Atribut yang paling penting untuk GK adalah handling dan reflexe. Atribut handling yang tinggi akan memastikan bahwa ia tidak menjatuhkan bola ketika menangkap bola crossing. Reflexes adalah bagaimana ia dapat dengan cepat bereaksi untuk melakukan save.

  • Handling – Ini adalah atribut yang harus betul betul diperhatikan. Handling Jelek = wah siap siap aja kebobolan dengan cara menggelikan.
  • Reflexes – Ini merupakan atribut yang wajib bagus untuk seorang goalkeeper, menunjukkan bagaimana baiknya insting yang dimiiliki dalam melakukan save – terutama tembakan jarak dekat. Kombinasikan reflexe, handling dan agility biar kemungkinan kemasukan bola lebih sedikit.
  • Areal Ability – Seberapa bagusnya Kiper menyambut umpan crossing. Kombinasikan dengan atribut Handling. Kiper yang gak becus meyambur bola crossing cuma nambah panik bek saja. Atribut ini penting untuk menghadapi tim yang mengutamakan serangan lewat crossing.
  • Command of Area – menjamin pertahanan anda akan bekerja sebagai tim.  Khususnya penting ketika mempertahankan dari tendangan sudut dan free-kicks. Kiper dsengan atribut tinggi akan mobile di area dan bagus saat menghadapi set piece.
  • Communication – Keefektifan GK Anda dalam berkomunikasi dengan barisan pertahanan. GK dengan kemampuan komunikasi yang baikpenting jika anda ingin memiliki pertahanan yang teratur dan juga berguna jika mempertahankan area saat tendangan sudut dan free-kicks.
  • One on One’s – Memberikan anda info  tentang seberapa baiknya  GK saat menghadapai lawan satu lawan satu. Atribut concentration juga memegang peranan.
  • Rushing Out – Bagaimana  cepatnya GK keluar dari area pada satu situasi. Atribut decicions dapat memainkan peran penting di sini. Stat yang bagus ketika Tim anda memainkan offside trap dan lawan tipe fast striker.
  • Kicking – Jika Anda bermain dengan taktik bola panjang, pastikan Anda memiliki GK yang baik atribut menendangnya. Atribut yang bagus, dia dapat menendang langsung ke target man anda dari areanya. Atribut jelek ? set dia hanya mengoper ke bek saja.
  • Tendency to Punch – Ini pilihan pribadi, karena kadang meninju bolapada satu situasi dapat membuat keadaan jadi aman, tapi tetap beresiko. Atribut Strength dan Agility juga mendukung, perhatikan ini.
  • Throwing – Jika Anda ingin bermain dengan taktik Counter Attack, seorang penjaga dengan kemampuan Throwing sangat penting. Saat memegang bola, dia dapat mengirim bola langsung ke striker anda tanpa perlu berlama lama.

Ini merupakan atribut yang wajib baik untuk dimiliki oleh seorang Goalkeeper. Kombinasi dengan aspek mental seperti decicions, concentrations dan aspek fisik seperti balance dan jumping sangat disarankan. Tunggu untuk posisi selanjutnya ya.