FM Lovers,

Artikel ini juga dimuat di Magazine @id_fm edisi ke 2. Mau baca artikel artikel lain di Id_FM Magazine ? ke sini ya http://fm-indo.blogspot.com/p/magazine-idfm.html

Hai FMLovers,
Dalam rangka untuk menghangatkan bakal rilisnya Football Manager 2014 yang artinya bakal meluncurkan edisi ke Sepuluhnya sejak rilisnya Football Manager 2005. Izinkan saya kali ini untuk sedikit sharing tentang Football Manager .

Tak bisa dipungkiri, sampai tulisan ini dibuat. Edisi Football Manager masih menjadi pemimpin terdepan di genre football management simulation. Bisa dibilang, hampir tidak ada game dengan genre yang sama yang mampu menyaingi keperkasaan Football Manager. Di setiap tahun edisi baru Football Manager diterbitkan,hampir tidak ada developer selain Sport Interactive yang berani untuk ikut terjun di genre ini. Yah, mungkin ada Eidos yang meneruskan seri CM, tapi berhenti di CM11 (dan itu pun hanya untuk Apple iOS).

Football Manager seperti yang kita biasa mainkan ini, kita ketahui bersama adalah pengembangan dari franchise Champhionship Manager. Hasil kolaborasi Eidos dan Sports interactive yang akhirnya pecah kongsi pada tahun 2004, Para sesepuh FMLovers pasti ingat pada tahun tersebut, terbit dua game dengan genre yang sama bernama CM 5 dan Football Manager 2005.

Btw, sebelum kita berbicara jauh ke depan. Ada yang tahu bahwa sebenarnya game dengan judul Football Manager sendiri sudah ada tahun 1982 ? Walau bisa dibilang hampir nggak ada hubungannya sama sekali dengan versi FM yang kita kenal sekarang.

clip_image002

Yup, judulnya memang sama tapi ini beda, dibuat jauh sebelum kebanyakan FMlovers lahir. Yang akhirnya dibeli hak untuk memakai judul tersebut oleh pihak SIGames untuk meneruskan engine yang dikembangkan bersama Eidos sebelumnya, dan menjadi Football Manager seperti yang kita kenal selama ini. Maka, kesempatan ini kita ngomong yg versi 2005 aja ya.

Jika kita membicarakan apa yang membuat game ini begitu membekas kesannya saat kita bermain, tentunya kita semua setuju dengan database klub dan pemain yang bisa dibilang sangat besar dan detail. Kurang lebih ada 51 negara, 117 liga, serta banyaknya data pemain dan staff yang bermain di klubnya masing masing, disajikan sesuai aktual dan detail. Hal ini ditambah juga dengan banyaknya informasi yang sebenarnya kecil tetapi malah semakin menguatkan kesan kita atas kedekatannya dengan dunia nyata. Seperti profil klub dan pemain, sampai data tanggal lahir, tinggi dan berat juga tidak luput menjadi data yang dimasukkan ke game ini. Setiap edisi makin meningkatkan kedekatannya di dunia nyata seperti sistem transfer dan negosiasi yang terus berevolusi, mulai diperkenalkannya sistem agen, dan mulai diberlakukan Financial Fair Play makin menarik imajinasi kita sebagai seorang Manager Klub sepakbola, layaknya di dunia nyata.

continued in part 2……….

\\Follow me @Rtupoke or subscribe this blog ya FM Lovers. Keep Sharing//