FMLovers,

Tulisan ini adalah sambungan dari part sebelumnya, dimana tulisan ini adalah bagian dari rangkaian tulisan My Football Manager 2014 in words. Pada tulisan ini, saya akan membahas :

  • Head Coaches

"Rome wasn’t built in a day. But I wasn’t on that particular job." –Brian Clough-

Saya yakin apabila Brian Clough berada di dunia sepakbola modern saat ini, tindak-tanduknya bakal menjadi seperti semenarik gula kepada semut, bagi media saat ini. Seperti salah satu kamut (red : kata mutiara, yang nggak asing ma istilah kata mutiara, bearti kita seumuran) Brian Clough yang terkenal diatas, yang apabila kata-kata tersebut diindonesiakan, kira-kira seperti ini : “Roma tidak dibangun dalam sehari, ya itu kan bukan gua yang ngerjainnya”. Kata-kata yang pintar untuk mengatakan bahwa dia adalah World Class manager (menurut dia, yang sayangnya bisa kita bilang bener).

image9_thumb3

Nah di FM, world class head coach dinilai dari berapa trophy yang berada di dalam CVmu. Nah, Untuk nama yang paling atas, jangan dilihat dulu deh Senyum dengan mulut terbuka tapi mari kita lihat susunan world class head coaches setelah 10 musim berjalan, seperti yang kita tahu bahwa. Reputasi world class dicapai melalui prestasi, seberapa banyak gelar prestisius yang kalian dapatkan baik di domestic maupun local. Yang menarik adalah adalah masuknya nama nama pelatih dari liga brazil.

Tercatat ada Ramon Diaz, Renato Gaucho, Cuca, dan Tite yang berhasil meraih reputasi world class di musim 2023-2024.

image_thumb

image_thumb1

image_thumb2

Melihat tiga nama besar ini, yang memiliki gelar di tempat favorit masing masing, saya jadi teringat seperti keluarga mafia italia yang bagi bagi wilayah kekuasaan. Hmmm, ngomong ngomong liga brazil dah semaju apa sih di dunia FM ini ampe pelatihnya nggak tanggung2 masuk jajaran top ini ?

image_thumb3[1]

urutan ke 6 dari 10 besar liga top dunia, bahkan sudah mengalahkan liga portugal, belanda, rusia. wew. Wait, mau nanya ke FMlovers sekalian. Di Save-an gua. Brazil adalah surganya wonderkids, tiap tahun scout di klub Juventus gua, rajin menemukan bintang 4 wonderkid. dan anehnya jarang sekali yang jadi major transfer klub eropa. Apakah ini salah satu sebabnya, talenta muda lebih suka main di liga sendiri ? Bagaimana di Save-an kalian. Apakah sama juga nih kasusnya ?

Pernahkah kalian sekelas dengan seseorang yang kalian anggap jenius saat kalian duduk di bangku sekolah atu kuliah ? dimana saat itu nilainya bagus-bagus banget. Sampai ketika saat kalian lulus, dan kalian bertemu setelah sekian lama, kalian terkejut karena dia menjadi begitu …biasa. Mungkin saat saya melihat dua orang figur ini di dunia nyata yang saya bandingkan dengan dunia FM, perasaan saya agak mirip dengan ilustrasi tadi.

Antonio Conte, yang karena suratan takdir. posisinya sebagai pelatih Juventus saya depak, karena ya, saya pengen aja iseng2 klik Juventus sebagai klub piihan saya saat new game. Tak lama menganggur di dunia FM, Arsenal merekrutnya saat opa Arsene Wenger pensiun dari Arsenal. Dan Nilai Loyalti 20, sepertinya berefek membuat dia betah berlama-lama di Arsenal, atau memang Arsenal adalah tempat nyaman sehingga Arsene Wenger di dunia nyata pun ogah pindah ? entahlah. Prestasi ? walau tidak bisa memberikan gelar premier, setidaknya Conte tetap rutin memberikan gelar ke Arsenal, ya FA, EURO Cup, Community Shield, dst.

image_thumb10

Tapi bagaimana dengan nasib Josep Guardiola, pelatih yang sebelumnya bisa meraih 6 piala dengan Barcelona. Setelah hanya mampu memberikan 2 gelar juara Liga Jerman di Bayern Muenchen. Akhirnya dipecat karena sudah tidak memenuhi ekspektasi klub. Enam bulan menganggur, Totenham Hotspur meminang si Pep, hasilnya ? nihil gelar. Liverpool pun berhasil membujuknya untuk menjadi pelatih kepala, hasilnya ? nihil gelar. Pindah ke New Castle united ? sekelas Pep Guardiola melatih New castle, hasilnya ? nihil gelar. Tragis. Tangga di game save saya saat tulisan ini dibuat adalah 27 September 2023, yang ini juga bearti adalah 1 tahun sudah Pep Guardiola tanpa gelar, karena tak satupun klub yang menaksir dia. Tragis.

image_thumb111[1]

Untuk part 4 bisa lihat disini

=======================================================================================================================================================

\\follow me @Rtupoke or subscribe this blog ya FM Lovers. Keep Sharing//