FM Lovers,

image

Saat tulisan ini saya buat sudah mulai banyak blog blog Indonesia yang bertemakan game Football Manager. Banyak ? kalau mau ngomong masalah kuantitas jelas masih relatif, dibandingkan tahun 2009 saat saya mulai menulis artikel di blog saya tentang Football Manager. Saat itu mungkin saya hanya satu satunya dari ribuan blogger Indonesia yang mengangkat tema Football Manager. Kalau dibandingkan dengan saat ini sudah mulai menjamur Indonesian FM Blog. Hal ini bisa FMLovers lihat dari mulai nambahnya tautan di FMlinks saya. (bagi yang belum ikutan, kenalan ma tukar link ya ?!)

Sembari menyambut Football Manager 2013. Saya ingin mengajak para Football Manager Lovers untuk ikut meramaikan dunia blog tentang Football Manager. Mungkin hanya Football Managerlah satu satunya game yang bisa kita jadikan bahan untuk ngeblog. dan saya ingin para FMLovers menjadi ikut ambil bagian dari keunikan game ini sendiri. Saya yakin banyak (banyak-nya banyak) yang dari Indonesia yang suka main Football Manager, keknya kita bisa bikin kecamatan sendiri kalau dikumpulin :D.

Nah bagi yang ingin tertarik untuk ikutan buat blog, berikut ada e-book yang bisa FMlovers dapatkan di kiblatnya blog Football Manager saat ini yaitu True Football Manager. Judulnya adalah The Art of FM Blogging, karangan dari Vitaliy Mokosiy (@truefm) sendiri, author dari truefootballmanager blog dan John MacParland, author dari Celticman Blog.

image dan image

Pada ebook ini berisi beberapa pedoman dan tips dari pengarang apabila anda tertarik untuk bergabung di dunia blog Football Manager. Akan saya sadur buku tersebut dengan harapan makin banyak Football Manager blog di sini ya  :

1. Tentukan Gaya Tulisan Ngeblogmu !

Blogmu harus memililiki gaya tulisan yang khas. Gaya tulisan ini lah yang akan menentukan content blogmu. ada beberapa (saat tulisan dibuat, sepertinya hampir semua deh) FMBlog Indonesia yang bisa FMLovers ambil contoh :

  • Reflective – Blog dengan gaya tulisan ini menceritakan tentang perjalan karir seorang Football Manager di dunia gamenya. Kalau contohnya bisa dilihat di wannabemanager dan thefmlovers
  • Tips – Berisi informasi informasi berguna untuk pembaca. Contoh bisa dilihat di Blognya FMLovers, Blognya Football Manager atau di FM-Indo.
  • Analysis – Gaya bertutur di blog ini lebih fokus ke aspek teknis daripada cerita karirnya. Contohnya bisa dilihat di Possession Football yang menceritakan analisis taktik di dunia nyata dengan implementasinya di dunia Game.
  • Reporting – Blog yang menceritakan detail suatu pertandingan, transfer, kompetisi dan lainnya. Kalau dari Indonesia saya belum dapat ni (kalau ada yang merasa lapor ya 😀 ), tapi mungkin FMLvovers bisa lihat di Timbo’s blog

2. Konsisten dengan Gaya Tulisan yang telah anda pilih.

Intinya sih hal ini akan membuat pembaca anda langsung ngeh anda yang buat kalau melihat tulisan tersebut, atau kalau pembaca ingin mencari tahu sesuatu, dia akan langsung mencari blog anda sebagai referensi.

Tidak ada salahnya anda sedikit menambah atau menggabungkan beberapa gaya, tetapi yang penting. Try to make your story unique.

3. Blog itu tidak sekedar tulisan.

Tambahkan gambar ke tulisan anda. Ambil screenshot di game dan pajang di artikel yang anda buat. FMBlog tanpa screenshot, bagai sayur tanpa garam.

Bisa dengan menambahkan video yang diupload ke youtube. Goal-goal anda, blunder-blunder di game, dan lain lain.

image

4. Ngeblog itu Mudah dan gampang.

Nah bagi yang biasa ngeblog langsung di internet pakai web browser, ada cara yang mudah dan gampang. Apalagi yang OSnya Windows 7. Ini sudah program bawaannya sendiri, yaitu Windows Live Writer. Dan saya setelah baca e-book Art of FM Blogging tersebut, saya sudah mulai menjajal dan ternyata memang nikmat deh ngeblog pakai Live Writer 🙂

image

Dengan Windows live writer, kamu dapat membuat blog secara offline. Ya anggap saja sedang buat tulisan di Microsoft Word. Tetapi gampangnya sudah terintegrasi dengan blogmu yang nanti di publish setelah kamu mendapat koneksi internet.

Nah untuk PrintScreen gambar, silahkah gunakan program simple tapi berguna ini. PicPick. Program ini akan memudahkanmu mengambil screenshot dan tinggal copy paste saja ke Windows Live Writermu.

5. Jadwalkan penerbitan artikelmu sesuai yang kamu inginkan.

Karena setiap orang tentu memainkan FM dengan kecepatan yang berbeda-beda, begitu juga dengan ngeblog. ada beberapa pilihan :

  • Sesuaikan dengan periode di game.
    contoh dengan membuat blog setiap setengah musim atau 1 musim gamemu. atau setiap selesai 1 minggu, biar serasa jadi highlight mingguan.
  • Sesuaikan dengan periode di kehidupan nyata.
    Blogmu bercerita tentang apa yang kamu capai dalam permainan Football Manager mu selama minggu ini, bulan ini, dst.
  • Sporadis,
    Bebas tentukan waktu, ketika ada hal yang hebat di permainanmu yang ingin di share ke pembaca blogmu, atau saat ada yang ingin kamu sampaikan.

