Halo FM Lovers,

Di postingan ke 100 blog ini, ane sengaja mau nostalgia ke salah satu game yang membuat ane menjadi seorang FM lover sekarang. Mungkin ada beberapa dari ente yang juga pernah ngerasain maen game ini. Namanya Ultimate Soccer Manager 98 (USM 98). Ya mungkin ada beberapa dari agan FM lovers yang pernah maenin ini.

Inilah salah satu yang membuka mata saya yang waktu itu masih SMP kelas 2 (tebak deh umur saya skrng) yang baru saja melek sepakbola. yang baru saja jatuh cinta kepada Juventus. menjadi tahu bahwa klub di dunia ini nggak hanya Juventus dengan Del-Pipponya saja, yaa betul, Cinta itu Buta saudara-saudara.

Saya masih ingat ketika sedang tingginya demam USM 98 ini. saya sampai ngumpulin para penggila bola di kelas saya untuk nanya siapa saja pemain pemain bola terkenal yang bakalan saya cari habis pulang sekolah di USM untuk jadi target transfer musim ini. Disanalah saya kenal siapa itu Hernan Crespo, Ulf Kristen, Alen Boksic, daniel Fonseca, Delvecchio, Diego Simeone, dll. Yaa betul, Dunia terasa tiba tiba menjadi luas.

Oke, cukup nostalgianya. Kalo FMLovers ingin tahu. Ultimate Soccer Manager adalah yang saya bisa bilang, termasuk game management sepakbola yang bener bener memiliki terobosan yang bener bener baru di zamannya, dan malah, game ini yang pertama kali memberikan visual pemain-pemain di lapangan seperti FM kita sekarang. walau hanya masih 2D atau 2,5D kalo dia bilang, entah apa maksudnya. But bayangkan betapa revolusionernya karena waktu itu Championship Manager saat itu sangat tidak menarik dimaenkan (bagi saya sih) karena hanya berupa komentator yang biking ngantuk liatnya. :p. Game ini dibuat oleh Sierra untuk MS-DOS dan Windows 95. Saya malah merasa game ini adalah salah satu kiblat untuk ide-ide yang dikembangkan di game FM saat ini.

Mode permainan ini seperti yang terlihat diatas ada 3 Mode. Mode Manager, Coach, dan World Challenge untuk memainkan negara. Game ini kelebihannya adalah seperti yang saya bilang di atas adalah visualnya yang paling maju. di zamannya. Kelebihan kelebihan lain yang mang laen dari game sejenis di zamannya yang saya catat antara lain adalah :

  • Visual game, seperti pertandingannya yang udah 2D/2,5D. dan tampilan menu menunya yang diadopsi oleh game CM dan FM saat ini karena sangat user-friendly. Beda ama CM saat tersebut yang sangat ribet maennya. (tulisan semua soalnya :p).
  • Business Gamenya lebih detail. FMlovers bisa setting harga tiket berapa, bisa milih sponsor (yup, akan ada beberapa merk yang (cukup) terkenal yang ingin menjalin kontrak kerjasama dengan anda). bahkan bisa improve stadium. walau modelnya itu itu aja, tapi sudah mencerminkan kecanggihan dan kapasitas stadion.
  • Taktik. kalau ente maenin FM 2006, udah mirip deh.
  • Set Pieces, nah ini yang sepertinya susah diterapin di game sekarang. karena AI disini sih ngga secanggih skrang. jadi gini, disini FMlovers bisa buat setpieces, jadi misal ente dari tendangan sudut, mesti oper ke si A, Si B dan C mesti gerak ke sini, terus A oper ke D, langsung tembak. kalo afdol gol deh.
  • udah ada ngobrol ma chairman, minta ini itu, ma tentang sponsorship.
  • ada fitur “bung” dan “bet”. kalo FMlovers pengen jadi manager licik, ente bisa maenin duit klub buat bertaruh, mau pertandingan ente ataupertandingan yang laen boleh, bahkan bisa nyogok lawan. tapi mesti hati2. kalo dia nolak dan ente paksa2. bisa bisa ente ketangkap. dan Game Over deh. tapi kalo berhasil sogokannya, 9-0, 11-0. bakal ente dapetin. mecolok banget dah.

Ada yang pernah maen Game ini ?

Tapi kenapa game ini nggak sebooming CM saat itu ? beberapa alasannya saat ini adalah :

  • banyak bug, jadi kalo sering keluar sih di beberapa fitur.
  • databasenya nggak yahud, jadi dari sisi jumlah pemain yang kedata, sama umur sering meleset ma aslinya.
  • dan dari sierranya juga keknya nggak fokus sih di game ini, karena peminatnya kurang.

Sekian kilasan dari saya. kalo pengen nostalgia, bisa liat screenshotnya disini.  So ada FMLovers yang pernah maeninnya ? atau share sekalian game Football Management apa yang pernah FMlovers maenin yang bisa buat ketagihan sampai sekarang ? :D. Silahkan comment kalau berkenan.

 

\\follow me @Rtupoke or subscribe this blog ya FM Lovers. Keep Sharing//