FM Lovers,

Gonzalo Arroyo Moreno/Getty Images

Memilih kapten sebenarnya gampang gampang susah. kenapa gampang ? karena sudah ada attribut influence leadership yang memudahkan mu untuk mengurut siapa yang punya pengaruh paling besar untuk timmu. Kenapa gampang ? karena ada faktor faktor yang juga akan mendukung, apakah kapten ini bisa berguna bagi timmu atau tidak. Kapten yang baik didalam FM berperan tinggi untuk menaikkan dan menjaga moral tim, dan sepert yang kita alami bersama, moral menjadi salah satu faktor penting untuk kesuksesan timmu di pertandingan.

Fungsi Kapten

Jika kita membicarakan kapten secara umum dan dunia nyata, tugas kapten adalah sebagai pengayom, dan panutan dari timmu untuk bertindak dan berperilaku baik di dalam maupun di luar lapangan. Bagaimana jika di FM ? secara garis besar sama, tetapi kalau kita ambil spesifik, seorang kapten bertugas :

  • Tempat kita meminta pendapat tentang moral tim, hal ini berguna untuk mengetahui kondisi tim dan apabila ada issue spesifik di pemain, Bisa dipilih di tab Players Interaction, khusus untuk kaptenmu.
  • Nah, terkait dengan isu spesifik di pemain, seorang kapten dapat membantumu untuk mendamaikan dua pemain yang sedang terlibat konflik atau sedang unhappy.
    Jika cocok, maka slight concern yang ada di pemain tersebut akan hilang, dan moral pemain tersebut bisa kembalinaik.
  • Bisa menjadi wakil klub untuk menyambut pemain baru, jika cocok. pemain barumu akan mendapat boost morale yang baik saat dia tiba di timmu.

Memilih Kapten

Sesuai yang disebutkan di atas, attrbut leadership memang menjadi faktor terbesar, tetapi berikut tips tips yang perlu dipertimbangkan agar kaptenmu bisa lebih optimal membantu timmu.

  1. Status Tim – tentu agar lebih efektif, kaptenmu adalah seseorang yang berada di lapangan kan ? pastikan kaptenmu adalah pemain yang punya kemampuan yang baik untuk tetap berada di lapangan (bukan sebaliknya ya, mentang mentang dia jadi kapten, dia mesti masuk pemain inti, kemampuan tetap menjadi nomor satu)
  2. Attribute –  Leadership sudah pasti, tapi bisa dipertimbangkan juga atribut determination yang artinya dia akan lebih sering terlibat di permainan di lapangan yang bisa memberi efek bagus ke tim.
  3. Personalities – pilih yang model citizen, profesional, atau gampangnya, samakan dengan squad personalities (cek di tab information di squad)
  4. Relationship – makin banyak anggota tim yang menjadikannya sebagai favoured personnel maka makin bagus.
  5. Age – pemain senior makin bagus, tetapi tetap lihat kemampuan, jika saatnya memang dia sudah tidak bisa lagi maksimal di tim. pilih yang lain.
  6. Posisi di lapangan – tidak begitu penting, tetapi pemain yang berposisi di lapangan tengah akan lebih memberi dampak sedikit lebih baik karena interaksinya yang luas baik ke pemain depan maupun belakang.

Bagaimana FMLovers, apakah kaptenmu sudah sesuai atau ada tips lain yang bisa kamu bagikan dimari ? silahkan ikut gabung di kolom komentar ya.

Sumber : Guidetofootballmanager


\\follow me @Rtupoke and the Fan Page or subscribe this blog ya FM Lovers. Keep Sharing//