Beranda

Rambutan Goreng, Selai Nanas Goreng, Kurma Goreng…

2 Komentar

“Pu, ntar kalo pulang mudik, jangan lupa oleh olehnya yah ?”. Wah udah berapa orang yang bilang ke saya sebelum mudik. Makin Pusing juga saya, emang Jambi da oleh oleh gitu ? Setau saya makanan khas jambi cuma Tempoyak. Masak, bawain lauk, jadi oleh oleh. Kebayang gak saya bilang

“Oke temen temen, ni oleh olehnya, lauk tempoyak, ni nasinya. enak dimakan kalo pake kerupuk. Piringnya  cuma ada dua, jadi gantian ya ?”. Oleh oleh yang aneh.  Setelah saya tanya ke orangtua saya.

“tuh ada rambutan goreng ? bawain aja itu” Hah, rambutan di goreng, apa rasanya ?

Rasanya ? enak juga, manisnya…..gimana ya ? kentel manisnya. kalo kata pak Bondan itu, Mak Nyuss.

Rambutan Goreng ini merupakan, kreasi dari ibu ibu keturunan Bugis yang bermukim di desa Tangkit Baru. Daerah yang sekarang terkenal dengan penghasil pepaya dan nenas dari Jambi ini. Makanya gak heran kalo kreasi ini muncul. Bersamaan itu juga muncullah selai nanas, dan nanas goreng.Nanas Goreng, gak beda enaknya. Sama sama Maknyuss ! Nyesel awak gak bawa banyak. Tau gini bawa banyak buat sendiri 🙂

Karena bawa sedikit, dan baru tahu kenikmanatan panganan tersebut, makanya disorakin ma temen temen. ” Apaan sih pu, ngasih oleh oleh tapi dimakanin sendiri “. Saya pun hanya tersenyum dan tersipu…

Buat yg hobby makan gorengan…

5 Komentar

Ini ada pengalaman dari temen, mudah-mudahan berguna :

Temenku punya pengalaman juga, waktu beli pecel lele di daerah Jakarta selatan,
ternyata abangnya tidak menuangkan minyak goreng yang masih diplastik ke
penggorengan. Tapi malah meletakkan minyak goreng yang masih dalam plastik ke
dalam penggorengan panas. Sehingga plastiknya meleleh larut dalam minyak panas,
baru pecel lelenya digoreng dan hasilnya pecel lelenya crispy! (crispy= renyah) serem
yaaaaaaaaaa
Kepada semua Tolong baca ini.
Ini adalah kisah nyata, dan seseorang juga menceritakan hal itu kepada saya, yang
terjadi padanya di Kedah Tunjang. Saya kira itu juga terjadi pada kita juga.
Di PERLIS (area pasar malam, dimana mereka selalu menjual PISANG GORENG pada
sore hari). Pamanku melihat mereka menggoreng PISANG GORENG, mereka
menambahkan sedotan plastik ke dalam minyak goreng panas (sedotan=yang biasanya
kita gunakan untuk minum), sedotan dilelehkan/dicairkan (melted) ke dalam minyak
goreng panas sebelum menggoreng, itulah sebabnya PISANG GORENG, UBI
GORENG, dll selalu tetap crispy=renyah selama beberapa jam. Pamanku tidak dapat
menjelaskan kenapa. Kemudian dia bertanya kepada mereka, namun mereka tetap
diam, kemudian pamanku mengatakannya pada ibuku, kemudian kami
mempraktekkannya dan cara inilah yang membuat makanan tetap renyah.
Kemudian ibuku berkata, hati-hati pada makanan Thailand juga, seperti ikan bilis,
bawang goreng, meskipun kita meletakkan nya pada udara terbuka selama beberapa
jam, makanan tetap renyah (tidak melempem).
Seperti di CANADA, hanya di tempat kami hujan turun selama 5 kali atau kurang dalam
setahun, jadi bila kita meletakkan roti di udara terbuka selama semalam, keesokan
harinya rati itu menjadi sangat renyah atau kering karena lingkungan disini sangat
kering, tetapi di Malaysia, hal itu tidak akan terjadi karena disana kelembaban terlalu
tinggi.
Saya pernah ke dataran tinggi Kamerun dengan keluarga saya, sekitar pukul 3 sore
kami berjalan-jalan disekitar pasar, kami melihat banyak penjaja kios melakukan usaha
mereka, tiba-tiba sesuatu menarik perhartian saya… di salah satu kios, ada sebuah
wajan besar minyak goreng yang didalam nya ada botol plastik kosong (ukuran 5 1/2
liter), botol itu pelan-pelan mencair di minyak goreng yang panas dan saya terkejut.
Saya kira itu suatu kesalahan yang dilakukan oleh anak kecil, tetapi ketika saya melihat
lebih dekat, saya melihat ada beberapa sedotan plastik (chopstick) didalam botol plastik
tersebut, segera meminta keluarga saya untuk datang dan memeriksanya, pada saat itu
orang tua anak kecil tadi datang, mereka memandang kami dengan garang, … mereka
menggunakan cairan plastik untuk menggoreng makanan, alasannya agar makanan
yang digoreng tidak melempem.
Kami mempraktek kannya seperti ini,
Minyak goreng tanpa plastik, makanan agak melempem setelah beberapa lama.
Kemudian ditambahkan plastik, kemudian menggoreng lagi … makanan menjadi
renyah, lebih renyah dari KFC
Please stop eating this hawker’s fried food…This is their secret receive…
Pls forward to all your friend..
DO NOT EAT CRISPY FOOD esp from the hawker !.. Try leave it in the open air for
hours and see.