Ditulis oleh : BolaGawai.com

Kamu juga ingin tulisan tentang Football Managermu dimuat di Artupoke.com, cek dimari !

Mengingat jarang sekali ada pemain yang berposisi sebagai Playmaker berkebangsaan Inggris dengan kemampuan skill dan teknik yang bagus saat ini, maka saya pun tertarik untuk mencoba melakukan pencarian pemain-pemain muda Inggris yang berposisikan sebagai gelandang Playmaker tersebut. Tentunya pencarian ini saya lakukan tanpa melalui Scouting, namun saya mencarinya di Player Search secara langsung sehingga hasil yang keluar adalah pemain acak.

Sekadar mengingatkan bahwa pada artikel sebelumnya yang di mana saya menemukan talenta muda dari Blackburn maka saya ingin melanjutkan pencarian saya ini dengan melihat kembali talenta-talenta muda dari Klub divisi Championship Inggris. Dan nantinya saya juga akan mensimulasikan pemain tersebut di FM 21 sehingga apakah pemain muda yang saya cari ini nantinya akan bisa bermain baik atau tidak sehingga saya akan menyebutnya sebagai Potential Wonderkid Player nantinya.

Seperti yang saya inginkan dari awal bahwa pemain yang ingin saya cari ini adalah pemain muda dengan bakat yang potensial dengan pemain tersebut berposisikan sebagai gelandang kreatif dan tentunya pemain ini berkebangsaan Inggris.

Setelah dilakukan pencarian, maka saya menemukan pemain dengan kategori tersebut yang bernama Louie Sibley. Pemain ini berasal dari klub Derby County. Karena tertarik dengan pemain yang satu ini, maka seperti biasa saya mencari-cari informasi singkat mengenai data-data profil dari sang pemain.

Berikut di bawah ini hasil informasi singkat mengenai data profil dari Louie Sibley yang saya dapatkan dari pencarian di Internet.

Profil Singkat

Pemain ini bernama lengkap Louie Joseph Sibley. Lahir di Birmingham pada tanggal 13 September 2001. Posisi utama Sibley adalah sebagai gelandang serang tengah, namun ia bisa juga bermain sebagai gelandang serang kanan maupun kiri atau hanya sebagai gelandang tengah sekalipun. Sehingga pemain ini bisa dikatakan cukup Versatile.

Jika kita melihat tahun lahirnya, untuk sekarang Sibley sudah berusia 20 tahun. Tetapi, di FM 21 Louie Sibley ini masih berusia 18 tahun. Sehingga pemain ini masih bisa dikatakan cukup muda. Tinggi badannya adalah 180 cm serta kaki terkuatnya adalah menggunakan kaki kanan.

Sibley menghabiskan karir mudanya di Akademi Derby County. Ia bergabung dengan The Rams (Julukan Klub) sejak berusia sekitar 8 tahun. Banyak sekali prestasi-prestasi yang sudah ia torehkan sejak berada di akademi. Sibley pernah memenangkan penghargaan sebagai pemain terbaik Akademi Derby County pada musim 2017/2018. Dan akhirnya pihak klub pun langsung memberikan kontrak profesional kepada Sibley pada tahun 2019.

Lalu ia bergabung dengan Derby County U-18 dan berhasil membawa klub menjadi juara nasional. Sibley langsung di promosikan ke dalam tim U-23. Karena melihat perkembangan Sibley yang begitu pesat dan bagus, maka Sibley pun di promosikan ke tim utama oleh pihak klub.

Ia berhasil mencatatkan debut seniornya ketika Derby County bermain di kompetisi Carabao Cup pada musim 2019/2020. Kemudian ia berhasil mencetak hattrick pertamanya ketika melawan Millwall pada Juni 2020. Lalu dalam beberapa musim terakhir ini, Sibley juga sudah mewakili Timnas Inggris di beberapa kategori usia seperti U-17, U-18, dan U-19.  

Atribut yang Di Miliki

Dengan melihat informasi data dari profil Sibley tersebut, maka saya pun sangat terkesan akan perkembangan dari pemain yang satu ini. Maka dari itu saya pun langsung ingin melihat atributnya sebagai gelandang serang di FM 21. Dan hasilnya adalah pemain ini memiliki atribut teknik, mental, serta fisik yang masing-masing kemampuannya ini sama baiknya.

Sibley bisa dikatakan pemain yang memiliki skill dan teknik yang bagus, terutama pada kemampuan Dribbling. Kemampuan Dribblingnya ini memiliki atribut sebesar 15. Dan ia juga mempunyai kemampuan Shooting serta Finishing yang baik. Kita bisa melihatnya bahwa ia memiliki rating Long Shots dan Finishing masing-masing sebesar 15 dan 13.

Saya pun juga melihat untuk rata-rata atributnya pada bagian Technical bisa dikatakan pemain ini sangat baik dalam kemampuannya menguasai bola. Sehingga bukan hanya Dribbling maupun Shooting, ia juga mempunyai kemampuan Passing yang bagus dalam membagikan bola.

Untuk dari segi mental dan fisik, pemain ini juga memiliki atribut yang sangat baik. Kita bisa melihatnya bahwa ia memiliki atribut Teamwork, Aggression, Determination dan Bravery sebesar 14. Yang di mana hal ini menandakan bahwa pemain ini memiliki agresi dan keberanian mental yang cukup kuat.

