Bermain Football Manager tidak lengkap rasanya apabila tidak melatih Timnas Indonesia. Selain adalah sebuah challenge, nyatanya di Football Manager, pemain Indonesia dapat dikategorikan pemain yang bagus dan beberapa pemain bahkan memiliki kemampuan level Asia.

Apabila kita menghidupkan liga Indonesia, maka akan muncul pemain berkebangsaan Indonesia baik pemain murni berdarah Indonesia maupun half blood. Berikut ini adalah lima pemain terbaik Indonesia versi Football Manager 2024.

Jordi Amat

Memiliki pengalaman bermain di liga utama Spanyol dan Inggris, Jordi Amat tentu menjadi pemain dengan kemampuan paling baik. Apalagi ia pernah memperkuat Timnas Spanyol di kategori usia muda.

Jordi memiliki keunggulan pada aggression dan bravery. Ia juga memiliki statistik determination, positioning, heading (sundulan), marking, dan tackling yang tinggi dan sangat dibutuhkan oleh seorang pemain bertahan.

Shayne Pattynama

Shayne Pattynama merupakan pemain terbaik di Indonesia, terutama di sisi bek sayap kiri dengan kaki kiri sebagai kaki terkuatnya.

Bila menilik dari statistik, kemampuan Shayne sangat baik dan merata dalam beberapa aspek pada mental & fisik. Dalam hal mental, punya kelebihan pada determination, flair, team work (kerja sama tim), work rate (tingkat kinerja), anticipation, composure, dan concentration.

Marc Klok

Di posisi tengah, Marc Klok tidak pernah tergantikan di Timnas Indonesia. Maka wajar apabila pemain yang pernah bermain bagi Dundee di Liga Skotlandia ini menjadi pemain terbaik di Indonesia terutama di posisi pemain tengah.

Berdasarkan statistik, dalam hal mental, Klok punya kelebihan dalam hal bravery, aggression, work rate, dan determination. Sementara dalam hal physical, pemain kelahiran Amsterdam itu unggul dalam hal natural fitness, strength, stamina, dan balance.

Sandy Walsh

Lahir di Belgia, sempat menjadi andalan Timnas Belanda di kategori usia muda, namun pemain yang memiliki darah Irlandia itu memilih Timnas Indonesia di level senior. Untuk bisa menjadi warga negara Indonesia iya membutuhkan waktu tujuh tahun itu. Penantian panjang dibayar dengan penampilan baik di Timnas Indonesia.

Lantaran statusnya yang bermain di Liga Eropa, tak heran bahwa Sandy merupakan salah satu pemain terbaik di Asia. Berdasarkan statistik, dalam hal technical, Walsh punya banyak kelebihan dalam hal marking, passing, tackling, first touch, dan dribling . Sementara dalam hal physical, pemain Mechelen itu sangat bagus dalam hal pace dan acceleration. Semua ini sangat dibutuhkan oleh pemain bek sayap.

Ivan Janner

Ivan Janner pernah bermain bagi Timnas Belanda U-15. Hal itu yang membuat dirinya memiliki kemampuan istimewa dan tentunya lebih baik ketimbang rata-rata pemain lokal Indonesia.

Statistik di Football Manager 2024 pun luar biasa. Dalam hal technical, Ivar punya kelebihan dalam hal passing, first touch, dribling (menggiring bola), dan technique. Sementara dalam hal mental, ia memiliki keunggulan dalam hal team work, bravery, composure, dan vision.

Selain itu, Ivan juga memiliki potential ability paling tinggi dan diprediksi akan menjadi pemain bintang di masa depan.

Jadi, berdasarkan lima pemain Indonesia di atas, yang mana yang merupakan pemain favoritmu?