Ditulis oleh : Audikul

Kamu juga ingin tulisan tentang Football Managermu dimuat di Artupoke.com, cek dimari !

Hai semua, apa kabar? Semoga sehat selalu.

Pada kesempatan ini saya ingin sharing lagi mengenai Gim kesayangan kita semua, tak lain dan tak bukan, yaitu Football Manager. Di artikel sebelumnya, saya sudah membahas secara lengkap bagaimana kita sebagai manager dapat memaksimalkan potensi pemain muda atau wonderkid yang kita miliki. Mungkin belum bisa dipahami sepenuhnya, pelan tapi pasti hal itu akan terjadi.

Sekarang ini saya ingin membagikan Tips and Tricks untuk dapat meningkatkan nilai budget transfer pemain sehingga kalian para manager bisa mempunyai cukup banyak dana untuk keperluan-keperluan kalian manager sehingga tujuan kalian atau target kalian dapat segera tercapai, bisa jadi auto sultan kalau gitu, hehe, mungkin agak tricky tetapi masih bermartabat dibandingkan dengan save load game, hahaha. Tapi percayalah suatu saat budget besar kalian nantinya juga tidak akan terpakai.

Dibawah ini contoh Budget transfer saya yang sudah saya simpan, malah tidak ada kegiatan transfer yang signifikan.

Sebenarnya hal ini yang mungkin kalian semua pernah lakukan, namun kalian tidak menyadarinya. Sebenarnya sudah ada fitur unlockable di Football manager mengenai budget transfer booster, yaitu sugar daddy dan budget transfer. Tetapi kalian harus mempunyai sebuah achievement tertentu yang harus kalian lakukan, semacam challenge feature. Ya pastinya butuh jam terbang untuk melakukannya.

Untuk yang masih pemula atau baru mencoba bermain gim ini boleh mencoba menerapkan tips yang saya bagikan ini. Cocok untuk kalian yang sedang mencoba melatih klub-klub divisi bawah maupun liga antah berantah yang pastinya punya dana yang sangat terbatas. Dan yang paling utama adalah tips yang saya bagikan ini murni hasil dari pengalaman saya bermain gim favorit sejak SMA, jikalau ada persamaan kata, pembahasan, mohon maaf sebelumnya. Dan, hal ini adalah murni hanya ditujukan untuk sharing ke sesama football manager lovers, jika ada perbedaan pendapat atau tambahan, monggo bisa didiskusikan.

Oke yang pertama tips untuk dapat meningkatkan budget transfer kalian:

1. Ternak Wonderkid

Yaaaaah wonderkid lagi, heheehe 🤣. Yaa mau gimana ya, saya termasuk ke dalam wonderkid lovers jadi apapun selalu berkaitan dengan bocah ajaib ini. Banyak sekali manfaat yang dirasakan jika kalian mempunyai prinsip opa wenger dalam membangun sebuah klub sepak bola di dunia fantasi ini, yaitu sebagai berikut:

  • Keuangan Sehat

Budget transfer kalian pasti unlimited deh, dijamin, karena margin penjualan kalian bisa berpuluh kali lipat dibandingan dengan membeli wonderkid kemudian dapat memaksimalkan potensinya. (Tipsnya ada di artikel sebelumnya ya)

  • Cuan, Cuan, Cuan

Bayangkan kalian membeli pemain muda 1 jt, kemudian digembleng untuk mendapatkan potensi yang maksimal, dan kemudian kalian jual lagi dengan harga 45 jt. Kalau itu terjadi di dunia nyata kaya raya. Hehehe. Mantap deh pokoknya. Kalian bisa rasakan sensasi tersendiri.

  • Kepuasan dalam bermain

Memainkan wonderkid jauh lebih membuat kita merasakan kepuasan karena kita sukses menciptakan pemain mahal dengan usaha kita sendiri dalam mendapatkan potensi yang maksimal dari pemain tersebut.

  • Management Mudah

Jika kalian sudah atau sedang ternak wonderkid, biasanya pemain tersebut lebih mudah diatur dibandingkan dengan pemain yang sudah senior. Bisa diretrain position, bisa diminta pendapat, bahkan bisa juga ditawarkan menjadi staff kepelatihan nantinya kalau sudah memasuki masa pensiun dari pemain tersebut.

