FMLovers,

Saat ini, sepertinya candu yang bernama Football Manager sudah mulai berkurang efeknya, atau mungkin dampak dari saya yang perlahan-lahan sudah kembali ke jalan yang benar dan mulai insyaf. Entahlah, karena saya sepertinya sulit menemukan semangat militan bermain seperti layaknya dulu.

Oleh karena itu, saya mencoba cara bermain yang baru. Dengan menggunakan tools setan berjubah malaikat bernama FMRTE 15. Saya ingin mensimulasikan berbagai skenario skenario yang sepertinya menarik untuk dilihat hasilnya. Ya, saya hanya bertindak sebagai spektator. Tanpa melatih klub.

Skenario Experiment 01 :

WHAT IF : semua klub di ISL kekayaannya sebesar 1.000.000.000 (1 milyar, nolnya ada 9) Euro ?

Jreng jreng jreeng ……. !

 EXP-01-A-Finance Asia

Total ada 20 klub ISL yang dikondisikan mendapat dana ghaib awal sebesar 1 Milyar Euro (bukan hasil korupsi). Btw, gambar di atas diambil setelah musim berjalan  di bulan Februari 2015.

Klub asia yang paling kaya yang dimiliki bangsawan minyak pun memiliki kekayaan tidak sampai sepertiga dari klub klub ISL jadi jadian ini. Jika mau dibandingkan dengan klub di dunia :

EXP-01-A-Finance World

Klub ISL Jadi jadian ini hanya kalah dari Man Utd, Barcelona, Chelsea, dan Real Madrid. Wow banget kan.

A. Apa saja yang di edit menggunakan FMRTE ini ?

  1. Pertama-tama, tentu saya menggunakan New Game, menggunakan database update 15.3.0. jadi sudah ada update transfer. Ngaruh ? nggak juga sih, karena kita cuma fokus di ISL saja.
  2. Total ada 20 negara, 36 Liga, dimana hanya Indonesia Super League saja yang playable, sisanya hanya view only.
     Awal-01
  3. Buka FMRTE dan edit balance semua klub peserta ISL.

    EXP-01

  4. Done, Yup itu saja, tidak ada lagi yang di edit selain dari Financial Balance klub tersebut.

B. Q & A


Kenapa ISL yang dijadikan target eksperimen ini ?
Karena saya percaya, PSSI dan kemenpora di FM ini tidak akan bersiteru sehingga liga akan tetap berjalan lancar sesuai formatnya.

Berapa kali simulasi ?
Rencana satu kali saja. Kurang ? memang, tapi namanya juga eksperimen suka suka. Jadi ya cukup satu kali saja.

Kalau ada pertanyaan lagi, silahkan masukkan di kolom komentar ya. Artikel ini sengaja di bagi dua. Setidakya saya bisa menginformasikan lebih awal tentang parameter yang di gunakan sebagai dasar eksperimen ini. Penasaran ? sama. Saya juga.

Artikel dari hasil eksperimen ini akan disusulkan di kesempatan selanjutnya. Mari kita lihat bagaimana dunia persepakbolaan Indonesia 1 musim ke depan. Dari FMLovers, ada prediksi hasil ?

========================================================

\\follow me @Rtupoke or subscribe this blog ya FM Lovers. Keep Sharing//