FMLovers,

Kali ini, saya ingin membahas satu-persatu #FM19Features yang telah menjadi Headline di pengumuman SIGames sebelumnya. Btw, yang digadang-gadang sebagai perombakan besar-besaran adalah di Training dan Tactics. Tapi kali ini kita bahas Tactis dulu yaa. Artikel ini juga ada di tweet saya semalam 🙂

Tactic Innovation

Sepertinya agar FM kembali lebih fokus ke bagian yang sudah menjadi andalannya. TAKTIK. Karena kalau mau nyari game bola dengan grafis dan gameplay cepet ? Udah ada FIFA atau PES kan ? 😀

1-tactical-styles-5c81f54721684b011d0ebd186a0c9215

Pada FM19. (Btw, FM19 sudah bisa di Pre-Order ya. Harga di Steam 378rb, tetapi kalau kamu tidak punya kartu kredit dan ingin menggunakan jasa beli game. Via Artupoke’s Store 385 yah)

Akan ada settingan detail yang bisa membuatmu dengan gampang, segampang dengan satu kali klik, untuk menciptakan taktik dengan gaya tiki taka (mengutamakan penguasaan bola, tidak memberi ruang saat pemain menguasai bola, bermain sabar menunggu peluang), catenaccio (gaya pertahanan yang benar-benar terstruktur, digunakan untuk menhilangkan ancaman serangan lawan), gegenpressing (secepatnya berusaha merebut bola, lari, lari, dan lariii), dan gaya gaya lainnya. Lalu mentweak taktik tersebut agar sesuai dengan materi pemainmu.

2-fluid-counter-36385048acfe29c9893efb85858bfca3

Untuk team instruction akan dibagi sesuai dengan fase permainan : saat menguasai bola, saat lawan menguasai bola, atau saat transisi menyerang dan bertahan. Artinya akan banyak sekali instruksi baru yang bisa kamu terapkan di FM19 ini.

Contohnya begini, saat lawan menguasai bola. Kamu bisa meminta pemainmu untuk lebih agresive untuk mendapatkan bola secepatnya, atau kamu bisa meminta tim mu untuk “regroup” agar pemainmu bisa kembali menata formasiuntuk menghalangi counter lawan.

Dan ini juga berlaku sebaliknya. Saat kamu mendapatkan bola, kamu bisa meminta pemainmu untuk secepatnya bergerak melakukan counter, atau setelah mendapat bola, langsung menahan tempo, menunggu para pemainmu lebih siap dalam membangun serangan.

6-pressing-forward-2f78ae67b0dc3f7d902e2f2e6b80d5ff

Taktik kali ini juga menghadirkan posisi baru : Pressing Forward, pemain depan yang semata mata bertugas menekan pemain lawan saat mereka menguasai bola. Untuk menekan garis permainan lawan dan agar tidak membiarkan pemain lawan berlama2 di bola.

8-no-nonsense-defender-69da24ef70095f7c624b8546412bb222

Posisi lainnya di bagian bertahan, ada : No-Nonsense Fulback atau No-Nonsense centreback. Yang akan HANYA fokus di bertahan, jangan harap mereka naik membantu penyerangan, karena bagi mereka, bodo amaat. Yang penting bertahan.

9-tactics-2b29e23171388e896ceb39981fa73238

Mentality berubah ? Ya, sekarang tidak ada lagi Contain Counter, Control, dan Overload. Counter hilang karena sekarang kamu bisa gampang mentweak fase permainan. Tetapi akan ada Very Defensive, Cautious, Positive, dan Very Attacking.


Kurang lebih itu yang bisa disebut untuk fitur baru di bagian taktik FM19 ini. Prematch briefing juga ada tampilan baru yang lebih segar dan diharapkan bisa membantu. Komentar saya ? Baguuus. Tapi…… Mudah2an bug match enginenya nggak banyak!

Gimana pendapatmu dengan fitur baru di Tactic ini ?


 

 

\\follow me @Rtupoke and the Fan Page or subscribe this blog ya FM Lovers. Keep Sharing//