FM Lovers,

Tanggal saat tulisan ini mulai dibuat adalah 18 Agustus 2014, (walau telat, marilah kita bersama-sama mengucapkan Dirgahayu Republik Indonesia ke 69 tahun ! Jaya selalulah Indonesiaku). Saya, dan mungkin sebagian besar FMLovers yang lain sudah mulai berada di penghujung karir managerialnya, di Football Manager 2014. Ya di FM14 saja, kemungkinan sangat besar masih berlanjut di FM15, karena saya masih tidak mampu untuk melepaskan diri dari pelukan Game Terkutuk ini. Game FM15 pre-order sudah antri dengan manisnya di library akun steam saya, tinggal menunggu hari H kelahirannya saja. Mungkin sensasi ini sama seperti kamu sedang puasa di siang hari, dan kamu sudah mengetahui jam serta menit kamu akan berbuka. Mungkin,

Tulisan ini saya buat sebagai resume dari perjalanan saya di dunia imajinasi Football Manager 2014. Seperti yang sudah saya katakan di tulisan sebelumnya, membicarakan save-an game di Football Manager, sama dengan berbicara tentang pengalaman hidupmu. Semua manager mempunyai jalan karirnya yang berbeda satu sama lain, begitu banyak persimpangan jalan yang harus dipilih untuk menentukan apakah kamu layak berada di jajaran manager level atas, atau di jajaran level lebih atas lagi. (saya bilang demikian karena, saya yakin tidak ada yang memainkan game ini hanya berkutat di sebagai manager gagal. Karena sukses dimata kita berbeda-beda, seperti target board setiap klub yang berbeda pula. Jika saya salah, protes tidak bayar kok).

image_thumb8[1]

“I think I should include Football Manager on my resume”

Paragraph ini saya awali dengan Achievement addictedness Rating saya, seperti gambar di atas. Rating tersebut tercapai dengan memainkan (atau saya yang dimainkan game ini ? ah sudahlah) 13 Hari 23 Jam dan 19 menit. Dengan 246 kali saves, bearti saya hanya memainkan game ini rata-rata 1,5 jam setiap kali bermain. Hmm, ternyata memang waktu bermain saya menurun drastis dengan bertambahnya kesibukan di dunia nyata. But well, 1,5 jam sepertinya sudah cukup untuk merasakan nikmatnya berdua dengan FM ini bukan ?

Dengan game data berada di musim 2023/2024. Bearti total sudah 10 musim yang saya jalani. Di Save-an ini saya hanya bermain di satu klub saja, Juventus F.C. Alasan kenapa tidak mau pindah ? karena saya sudah terlalu takut akan kekalahan apabila berhadapan melawan tim yang saya sudah saya bangun selama ini. Mungkin sama seperti alasan Sir Alex Ferguson yang tidak pindah-pindah dari Manchester United, tidak kuat hatinya apabila nanti timnya harus berhadapan dengan MU, mungkin.

image_thumb7

Achievement saya cukup dilihat di selembar biography di atas. Pada tulisan berikutnya saya akan lebih banyak bercerita tentang kejadian-kejadian di dunia FM14 saya, yang saya rasa pantas dimasukkan di di tulisan ini. seperti bagaimana pertarungan antar kompetisi dan klub dunia, para Head Coaches yang melegenda di save-an saya, dan timnas indonesia.

Lihat Part-2 disini

=======================================================================================================================================================

\\follow me @Rtupoke or subscribe this blog ya FM Lovers. Keep Sharing//