Jadi manfaatkan kesempatan untuk ternak wonderkid terlebih jika klub yang kalian tangani memiliki fasilitas yang memadai sehingga dapat mendukung dalam memaksimalkan potensi mereka.

Saya beri contoh gambar di bawah ini adalah salah satu wonderkid yang saya besarkan. Waktu beli pemain ini hanya 2.5 juta dollar, kemudian saya jual dengan harga yang lumayan fantastis.

Di 40 juta dollar, setara dengan 15 kali lipat. Woow!

bagaimana cara mendapatkan wonderkid dan berminat untuk bermain di klub kita ? Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mendapatkan wonderkid atau pemain muda potensial

1.1. Scouting

Scouting adalah kegiatan pencarian bakat yang diproyeksikan oleh tim pencari bakat klub atau scout. Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi kesuksesan dalam mencari pemain dengan potensi bakat yang tinggi, yaitu sebagai berikut:

1.1.1. Scout yang dimiliki

Scout merupakan elemen penting dalam proses pencarian bakat pemain, pastikan kalian memiliki s           cout yang berkualitas dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut.

1.1.2. Knowledge Networking

Knowledge networking adalah pemahaman atau pengetahuan yang dimiliki oleh tim pencari bakat terhadap pemain yang berasal dari negara tertentu. Misalkan tim pencari bakat A memiliki pengetahuan yang luas terhadap pemain-pemain muda di negara A (kompetisi, event, akademi, dan lain-lain). Pastikan kalian mempunyai scout dengan pengalaman jaringan yang luas dan sesuai kebutuhan

1.1.3. Specialty

Scout meiliki beberapa tipe specialty, yaitu sebagai berikut:

  • First team scout

First team scout adalah kegiatan pencarian bakat pemain-pemain yang berkompetisi di liga utama di dalam sebuah klub, pencarian biasanya ditentukan berdasarkan atribut dan posisi yang diinginkan oleh kalian sebagai manager. Misalkan kalian ingin mencari penyerang dengan atribut shootingnya minimal 18, dan minimal potential starsnya tiga.

  • Youth team scout

Youth team scout adalah pencarian bakat pemain muda yang berpotensi tinggi di dalam sebuah klub. Biasanya youth team scout akan menyisir ke akademi-akademi dari klub elite di dunia.

Biasanya pencarian bakat ditentukan berdasarkan seberapa potensial pemain muda tersebut yang dimiliki oleh akademi dari klub. Dan biasanya juga dengan keberadaan youth team scout di klub kalian, maka rekomendasi pemain yang diberikan untuk squad u-18 ke kita semakin baik bintangnya di setiap awal musim.

  • Tactical scout

Tactical scout adalah memantau, menganalisa, dan memberikan report ke kalian sebagai manager yaitu data history permainan dari klub yang dipantau untuk keperluan pertimbangan kalian dalam menentukan strategi yang pas. Biasanya yang dianalisa adalah klub lawan yang dilakukan beberapa hari sebelum pertandingan.

Jadi dengan menghire scout terbaik yang tepat sesuai dengan kebutuhan klub, pastinya kalian sudah cukup aman, tidak perlu khawatir pemain muda yang kalian inginkan dibajak klub lain. Di Football Manager versi Desktop atau Personal Computer, slot jumlah scout yang dapat dihire cukup banyak, sementara untuk versi mobilenya sangat terbatas. Sekitar tiga sampai empat scouts maksimal yang bisa dihire oleh kalian untuk klub.

1.2 Judgement attributes (khusus Football Manager versi Desktop atau Personal Computer)

Judgement attributes adalah nilai atribut dari seorang scout terdiri dari dua point penting, yaitu sebagai berikut.

1.2.1 Judging Players Ability

Seorang scout dapat menilai kemampuan atau skill saat itu (kemampuan real saat itu) misalkan pemain tersebut mempunya abilty starsnya tiga.

1.2.2 Judging Players Potential

Seorang scout dapat menilai potensi dari kemampuan pemain tersebut. Semakin tinggi atribut judging potential ini, maka bidikan atau penilaian terhadap pemain tersebut semakin tajam. Sehingga pemain yang dipantau sejauh apapun negara tempat akademi, Pemain tersebut pasti akan terdeteksi oleh scout yang ditunjuk, asalkan dengan syarat networking scout knowledgenya sesuai dengan assignment yang diberikan oleh kalian.