6. Balaslah Komentar.

Bangunlah hubungan yang baik dengan pembaca setiamu. ini juga alasan yang membuat blogmu dapat berjalan dua arah dan lebih kominikatif sehingga pembaca lebih merasa dekat dengan blogmu. Be Nice, bahkan ucapkan terima kasih :D. dan pada kesempatan ini saya jgua mau ucapkan : Terima kasih FMLovers karena sudah bersedia mampir ke blog ini ! Open-mouthed smile

7. Baca Blog Komentatormu.

Siapa tahu ada komentatormu yang juga punya blog. Jangan sungkan untuk ikut nimbrung baca blog mereka. Karena mereka jelas mempunyai salah satu ketertarikan yang sama dengan anda. Yaitu : Football Manager ! Tinggalkan komentar apabila ada yang ingin dibahas.

8. Buatlah Artikel Football Manager.

Anda bisa menarik pembaca blog tidak hanya dengan cerita gamemu. Salah satu trik yang paling efisien adalah membuat artikel tips yang berguna tentang Football Manager. Beberapa tips mungkin, seperti yang ada di blog ini :

Coba tebak siapa ini :D

9. Masukkan Websitemu di Profilemu.

Ketika anda berkomentar di blog yang lain. Namamu bisa di langsung menunjukkan alamat blogmu, hal ini bisa membuat orang tertarik untuk mengunjungi blogmu. Sering-seringlah berkunjung ke blog lain dan tinggalkan jejak 😀

10. Etiket

Sopan, Bersahabat, dan terbuka saat anda ngeblog atau saat meninggalkan komentar. Jika kamu disenangi oleh pembacamu, dengan sendirinya artikel kamu akan dinantikan oleh pembaca. Jika tidak, ya kabur deh.

11. Be Patient.

Yup sabar. Membuat dan menulis artikel yang bagus memerlukan waktu dan latihan. Membuat blog yang akan menarik pembaca tetap dan para komentator setia bahkan membutuhkan waktu lebih lama. Jadi jangan kecil hati jika kamu merasa tidak ada yang baca.

12. Tulislah yang menarik bagimu.

Tulislah apa yang sesuai kamu senangi. Apakah itu tentang karir di game atau hal hal yang berhubungan dengan Football Manager yang sesuai dengan passion menulis anda. Jangan bandingkan atau ikut-ikutan karena yang lain buat begitu. Blog anda adalah ekspresi anda.

13. Ingat, blog anda akan terbuka di baca siapa saja.

Blog anda akan berada di World Wide Web, yang artinya bisa dibaca siapa saja, kapan saja, dan dimana saja. Perlakukan menulis sebagai bagian dari profesionalitas, refleksi dari anda pribadi, dan jangan sungkan untuk edit artikel anda sampai anda bangga akan tulisan anda.

14. Capek Ngeblog ?

Ya, wajar sih. Bosan pasti ada : jangan terlalu frustasi kalau kamu mulai bosan menulis blog. Coba beberapa tips ini :

  • Buat target di game anda. dan umumkan di blog anda. Contohnya bisa dilihat di blogya om Vitaliy tentang targetnya di QPR.
  • Pancing komentar ! cobalah memberi pertanyaan di akhir tulisanmu untuk menarik komentar. Apalagi kalau ditambah 100 komentator pertama dapat Game Original gratis. Wuiiiih. Dijamiiin.
  • Perbanyak screenshots, ya ini triknya ngurangi kalimat yang ditulis. Cobalah beberapa kali (jangan keseringan juga ya, ntar jadi blog album photo. hehe)

15. Tambahan Tips Blogging.

coba lihat tips ngeblog (bukan hanya untuk blog Football Manager) di site ini :

16. Ambil insparasimu dari FM Blogs ini.

kalau merasa butuh inspirasi, silahkan kunjungi blog blog berikut :

atau beberapa dari FMBlog dari FMLovers indonesia seperti :

Well, tampaknya ini adalah artikel paling panjang saya seumur-umur saya ngeblog tentang Football Manager sampai saat ini. Akhir kata. Silahkan berkreasi dan buatlah Blog FM Indonesia lebih ramai, jadikan permainan football managermu tidak hanya cerita saja, tetapi juga jadi legenda. hehe, Seperti gambar dibawah ini.

2en251e

Silahkan di share artikel ini, dan jangan lupa tinggalkan komentar atau nama blog FM untuk saling berbagi cerita dan pengalaman ber Football Manager ria. nggak ada kamu nggak asyik !

Have a great Blog !

Sejumlah-Rekor-Juventus-di-Liga-Champions_duniasoccer615

\\follow me @Rtupoke or subscribe this blog ya FM Lovers. Keep Sharing//


Artikel ini merupakan saduran dari ebook Art of FM Blogging dengan beberapa perubahan yang baik sengaja maupun tidak sengaja yang tidak dimaksudkan untuk merubah isi dan maksud dari ebook Art of FM Blogging. Semua hak cipta dari ebook Art of FMblogging adalah dari pengarang aslinya yaitu vitaliy Mokosiy dan John McParland.

This article is an adaptation of the ebook Art of FM Blogging with some changes that either intentionally or unintentionally are not intended to alter the content and intent of the ebook Art of Blogging FM. All copyrights of the ebook Art of FMblogging is from the original author Vitaliy Mokosiy and John McParland.


Iklan