Image Source : https://i2.wp.com/i.imgur.com/PXlqosE.png

Catatan-Catatan menarik tentang CA dan PA :

· Perubahan angka CA sangat dipengaruhi dengan metode training, coach dan fasilitas training yang diberikan oleh klub (atau anda sendiri). Dengan variable di atas. Akan kita jabarkan dalam contoh kasus berikut :

o Pemain X, memiliki potential – 9 pada usia 18 tahun. Apabila dia di latih dengan coach, dan facilities bintang 5 dengan metode dan porsi yang sesuai. Ditambah dengan rutin di masukkan di first team, sehingga jam terbang yang banyak. Sehingga pada usia 22-23 tahun, dia telah mencapai potensialnya. Di usia 25 tahun dia bisa sudah mengalami penurunan karena factor terlalu cepat mencapai PA.

o Pemain Y, memiliki potensial -9, akan tetapi dia berada di klub yang tidak memiliki fasilitas training yang bagus. Pemain tersebut bisa jadi selama karirnya hampir habis, atau sudah melewati usia puncak. Tidak akan bisa mencapai potensinya karena kenaikan CA yang sangat lambat.

· PA sebenarnya adalah angka statis, yang bearti tidak akan berubah dari awal sampa pemain itu pensiun, sehingga focus kita adalah menumukan pemain yang memiliki potential tinggi dan setelah dapat, fokuskan dengan menaikkan CA dengan jalan memberi porsi training yang tepat dan menambah jam terbang. Sedangkan untuk support lainnya, dengan memberikan fasilitas training yang bagus serta top coach agar attribute nya cepat naik.

==============================================================================================================================================================

\\Follow me @Rtupoke or subscribe this blog ya FM Lovers. Keep Sharing//

Iklan