Khusus Football Manager versi Mobile, kalian hanya perlu mempertimbangkan badge yang dimiliki oleh scout tersebut.

1.3. Assignment

Assignment berupa tugas atau task yang diberikan oleh kalian ke tim pencari bakat atau scouts untuk memantau atau mencari pemain yang ingin kalian cari untuk kebutuhan dari tim ataupun untuk ternak wonderkid. Ada beberapa assignment yang bisa kalian berikan, yaitu sebagai berikut:

1.3.1 Assignment by country/region

Assignment yang diberikan untuk memantau atau mencari pemain yang dibutuhkan di negara yang ditentukan oleh kalian, biasanya negara yang dipilih sudah digabungkan menjadi region. Sehingga assignment dapat berjalan efektif dan efisien.

Ada beberapa wilayah yang perlu diperhatikan karena mempunyai banyak pemain muda potensial yaitu sebagai berikut:

  • Central Europe
    • South America
    • North America
    • South Europe
    • North Europe
    • Africa

Tips dari saya, biasanya banyak pemain muda potensial bernaung di wilayah amerika selatan, sehingga kalian perlu rajin-rajin dalam memberikan assignment ke scout kalian di wilayah amerika selatan ini.

1.3.2 Assignment by competition

Assignment yang diberikan untuk memantau atau mencari pemain yang dibutuhkan di ajang pertandingan international, seperti:

  • Piala Dunia
    • Piala Eropa
    • Piala Amerika
    • Piala Afrika
    • Piala Asia
    • Dan sebagainya

Bisa juga kalian memberikan assignment di kompetisi yang bernaung di negara tersebut, seperti:

  • Liga Inggris
    • FA Cup
    • Community Shield
    • Liga Spanyol
    • Copa Del Rey
    • Liga Italia
    • Italian Cup
    • Liga Perancis

Dan juga kompetisi antar klub seperti

  • Liga Champions Eropa
    • Liga Eropa
    • Super Eropa
    • Piala Dunia Antar Klub

Dan bahkan bisa juga memberikan assignment di kompetisi antar akademi klub, seperti:

  • Liga inggris U-21
    • Liga Inggris U-18
    • Liga Champions Antar Akademi Klub
    • FA Youth Cup

Tips dari saya, kalian set assignment untuk scout yang kalian miliki ke kompetisi antar akademi (sayangnya di Football Manager versi Mobile tidak ada fitur ini, huftt.), kemudian pastikan atribut yang scout kalian miliki sesuai (Judging Potentialsnya tinggi, kalau bisa max di angka 20) dan scouting network knowledgenya sesuai dengan assignment (misalkan kalian ingin membuat assignment di kompetisi liga inggris u-21, berarti bar scouting network knowledgenya tinggi untuk negara inggris.

1.4 Attributes yang diinginkan

Atribut yang diinginkan oleh kalian bisa dipilih saat set assignment ke scout yang sudah kalian tunjuk, ada beberapa atribut yang bisa kalian set saat assignment

1.4.1 Umur

Di kategori umur ada beberapa opsi yang bisa dipilih:

  • Under 16
    • 16-21
    • 22-25
    • 26-30
    • 30-above

1.4.2 Posisi

Di kategori posisi ada beberapa opsi yang bisa dipilih

  • Goal Keeper
    • Defender
    • Midfielder
    • Forward

1.4.3 Stars

Kalian bisa menentukan range stars dari potential maupun abilty Atribut pemain. Misalkan ingin mencari pemain dengan minimal potential starsnya tiga hingga lima stars.

Tips dari saya untuk atribut yang diinginkan yaitu carilah pemain dengan minimal potential stars nya tiga hingga lima dan umur di under 16 hingga 18 tahun. Sehingga kalian punya waktu yang cukup untuk mengembangkan potensi dari pemain tersebut. Setelah itu kalian perbanyak jam terbangnya kalau perlu kirim ke affiliate club atau set loan. Biasanya pemain muda potensial dapat dengan mudah dicari.

Oke sampai di sini dulu ya guys, nanti kita sambung lagi ke part berikutnya. Masih sangat banyak yang ingin saya share untuk topik kali ini. Thanks semuanya, thanks artupoke, see u soon. And have a nice weekend!


follow me @Rtupoke and the Fan Page or subscribe this blog ya FM Lovers. Keep Sharing//