Ditulis oleh : BolaGawai.com

Kamu juga ingin tulisan tentang Football Managermu dimuat di Artupoke.com, cek dimari !

Mempunyai seorang pemain yang masih berusia muda dengan potensi bakat dan skill yang bagus apalagi jika pemain itu termasuk kategori Homegrown merupakan suatu keberkahan tersendiri sebagai seorang manajer online dalam bermain Football Manager 2021. Pada media sepakbola manapun, pemain-pemain ini biasanya disebut dengan Wonderkid Player.

Saya pun tertarik untuk mencoba menemukan pemain-pemain dengan kategori tersebut di FM 21 tanpa bantuan laporan dari Scout. Maka saya pun mencoba mencarinya di bagian Player Search lalu melakukan filter pemain dengan kategori usia di bawah 20 tahun dan berkebangsaan Inggris.

Hasil yang keluar tentunya banyak sekali pemain-pemain seperti kategori di atas. Kemudian, saya pun melihat-lihat semua pemain yang sudah tersaring tersebut secara acak. Di sini saya ingin menemukan pemain muda yang berpotensial namun bukan dari klub-klub besar. Maka dari itu, saya membuat pengecualian pemain Wonderkid dari klub-klub raksasa di Eropa.

Lalu, saya menemukan pemain berposisi sebagai gelandang serang yang bernama Tyrhys Dolan yang masih berusia 18 tahun dan berkebangsaan Inggris. Ia berasal dari klub Blackburn Rovers yang saat ini berkompetisi di divisi Championship atau kasta kedua dari Liga Inggris. Pemain ini bisa bermain pada posisi gelandang serang bagian kanan, tengah, maupun kiri. Tetapi untuk naturalnya adalah posisi gelandang serang bagian kanan.

Jujur saja, saya tidak tahu siapa pemain yang satu ini, namun ketika saya melihat sekilas dari atribut si pemain, saya pun menjadi tertarik untuk mengenal lebih jauh dengan pemain yang bernama Tyrhys Dolan ini.

Profil Singkat

Karena rasa ingin tahu saya yang begitu besar akan pemain yang satu ini, maka saya pun langsung mencari data-data dari profil sang pemain di Internet dan akhirnya saya pun menemukan data berupa profil singkat dari pemain ini.

Pemain ini mempunyai nama lengkap Tyrhys Dolan. Ia lahir di kota Manchester pada tanggal 28 Desember 2001. Di FM 21 saat ini ia berusia 18 tahun dan memiliki kewarganegaraan Inggris. Dolan mempunyai tinggi badan 171 cm. Dan untuk kaki terkuatnya dalam mengolah bola, ia menggunakan kaki sebelah kanan.

Dolan menghabiskan karir mudanya di Akademi Manchester City. Lalu ia pindah ke Klub Preston North End pada tahun 2017 karena ia mendapatkan beasiswa di sana. Setelah beasiswanya habis, Preston melepasnya dan ia pun mendapatkan tawaran kontrak dari Blackburn Rovers, klub yang ia bela sampai saat ini.

Atribut yang Di Miliki

Setelah melihat data profil dari sang pemain, maka selanjutnya itu saya juga ingin melihat data atribut dari Tyrhys Dolan di FM 21.

Dari data atribut yang saya lihat, pemain ini mempunyai kelebihan pada atribut Dribbling, Determination, Flair, Work Rate, Acceleration, Agilty, Natural Fitness, dan Pace. Ini bisa saya lihat karena dari semua atribut tersebut yang dimiliki oleh Dolan itu ratingnya berkisaran di atas 14.

Jika melihat dari data tersebut maka saya bisa berpendapat bahwa Tyrhys Dolan ini merupakan pemain yang bagus secara teknik dan skill permainan terutama dari segi Dribbling, lalu memiliki kecepatan yang luar biasa, serta memiliki mental yang kuat di dalam dirinya sebagai pemain muda.

Pendapat ini hanyalah teori yang saya buat berdasarkan dari pengamatan saya dengan hanya melihat atribut yang dimiliki oleh Tyrhys Dolan. Saya belum melihatnya secara langsung mengenai permainan serta kemampuan yang dimiliki oleh Dolan ini.

Hasil Pengamatan Potensi Kemampuan

Maka dari itu saya ingin mencoba langsung kemampuan Dolan dengan menggunakan Blackburn Rovers di FM 21. Kebetulan tim sedang melakukan pramusim di Kota Sevilla, Spanyol. Dan lawan yang akan dihadapi oleh Blackburn adalah Real Valladolid.

