FM Lovers,

Nggak disangka ternyata satu musim di savean ini memakan waktu yang sangat lama. Walau sudah go on holiday semalaman. Hanya mampu berjalan 3 bulan saja di waktu selama itu. Well, sepertinya opsi dengan menjadikan semua liga menjadi “Playable” berdampak juga dengan beratnya sang laptop untuk mengolah permainan. Jika lupa, savean kali ini memainkan 27 liga dari 17 negara dengan database large. Hal ini menjadikan estimated game speed menjadi hanya 1.5 bintang saja. Fiiuh !

Skenario di FMExperment kali ini bila kita rangkum adalah :

  1. Menjadikan keuangan semua klub ISL memiliki neraca keuangan 1 milyar Euro. Pure tanpa pajak :D.
  2. Meningkatkan reputasi semua klub dengan menambah attribute reputasi senilai 2000. Sebagai informasi, nilai dasar reputasi klub ISL memiliki rata-rata 2600an.
  3. Meningkatkan reputasi dari ISL itu sendiri. Atribut reputasi ISL menjadi 100. Perbandingannya kalau kita lihat MLS, memiliki nilai reputasi sebesar 120an.
  4. Membuat attribut Chairman semua klub ISL meningkat pesat, dengan rata-rata 15-20. Karena kejarannyannya semua klub bisa di kelola dengan baik dari sisi bisnisnya.

Oke, satu musim sudah selesai, mari kita lihat apa yang terjadi di Experiment ini.Transfer

TW02S01 - ISLJika kita lihat dari Top ten transfer di musim pertama ISL kali ini, memang bisa kita lihat mayoritas adalah perpindahan pemain lokal. Mungkin hanya Andik Vermansyah, pemain non lokal yang menjadi pemain tambahan Sriwijaya di musim kali ini. Tapi apakah ini artinya Liga ISL juga masih tidak menarik bagi pemain Internasional ? Tidak juga, bisa dibilang dengan menaikkan reputasi klub ISL dan klub sendiri, hal ini bisa menarik para perantau untuk bermain di Indonesia. Memang dari sisi transfer tidak besar karena rata-rata mereka pemain gratisan, tetapi dari segi kemampuan. bisa dibilang mereka berada (sedikit) di atas rata-rata pemain ISL saat ini.

TW01S01 - Jhon Van Beukering TW01S01 - Leroy Resodihardjo TW01S01 - Ruben Wurbanaran TW01S01 - Tobias Wasapy TW01S01 - Tony Cussel TW01S01 - Yoram Pesulima

Familiar dengan pemain pemain di atas ? 🙂 ya, rata-rata adalah pemain yang memiliki darah indonesia yang menjadi target utama klub ISL untuk memperkuat klubnya.

Dampak Lainnya ?

Hampir sama dengan #FMExperiment 01, pada musim pertama bisa dibilang tidak ada perubahan signifikan dari sisi klub, yaitu pergerakan pemain, klub, penambahan fasilitas training atau membangun stadium. Bisa dibilang karena hal tersebut bersifat long term. Nah, hal itulah yang kita lihat di pembahasan selanjutnya ya. Kita akan lihat apa yang terjadi setelah musim ke 5 di savean kali ini 🙂

========================================================

\\follow me @Rtupoke or subscribe this blog ya FM Lovers. Keep Sharing//