Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Young atau yang dikenal dengan STY berhasil mengantarkan Timnas Indonesia menang

dramatis atas klub Korea Selatan Seongnam FC lewat adu penalti dalam permainan game Football Manager (FM).

STY tampil dalam program FM di Korea Selatan yang ditayangkan di Youtube FM Korea pada Selasa (5/3). Dalam acara itu STY menangani Timnas Indonesia dalam permainan FM.

Menariknya, pelatih berusia 53 tahun itu duel melawan anak kandungnya yaitu pemain Seongnam Shin Jae Won. Shin Jae Won pun memilih untuk menjadi pelatih Seongnam dalam permainan FM.

Dalam susunan formasi Timnas Indonesia yang disusun Shin Tae Yong tak tampak perbedaan mencolok dari line up Tim Garuda di dunia nyata.

STY memakai formasi 5-4-1, di posisi penjaga gawang ditempati Ernando Ari. Kemudian tiga bek tengah ditempati Sandy Walsh, Jordi Amat, dan Justin Hubner.

Sedangkan di posisi wing back kanan ditempati Asnawi Mangkualam, kemudian di bek kiri ditempati Shayne Pattynama.

Sementara dua gelandang tengah Timnas Indonesia dipercayakan kepada Ivar Jenner yang duet dengan Marselino Ferdinan.

Kemudian winger kanan ditempati Yakob Sayuri dan sayap kiri diperankan Egy Maulana Vikri. Sedangkan ujung tombak dipercayakan kepada Rafael Struick.

Adapun pemain cadangan yaitu M Riyandi, Elkan Baggott, Marc Klok, Witan Sulaeman, Adam Alis, Dimas Drajad, dan Ramadhan Sananta.

“Ya saya menggunakan pemain yang sama persis dengan yang berhasil mencapai babak 16 besar turnamen baru-baru ini. Pastinya untuk menghancurkan Seongnam dan menghentikan provokasi mereka dengan taktik saya,” ucap STY dikutip dari Youtube FM Korea.

“Biasanya kita memikirkan pertahanan ketika menggunakan tiga bek, tapi saya yakin tiga bek sebenarnya bisa membuat serangan lebih kuat. Saya telah membuat strategi untuk melakukan itu.

Di sisi lain, Shin Jae Won pun menyusun susunan pemain terbaik Seongnam versinya.

“Seperti ayah saya [STY] gaya bermain saya juga cenderung lebih ofensif, jadi saya menggunakan formasi empat bek dengan skema 4-2-3-1. Para pemain Seongnam bisa mengatasinya [Indonesia],” kata Shin Jae Won sebelum pertandingan FM.

Pertandingan pun dimulai. Laga berlangsung ketat, Timnas Indonesia berhasil tampil menekan lewat permainan dari kaki ke kaki.

Indonesia berhasil memimpin 1-0 lewat tendangan keras Shayne Pattynama dari luar kotak penalti.

Timnas Indonesia juga mendapatkan penalti, sayangnya Justin Hubner gagal mencetak gol.

Tak lama kemudian Seongnam berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Laga berakhir skor imbang 1-1 sehingga pertandingan dilanjutkan ke babak adu penalti.

STY memilih Jordi Amat, Justin Hubner, dan Sandy Walsh sebagai penendang penalti Indonesia.

Akhirnya Timnas Indonesia pun berhasil menang adu penalti setelah seluruh penendang Tim Garuda mencetak gol. Sebaliknya, Ernando Ari berhasil menggagalkan satu penendang penalti Seongnam.

Tertarik menonton videonya? simak di sini