, atau kalian bisa alokasikan dahulu untuk upgrade facilities, sepertinya hanya menghabiskan beberapa juta dollar saja. dan pastikan juga kalian upgrade setinggi-tingginya hingga mentok atau maksimum levelnya sampai kalian tidak bisa request lagi.

Kalian jangan salah fokus di budget transfer yaaa. itu akan menjadi hasil jerih payah jika Kalian bisa menjual pemain muda potensial dengan nilai transfer yang sangat besar. Seperti prinsip Arsenal di zaman Opa Wenger. Hanya saja perbedaannya dengan yang di Football Manager ini uangnya bukan buat bayar cicilan stadium, hahaha.

For your information aja: tidak semua pemain potensinya bisa terpenuhi, tergantung kalian yang pakainya bagaimana, meskipun pelatih dan fasilitasnya TOP BGT. Hehehe pengajuan peningkatan fasilitas training umumnya sama antara versi mobile dengan versi desktop atau personal computer, dan biasanya pengajuan setahun sekali, lebih dari itu biasanya management tidak approve.

Tips tambahan, agar pengajuan upgrade facilities selalu disetujui: jangan belanja pemain sebelum request, pastikan selalu request setiap awal musim hingga mencapai level maksimum/ mentok, kemudian kondisi keuangan juga diperhatikan, kalau finance bar selalu hijau dan budget transfer pemain belum dipakai dipastikan approved.


Kalau dilihat gambar atau screenshot di atas, Board selalu tidak happy dengan kegiatan transfer kita. Meskipun pemain mudah potensial, tetap saja dapatnya bar merah terus. Sepertinya management maunya pemain jadi terus. Hahaha.

To be continued… masih banyak next chapternya.

Stay tuned guys. Having so tightly time right now

follow me @Rtupoke and the Fan Page or subscribe this blog ya FM Lovers. Keep Sharing//