Ditulis Oleh : Rahadian Lazuardhi P. a.k.a Dean

Tulisan ini adalah kiriman dari FMLovers yang dimaksudkan untuk kompetisi #FMLoversStory dengan hadiah Football Manager 2015 Gratis :D. Follow @Rtupoke untuk info lebih lanjut.

Oke tulisan ini berawal tentang bagaimana latar belakang gw. Gw seorang anak laki-laki (masa sih ?) yang lahir di salah satu pulau paling eksotis di dunia, Bali. Gw besar dan nyaris seluruh hidup gw abisin di pulau ini (setidaknya sampai hari ini). Punya latar belakang sebagai gamer sejati di masa remaja gw, maniak game lah bisa dibilang, awalnya adalah game online. Jadi menjadi gamer udah mendarah daging di hidup gw.

clip_image002 Awal perkenalan dengan FM ya ?, ini lah yang jadi latar belakang tulisan ini (harus) ditulis. Game virtual dengan detil yang luar biasa ini menarik perhatian gw ketika gw jenuh main yang namanya Winning Eleven (game bola era 90-an) yang dengan mudah gw menangin dengan cara bermain berlari ke depan lalu cut inside ke kotak pinalti lawan dengan menekan kotak + x (tombol di stick PS) secara bersamaan, shot lalu menjadi gol. Atau bahkan sebagian dari kalian gw yakin pernah mainin Roberto Carlos (WB kiri Brazil) di posisi striker karena larinya yang luar biasa kencang dan shot yang luar biasa keras. Dari keisengan nyari referensi game di google dipertemukanlah gw dengan game bernama Football Manager 2007.

Berlarilah gw dengan terengah-engah untuk menyewa installer game tersebut ke rental penyewaan kaset game PC. Setelah berhasil menginstall FM dimulailah semua cerita panjang tak berujung ini.

Gw inget banget tim yang gw pake pertama adalah Arsenal, ini tim favorit gw dulu semenjak SD (sekarang berubah jadi Liverpool & Dortmund haha, setia kan gw ?). Di seri ini Arsenal masih diperkuat striker yang akan diingat oleh Gunners sejati yaitu Thierry Henry. Berduet dengan Denis Berkamp.

clip_image004

Dengan mudahnya gw merajai Premier League walaupun sambil dirasuki virus Manager Newbie macam gw yaitu “Save-Load” hahaha. Pada akhirnya dengan digdayanya saya bisa mendatangkan Ozil, Benzema, Ibrahimovic, dan menduetkan mega bintang masa itu (sampai masa kini) Messi & C. Ronaldo di lini depan gw. Gw terus bermain dengan virus yang masih melekat di diri gw dan pada akhirnya PC gw terbakar karena dipake adek gw nonstop 2 hari dan malamnya nggak pernah dimatiin. Pupus sudah harapan gw untuk terus melanjutkan karir gw di dunia FM.

Pada akhirnya di 2008-2010 medio disaat gw SMA, gw berkutat dengan dengan game online macam Rohan, Point Blank hingga Dragon Nest sehingga gw “melupakan” game virtual yang sebenernya sangat gw banget. Setelah lulus SMA gw memutuskan kuliah di Malang dgn Jurusan Psikologi (mau curhat ?, silahkan hubungi nomor dibawah ini). Tepatnya di tahun 2010 gw punya temen yang doyan main FM juga ternyata dan tanpa pikir panjang muncul juga icon FM 2010 di laptop gw (karena kuliah makanya punya laptop haha). Masih melekat pada virus “save-load” gw kembali bisa memenangkan semua pertandingan yang tim gw mainin. Di tahun 2012 gw install versi di tahun yang sama untuk bisa dapet transfer update yang gw pengen. Di versi ini banyak banget kecurangan yang gw lakuin dengan editor, gw bisa bikin “The Wonderkid Team”. Pada saat itu gw buat QPR dihuni Neymar, Messi, Hazard, Kroos, Lampard & Gerrard (yg gw ubah umurnya jadi 19th lagi haha) Balanta, Pique, Puyol versi muda dll. Haha bener2 hasil yang luar biasa tim yang gw buat ini. Yah tapi namanya curang ya curang, hati kecil gw berteriak, pengen main dengan tim yang normal dengan cara bermain tidak “save-load” dan lebih legowo dalam menerima hasil pertandingan serta lebih taktikal dan tidak sembarang bermain menyerang ugal2an.

Pada akhirnya gw bermain di FM 2014 yang sangat sangat jauh berbeda dengan seri2 sebelumnya karena sudah tidak ada taktik slider di FM 2014 ini. Inilah awal mula kenapa gw pada akhirnya sangat mencintai dan mulai mendalami soal taktik, banyak blog, website yang gw baca demi mengenali dan menjadi lebih baik lagi dalam karir gw di FM 2014. Ternyata factor teknis dan non teknis itu sangat berpengaruh di dunia FM. Dengan dibekali scout yang sangat luar biasa, ditambah pendekatan para developer dan database yang sangat besar dan nyaris sama dengan aslinya membuat FM ini bukan sebuah game yang pasti dengan suatu metode khusus untuk selamanya, tapi kita dituntut untuk terus belajar dan berevolusi dalam berbagai aspek untuk terus mencapai kesuksesan (duh bahasa gw, berat euy).

Mungkin ini factor yang tidak ada sama sekali hubungannya dengan game FM sendiri, tapi entah kenapa sering dibahas di tiap artikel yang gw baca akhir2 ini, yaitu MAIN FOOTBALL MANAGER DENGAN KEJOMBLOAN SESEORANG. Hahaha sama sekali nggak ada hubungannnya ama game kan tapi entah kenapa orang2 selalu mengkolerasikan dengan kejombloan seseorang. Kalo dari sepengalaman gw, malah justru FM ini menjadi obat mujarab bagi orang yang sedang In Relationship APALAGI yang lagi menjalani LDR (haha *ketawasetan).

Kebetulan gw jalanin LDR dengan pacar gw hehe, kenapa gw bilang obat mujarab ?, karena dengan game ini gw ngerasain waktu gw yang tersisa sehabis kerja bisa gw gunain buat main FM ketimbang nongkrong yang terlalu sering dengan temen2 dan menghabiskan uang, dan daripada gw jalan dengan wanita lain dan menimbulkan masalah lain lagi haha. Kejadiannya gw sering main FM sambil chat dengan pacar kita, gw sering bgt gtu, lgi seru pertandingan misalnya, sering gw pause demi bisa bales chat si doi, tujuannya biar doi ga ngerasa “diduakan” meskipun kita lagi main game, dan doi ga membenci game yang bisa ngebuat kita lebih setia sebenernya ke dia kan haha. Ini teori gw sih. Ditambah gaji gw bisa lebih gw tabung demi masa depan gw bareng doi. Setidaknya kita punya lah pelampiasan kalo lagi jauh hehe. Dan dengan FM ini gw merasa punya banyak temen baru terutama buat sharing soal taktik dan berbagai macemnya di grup Football Manager Indonesia (IDFM) di Facebook. Jadi pesen gw jangan sampe hubungan social kita didunia nyata terganggu gara2 game virtual, tapi harusnya jadi tempat kita memperbanyak dan menambah link kita diluar sana. Syukur2 kita punya teman baru di kota lain dan MUNGKIN saat kita pengen kekotanya kita ada teman & tempat untuk singgah toh.

Sekian deh tulisan pengalaman gw dari sisi, gw sendiri, hubungan gw dengan pacar dan hubungan gw dengan social gw diluar sana.

Semoga bermanfaat…

Iklan