Atribut Stamina, Natural Fitness, dan Strenghtnya juga cukup bagus jika saya lihat, sehingga pemain ini bisa dikatakan memiliki fisik yang baik

Tidak heran jika ia sudah dipromosikan oleh Derby County ke tim utama ketika usianya masih muda seperti ini karena Sibley mempunyai atribut kemampuan yang sangat bagus sebagai seorang gelandang serang.

Hasil Pengamatan Potensi Kemampuan

Saya merasa bahwa tidak cukup kita menilai kemampuan seorang pemain hanya berdasarkan dari nilai-nilai atribut yang dimiliki. Saya perlu untuk membuktikan kemampuan Sibley ini di lapangan. Sehingga nantinya apakah kemampuan yang dimiliki Sibley ini sesuai dengan atribut-atribut yang ia punyai.

Maka dari itu saya ingin pembuktian dari kemampuan Sibley dengan mensimulasikan permainannya di FM 21. Di sini saya akan memakai Derby County langsung untuk mencoba kemampuan yang dimiliki oleh Louie Joseph Sibley.

Saya akan mencoba kemampuan Sibley untuk satu pertandingan pramusim yang sedang dijalani oleh The Rams. Kebetulan Derby County akan menghadapi salah satu klub Inggris yang saat ini bermain di League One yakni Milton Keynes Dons atau biasanya kita menyebutnya dengan MK Dons.

Menghadapi klub yang satu level di bawah Derby County akan menjadi kesempatan yang bagus bagi saya untuk mencoba kemampuan dari Sibley.

Saya pun mempersiapkan taktik dan formasinya terlebih dahulu. Di sini saya akan menggunakan sebuah formasi yang direkomendasikan oleh sang asisten pelatih yakni formasi 5-3-2 dengan gaya permainan Fluid Counter Attack.

Saya menempatkan Louie Sibley sebagai seorang gelandang tengah dengan peran bermainnya sebagai Mezzala. Ia saya instruksikan untuk tetap bermain di area Half Space pada bagian sisi kanan penyerangan, baik dalam menyerang maupun bertahan.

Pertandingan pun dimulai dan sampai pada akhir babak pertama kami sudah unggul 1-0. Permainan dari kedua tim sebenarnya cukup berimbang namun MK Dons terlihat sangat kurang pada penyelesaian akhir. Sampai pada akhir pertandingan, kami menambah 2 gol lagi ke gawang MK Dons.

Praktis di babak kedua kami menguasai seluruh jalannya pertandingan dengan menggempur habis-habisan pertahanan dari MK Dons. Walaupun penguasaan bola kami kalah dari MK Dons namun serangan yang kami lancarkan ke area pertahanan MK Dons sangat efektif.

Penampilan Louie Sibley dalam pertandingan ini bisa dikatakan cukup bagus. Beberapa kali ia membuat umpan-umpan yang akurat kepada rekan setimnya. Ia membuat total 33 Passing dengan akurasi sebesar 96%. Dan ia juga membuat satu Key Passes.

Permainan yang dilakukan Sibley juga sangat bagus dalam hal segi bertahan. Ia membuat total 3 tekel bersih terhadap lawannya serta membuat 2 intersep. Bisa dikatakan ia cukup rajin dalam membantu pertahanan dengan cara menutup pergerakan-pergerakan dari pemain lawan. Terutama pada sisi pertahanan sebelah kanan tim.

Sedangkan dalam hal segi menyerang, Sibley sering mengeksploitasi sisi kanan dan sisi tengah penyerangan. Ia membuat total 2 Shots yang di mana kedua tendangannya ini tidak tepat sasaran. Salah satunya ia buat ketika mengambil tendangan bebas.

Dengan demikian, maka dalam data statistik terkait rating bermain melawan MK Dons, Louie Sibley diberi nilai sebesar 7,3 di akhir pertandingan.

Melihat permainan yang dilakukan oleh Sibley ketika menghadapi MK Dons ini, saya pun akhirnya merasakan bahwa rating atribut bagus yang ia miliki sebagai seorang gelandang sangatlah terbukti di dalam pertandingan ini.

Walaupun tidak menciptakan assist maupun gol, namun teknik bermain yang ia peragakan bisa dikatakan lumayan baik dan bagus. Sebagai seorang gelandang, ia bukan hanya membantu tim dalam melakukan serangan namun ia cukup sigap ketika tim sedang bertahan.

Dengan sebuah simulasi yang sudah saya buat ini terhadap Louie Sibley di FM 21, maka saya berpendapat bahwa Sibley ini merupakan salah satu pemain Wonderkid dari Inggris yang mempunyai prospek sangat cerah untuk menjadi pemain bintang nantinya di masa depan.

Tentu hal ini bisa dilakukan jika kita memberikannya menu latihan yang benar serta menit bermain yang banyak terhadap Sibley.  Karena ia juga masih muda, maka kita sebagai manajer harus memanfaatkan kemampuan Sibley dengan sebaik mungkin. Agar ia bisa memberikan kemampuan terbaiknya di lapangan.

Berikut dari artikel yang saya buat, mungkin di lain waktu nanti saya akan mencari lagi pemain mana saja yang bisa saya sebut sebagai Potential Wonderkid Player dan membuat artikel lagi seperti ini. Sekian dan terima kasih.

Penulis: @bolagawai


follow me @Rtupoke and the Fan Page or subscribe this blog ya FM Lovers. Keep Sharing//