Wah ini berguna ni. palagi buat saya yang sering tidur malam, entah memang ngerjain tugas ataupun ngalor ngidul tak jelas ! Jadi ingat waktu SMA hahaha…. ( Tips yang dulu tidak akan bisa dilakukan 😀 ) Tapi sekarang sudah bisa diterapkan. semoga berguna. Oh iya makasih atas tulisannyamas Abraham Isnan S.


1. Biasakan tidur dan bangun dengan teratur

Kebanyakan orang mengalami gangguan tidur, karena kebiasaan atau pola tidur yang tidak beraturan. Tidak teraturnya jadwal tidur tentu akan berpengaruh pada kualitas tidur Anda. Ritme tidur yang tidak teratur akan membuat gejala susah tidur Anda semakin terbuka. Nah, mulai sekarang Anda harus membiasakan diri untuk memiliki jam tidur dan bangun yang teratur.

2. Hindari konsumsi kafein pada malam hari

Kafein terkandung dalam teh, kopi, dan coklat. Kafein merupakan perangsang bagi sistem tubuh yang akan membuat Anda selalu terjaga. Oleh karena itu, untuk mendapatkan tidur yang baik dan tepat waktu sebaiknya Anda hindari minum kopi pada malam hari.

3. Perhatikan pola makan

Mengkonsumsi makanan berat sebelum tidur dapat membuat malam hari Anda tidak nyaman. Selain itu, terlalu banyak minum juga akan membuat Anda semakin mudah pergi ke kamar mandi. Namun jika Anda merasa lapar, lebih baik Anda mengonsumsi makanan ringan yang sehat. Hal itu tentu akan lebih membantu Anda tidur nyenyak.

4. Lakukan olahraga rutin

Biasakan Anda melakukan olahraga kurang lebih tiga jam di waktu pagi atau siang hari. Selain membuat tubuh Anda sehat, juga akan membuat tidur Anda lebih baik dan nyenyak.

5. Lakukan relaksasi rutin saat jam tidur

Berbagai relaksasi sebagai pengantar tidur Anda akan memudahkan Anda tertidur. Berbagai aktivitas seperti membaca buku ataupun mendengarkan musik dapat menjadi hal termudah sebagai pengantar tidur Anda. Selain itu, situasi kamar baik dari kerapian, ketenangan, pencahayaan yang cukup, busana tidur yang lembut, dan suhu juga sangat memengaruhi kuantitas maupun kualitas tidur Anda.

6. Segera keluar kamar tidur saat Anda bangun

Terkadang orang yang sudah terjaga dari tidur akan kembali tertidur jika masih berkutat di dalam kamar. Perasaan malas tentu bisa menjadi bumerang bagi Anda, sehingga tak jarang membuat Anda kembali tertidur. Hal itu akan berakhir buruk jika Anda harus dihadapkan pada deadline waktu yang ada.

7. Bicarakan kondisi Anda dengan dokter atau ahli

Anda yang memiliki masalah dengan tidur Anda, sebaiknya segera melakukan diskusi atau konsultasi pada dokter atau ahli yang berkompeten. Hal ini sangat diperlukan untuk membantu menganalisa penyebab Anda mengalami gangguan tidur. Ingat, gangguan kecil pada tidur Anda dapat berujung buruk bagi kesehatan Anda selanjutnya.

Nah, bagi Anda yang merasa mengalami gangguan tidur sekecil apapun harus lebih berhati-hati. Jangan sampai Anda mengganggap remeh gejala gangguan tidur yang Anda alami. Tak jarang orang yang mengalami gejala awal susah tidur harus berakhir menjadi penderita insomnia.

Sumber : http://bramazz.wordpress.com/