FM Lovers,

Football Manager 2018 (FM18) sudah memiliki tanggal rilis, yaitu secara resmi pada tanggal 11 November 2017. Dan ya, apabila kamu sudah melakukan preorder, maka kamu dapat menikmati FM18 dua minggu lebih awal. Pada tanggal 28 October dini Hari, kamu sudah bisa mendownload Dan memainkan versi beta FM18. Btw, jika kamu kebingungan bagaimana caranya preorder tapi tidak punya kartu kredit, via Artupoke’s Store harganya masih Rp 320,000.- sampai tanggal 9 Oktober. Ya, yang barusan itu memang iklan terselubung.
Apa saja fitur baru baru FM18 ? Sayangnya, sampai saat ini, Kita tidak akan mendengar apa saja fitur baru resminya karena masih on progress, Dan dari tweet Om Miles :

 

Kita akan melihat video pertama untuk fitur baru FM18 pada tanggal 30 September 2017, jumat depan.

Sembari menunggu Hal tersebut, Saya akan membagikan sedikit review  cerita saya tentang Football Manager 2017, Dan sedikit Touch 2017 nya.

Karir Savean FM17 Dan FM Touch

Ketika saya bilang akan membagikan sedikit. Itu artinya sedikit sebenar-benarnya. Pengembaraan saya di Football Manager pada edisi ini adalah kedua terparah dari sisi playtime saya dalam memainkan seri Football Manager, FM16 yang terparah. Savean saya di FM17 tidak lepas dari sekitaran musim pertama dan kedua saja. Melatih Juventus (ini wajib) dan mencoba new game dengan melatih Arsenal. Akhirnya punya nasib sama, tidak diteruskan.

Untuk FM Touch 17, di edisi sebelumnya yaitu FM Touch 16, bisa dibilang saya memiliki karir yang sangat panjang, dimana saya pertama kalinya membuat cerita dengan tags FM Touch di blog ini. Savean saya sampai tahun 2032, sampai bisa melihat Balotelli pensiun dan beralih karir menjadi pelatih. Bagaimana dengan FM Touch 17 ? lihat saja screenshot dibawah :

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Refleksi : Kenapa bisa sedikit playtime saya ? terlepas dari pekerjaan di dunia nyata yang semakin menyita waktu, dan game game ringan seperti Mobile Legends yang terlihat lebih seksi saat ini. FM17 tidak memberikan peningkatan fitur yang signifikan dari sisi gameplay, maupun user interface.

Fitur fitur baru yang bersifat kosmetik hanya dapat memberikan kesan baik di awal saja, yaitu saat pertama kali melihatnya. Selebihnya, kita akan kembali terjun dengan fitur yang sama. Semoga untuk FM18 nanti, fitur barunya bisa membuat saya bergairah kembali memainkan game ini.

Ok, yang tadi murni pendapat pribadi saya sebagai veteran FM yang tidak pernah absen sejak FM 2005. Bosan, sudah pasti, sehingga SIGames memang perlu fitur yang lebih baru dan menantang untuk membuat saya dan sejenis saya kembali terjun berlama lama di FM ini. Mari kita tunggu di FM18 nanti.

Achievement

Pada edisi ini, bisa dibilang ada satu major achievement dari saya, yang mungkin tidak semua dari kalian tahu. yaitu Artupoke resmi diabadikan sebagai salah satu AI Manager di FM 17 ini. Yup, hal ini bisa kalian temukan jika kalian memainkan mode Fantasy Draft Mode dan melakukan Add AI manager.

Capture03

kalian baru tahu ? Wajar sih, mode Fantasy Draft menurut ane sangat jarang dimainkan oleh FM Player saat ini. Bagaimana di FM18 ? yah, kita liat bersama saja 🙂


\\follow me @Rtupoke and the Fan Page or subscribe this blog ya FM Lovers. Keep Sharing//