Ditulis oleh : Ganny Ruslan Putra

Tulisan ini adalah kiriman dari FMLovers yang dimaksudkan untuk kompetisi #FMLoversStory dengan hadiah Football Manager 2015 Gratis :D. Follow @Rtupoke untuk info lebih lanjut.

Nama saya Ganny. 23 tahun. Delapan tahun sudah sampai 2014 ini saya bermain football manager. Sejak kelas SMP saya diperkenalkan football manager 2006 oleh kakak sepupuku. Awalnya saya tidak mengerti bagaimana bermainnya, menyusun taktiknya, latihannya gimana, dan transfernya gimana. Kakak sepupu saya mengajarkan semua fitur dari football manager awalnya cukup membosankan sih hanya memperhatikan pertandingan. Lama-kelamaan saya mulai menikmati pertandingannya. Rasanya sulit sekali memenangkan sebuah pertandingan. Dan sejak itu saya mulai addict dengan football manager.

Saya tidak pernah bermain football manager dengan waktu yang panjang. Di Football Manager 2006 saja saya hanya sanggup bermain hingga 2015 saja. Saya sudah menikmati perubahan pertandingan-pertandingan yang ada. Mulai dari pertandingan yang seperti kancing menggiring bola sampai pertandingan 3D. Dari taktik yang slide sampai taktik yang menggunakan instruksi. Saya memang Football Manager addict dan spesialis tim-tim kecil atau tim-tim medioker. Awal bermain dengan tim medioker yaitu saya mencoba Tottenham Hotspur waktu masih jaman-jamannya masih ada Dimitar Berbatov. Bersama Tottenham saya mendapatkan dua titel liga inggris, satu piala Euro Cup, satu piala champions league, dan satu piala dunia antar klub. Sejak saat itu Tottenham Hotspur menjadi tim favorit saya sampai saat ini. Lalu saya juga pernah memakai Persib Bandung mendapatkan titel liga Indonesia tiga kali berturut-turut, dua piala liga champions asia, dan satu piala dunia antar klub. Satu yang membanggakan saya adalah meraih piala dunia bersama timnas Indonesia, walaupun hanya di dunia virtual tapi sangat membanggakan.

Perubahan dari football manager membuat semakin banyak tantangannya. Misalnya saja sejak football manager 2010 pertandingan-pertandingan yang dimainkan dan kemampuan para pemainnya semakin sulit saja sampai football manager 2014 sekarang ini. Kesulitan di football manager 2013 dan 2014 adalah kreativitas mengolah taktik yang ada, karena kita tidak bisa asal buat taktik saja. Bukan hanya itu lawan-lawannya pun semakin sulit. Disitulah tantangan yang selalu dihadirkan Sport Interactive dalam membuat fooball manager selalu disukai. 2010 saya mulai mengenal wonderkids. Pemain-pemain muda yang bisa mempunyai andil besar dalam tim. Dari situ saya mulai punya gaya dalam rekruitmen pemain. Mengembangkan pemain muda yang ada di skuat U-18. Merubah pemain bukan pahlawan menjadi seorang pahlawan. Dan di 2014 saya punya tactic style saya sendiri seperti pelatih-pelatih hebat di dunia nyata.

Kebanyakan teman-teman dan saudara saya yang memainkan ini adalah manusia-manusia kreatif yang bisa mengkreasikan taktik mereka sendiri. Emang awalnya pasti copy-paste dari taktik orang lain. Seiring semakin tingginya jam terbang dari bermain football manager, saya mulai belajar dari Guide to Football Manager. Akhirnya, saya bisa berkreasi membuat karakter bermain. Memang awalnya gagal, tapi saya mencoba dan mencoba. Akhirnya baru baru ini saya bisa memainkan sepak bola saya sendiri dengan membuat taktik 3-5-2 saat menyerang dan 5-3-2 saat bertahan. Dengan taktik itu saya mendapatkan satu titel FA Cup dan satu titel community shield dengan West Bromwich Albion (WBA).

Football Manager 2015 adalah yang kesepuluh, yang bakal release dalam waktu dekat. Berharap banget punya Football Manager yang asli, yang original. Mencoba tantangan baru dengan yang baru. Pasti banyak perubahan yang akan dihadirkan di football manager 2015, dan tantangan yang diberikan akan semakin banyak. Yang jelas Football Manager membawa saya kearah yang cukup positif, mengasah kreativitas, dan yang pasti akan membuat pertandingan semakin rumit. I can’t wait to play football manager 2015.

By: @RgannyRp