Saya pun mencoba menempatkan Tyrhys Dolan di Starting Line-Up pada pertandingan melawan Valladolid.

Dalam pertandingan ini saya menggunakan formasi 4-3-3 DM Wide dengan mentality Balanced. Saya coba untuk menempatkannya di posisi gelandang serang kiri dengan memberi instruksi role sebagai Inside Forward (Attack).

Pada awal-awal permainan, Dolan sempat mendapatkan satu peluang yang hampir saja peluang itu bisa dijadikan sebagai gol namun sayang terkena mistar gawang.

Ia sering mengeksploitasi sisi sayap dari tim lawan. Sayang sekali di babak pertama, Blackburn tidak mendapatkan peluang yang berarti karena pertahanan dari Valladolid cukup kuat untuk bisa ditembus.

Di babak kedua, saya pun mengubah taktik untuk mentality yang sebelumnya Balanced menjadi Positive. Hasilnya tim kami sudah agak lebih terkonsentrasi dalam hal menyerang. Dan hasilnya pun makin membaik karena Dolan berhasil mencetak satu-satunya gol kemenangan bagi Blackburn atas Real Valladolid di menit-menit akhir.

Serangan di awali umpan Rankin-Costello dari sisi kanan penyerangan ke sisi kiri lalu bola didapatkan oleh Dolan. Selanjutnya Dolan melakukan penetrasi dari sebelah sisi kiri penyerangan dan ketika sampai di Final Third, ruang tembak dari Dolan sudah tertutup dan hasilnya Dolan memberikan Passing ke arah Trybull yang sudah siap menyambut bola dari Second Line. Trybull melakukan Shooting namun sayang tendangan Trybull membentur bek lawan. Tetapi hasil dari benturan bola tersebut mengarah ke Dolan dan ia pun langsung menendang bola tersebut ke arah gawang dan hasilnya pun GOOOLLL!!!! Sepakan keras dari Dolan masuk ke gawang Real Valladolid.

Melihat hasil ini pun saya merasa bahwa pemain ini cukup bagus dalam hal menyerang karena berdasarkan statistik di permainan, total dari Shooting yang dilakukan Dolan ini sebanyak 5 walaupun hanya 20% yang On Target. Data ini merupakan yang paling banyak dilakukan lebih dari siapapun tak terkecuali Striker yang saya mainkan dalam pertandingan tersebut yakni Bereton yang statistik Shootingnya berjumlah total sebanyak 4.

Dolan juga bisa membantu pertahanan dengan baik karena ia bisa menekan lawan dengan cermat dan hasilnya pun ia bisa membuat 1 Complete Tackle.

Dari hasil-hasil ini, saya percaya bahwa atribut yang ia miliki akan cocok jika ia ditempatkan sebagai Inside Forward sebelah kiri. Dan bisa saya katakan, pemain ini memiliki kecepatan dan determinasi yang bagus karena untuk data statistik permainan pada kategori “Run”, Dolan mencatatkan data sebanyak 14,0 km yang dimana paling banyak diantara rekan-rekan lainnya.

Dengan melihat laporan data permainan yang sudah saya amati berdasarkan satu pertandingan di atas, walaupun hanya satu pertandingan saja tetapi dia bisa membuat perbedaan. Memang dalam satu pertandingan tidak bisa dijadikan acuan bahwa pemain ini bisa sukses atau tidak, namun setelah saya melihat dan melakukan semua simulasi di atas. Pemain ini bisa saya sebut sebagai Wonderkid Player yang sangat potensial.

Apalagi ia asli berkebangsaan Inggris karena lahir di Kota Manchester. Sehingga jika temen-temen pecinta Football Manager ada yang memakai klub Inggris dan ingin mencari pemain muda lincah dan memiliki skill yang bagus yang berposisi sebagai gelandang serang dan utamanya pemain ini berasal dari Inggris maka saya rasa Tyrhys Dolan merupakan jawaban yang tepat untuk hal tersebut.

Jadi saya yakin jika pemain ini diberikan menu latihan yang bagus serta diberikan kesempatan bermain yang lebih banyak lagi maka Dolan bisa menjadi calon pemain bintang masa depan dari Inggris nantinya.

Berikut dari artikel yang saya buat, mungkin di lain waktu nanti saya akan mencari lagi pemain mana saja yang bisa saya sebut sebagai Potential Wonderkid Player dan membuat artikel lagi seperti ini. Sekian dan terima kasih.

Penulis: @bolagawai


follow me @Rtupoke and the Fan Page or subscribe this blog ya FM Lovers. Keep Sharing//