FM Lovers,

Artikel ini juga dimuat di Magazine @id_fm edisi ke 2. Mau baca artikel artikel lain di Id_FM Magazine ? ke sini ya http://fm-indo.blogspot.com/p/magazine-idfm.html

menyambung dari Part 1 …..kali ini kita coba napak tilas Football Manager yang telah menemani kita di malam malam yang panjang dulu.

FOOTBALL MANAGER 2005

clip_image001

– ini nih edisi pertama pasca cerainya sport interactive dengan eidos sekaligus edisi yang buat dilema. Pilih CM2005 apa FM2005 ?
– apakah kalian tahu FM2005 ini dilarang beredar di China dikarenakan memasukkan Taiwan an Tibet sebagai negara terpisah.
– Pasti kalian kenal nama ini : Jens Mustermann. Yup, nama samarannya Oliver Kahn karena yang bersangkutan enggan memasukkan namanya ke sebuah games. dan gosipnya, penggunaan nama depan ini agar sedikit “menyinggung” sang Kiper, karena menggunakan nama depan rivalnya. Yup si Jens Lehmann.

FOOTBALL MANAGER 2006

clip_image002
– Nama keren messi masih Leo Messi disini.
– Disini ada pemilihan untuk memainkan klub dan liga serta nama nama pemain yang bener bener fiksi. Ada yang pernah memainkan Harchester United ?

FOOTBALL MANAGER 2007

clip_image003
– Mulai FM inilah diperkenalkan FM Gold Demo, dengan kode Vanilla dan Strawberry 😀
– Cikal bakal media interaction dimulai disini.
– Feeder Club mulai diperkenalkan disini.

FOOTBALL MANAGER 2008

clip_image004
– tidak terlalu banyak perubahan yang berarti disini, tetapi ini termasuk seri FM yang paling cepat rilisnya lho, awal oktober sudah beredar.
– Wonderkid wajib saya disini adalah Carlos Vela dan Yang dibilang kembaran Messi, yah bisa dibilang versi KW Supernyalah,  Bojan Krkic

FOOTBALL MANAGER 2009

clip_image005
– versi ini sudah pake DVD untuk instalasinya.
– dan disinilah versi 3D dperkenalkan pertama kalinya dalam sejarah Franchise ini.
– siapa yang tidak mengincar Henri Saivet disini ? 😀

FOOTBALL MANAGER 2010

clip_image006
– di edisi ini saya pertama kali dibuatkan stadium. Ekoputra Arena. sesuatu yang tidak pernah terulang lagi di edisi selanjutnya yang saya mainkan. Hayoo siapa yang pernah punya pengalamam yg sama ?
– Pertama kali diperkenalkan Shout, sebagai cara instan untuk merubah taktik di tengah-tengah pertandingan.
– Kenal dengan Sergio Asenjo, Silviu Lung jr, Ignacio Camacho ?

FOOTBALL MANAGER 2011

clip_image007

FOOTBALL MANAGER 2012

clip_image008
– seorang Mbahe Niang membuat saya tergila gila. Subuuur betuul. (Siapa wonderkid andalanmu ?)
– disini juga pertama kali diperkenalkan fitur menambah atau mengurangi liga negara yang dimainkan di tengah tengah savean kalian. Nggak perlu new game lagi.
– Edisi ini sistem Steam betul betul dipergunakan untuk maen multiplayer, tidak bisa lewat LAN. Yah, awal dari mimpi buruk….

FOOTBALL MANAGER 2013

clip_image009

– Yah, edisi inilah yang paling banyak membuat FMLovers patah hati, karena para petani tak disangka sangka mogok buat jamu. Akhirnya mulailah berjamur FM versi patungan di sini.
– Diperkenakan FM Classic, yaitu FM “versi ringan” untuk para pemain yang hanya ingin bermain di Taktik dan Transfer.
– Diperkenalkan juga FM Challenges, memainkan game berisi tantangan untuk menguji skill managerial kamu. Bagaimana memainkan tim yang buth all win untuk selamat dari degradasi ? Skenario menjadi tak terkalahkan ? atau manage tim yang dilanda badai cedera dan financial hancur ?

dan yang (kurang) dinantikan, FOOTBALL MANAGER 2014

clip_image010

– Versi Linux sudah dapat dimainkan disini.
– tambahan fitu baru seperti adanya testimonial matches, sistem transfer yang sudah mendekati duni nyata seperti ada kepemilikan pemain oleh pihak ke tiga atau agen, dan banyak lagi.
– Tanggal Rilis = 31 Oktober 2013 !

Berkaca dari FM13, apakah nanti FMLovers harus patah hati lagi ? tidak ada yang tahu pasti, tapi tentu pecinta FM sejati tidak akan begitu saja melewatkan seri ke 10 Football Manager ini. Selamat menanti FM 14 ! (dan selamat menabuuung ya :D)