Oleh: Katondio Bayumitra Wedya

Assalamuallaikum wr. wb. Pada kesempatan kali ini, saya akan membuat tulisan dengan Tema “FM dan INDONESIA” dengan gaya yang mungkin tidak biasa, yaitu gaya wawancara seorang wartawan dengan saya (yang ceritanya sebagai manajer asal Indonesia yang sukses di Eropa).

“Karya ini dibuat untuk mengikuti #FMLoversStory. Dari Komunitas FM Indonesia untuk FMLovers Indonesia. disponsori oleh Blognya FMLovers (http://artupoke.com) , Aremania (http://darmakusuma.wordpress.com/) dan Blognya Football Manager (http://www.blognyafootballmanager.com/)”

W: Wartawan

K: Katondio (saya)

Sandy, Utah

31 July 2027

W: Apa pendapat anda mengenai kondisi sepak bola Indonesia pada masa sekarang ini?

K: Saya rasa kondisi sepak bola Indonesia masih dalam keadaan yang bagus, contohnya prestasi Timnas Indonesia sendiri yang baru saja menjuarai piala AFF 2 kali beruntun dan berhasil menembus perempat final Piala Asia 2027. Di level klub, Rahmad Darmawan (RD) bersama Arema juga sering berhasil membuat Indonesia bangga.

W: Mengenai 2 gelar juara beruntun yang diraih Timnas Indonesia, dari 2 final yang digelar, semuanya mengalahkan Australia. Australia yang selama ini disegani di Asia dapat dikalahkan oleh Timnas Indonesia, bagaimana menurut anda?

K: Hal itu menegaskan bahwa pertama, Indonesia menegaskan bahwa merekalah… atau kitalah raja Asia Tenggara. Kedua, menegaskan bahwa yang memang seharusnya menjadi raja Asia Tenggara adalah Negara Asia Tenggara. Australia seharusnya sadar diri dan tak lagi berkompetisi di AFF. Semoga ini semakin membuat Timnas semangat, semoga selanjutnya dapat juara di Piala Asia. Sebenarnya, agak sedikit kecewa melihat Indonesia hanya mampu mencapai perempat final di Piala Asia 2027 lalu. Namun, saya tetap memberi hormat dan respect kepada Mr. Jackson F. Tiago. Terima kasih banyak atas jasa-jasa Mr. Jackson, beliau juga pernah membawa Indonesia juara Asian Challenge Cup 2016.

clip_image002

clip_image004

clip_image006

W: Cukup provokatif dan terus terang nampaknya anda kali ini, haha…

K: Ya, begitulah… saya langsung menelpon Mr. Jackson saat tahu Indonesia kembali berhasil menjadi juara Piala AFF. Hal yang sama juga saya lakukan pada Mr. RD setiap kali Arema juara di AFC Confederations Cup. Beliau (Mr. RD) bersama Arema sangat membanggakan Indonesia di level klub. Terbukti, Arema punya 5 gelar AFC Confederations Cup.

clip_image008

clip_image010

W: Kemudian mengenai potensi pemain. Apakah akan semakin banyak lagi pemain Indonesia yang berkesempatan untuk main di Eropa? Apa menurut anda mereka memberikan dampak positif untuk Timnas?

K: Kita tahu keberadaan beberapa pemain overseas, seperti Muhammad Sakti yang bermain di Liverpool dan Heri Prasetyo yang bermain di Southampton memberikan pengaruh baik untuk Timnas. Saya juga melihat potensi Dodit Fitrio dari Roda JC, semoga dapat lebih sering membela Timnas.

W: Tim Real Madrid anda berhadapan dengan Southampton yang diperkuat Heri Prasetyo saat partai final UCL 2027 lalu, bagaimana menurut anda penampilannya?

K: Cukup baik. Heri memerankan peran yang baik sebagai gelandang tengah. Heri harus lebih diberi kesempatan dan kepercayaan untuk bermain, saya pikir.

clip_image012

clip_image014

clip_image016

clip_image018

clip_image022

clip_image020

clip_image024

UEFA Champions League Final 2027

clip_image026

UEFA Champions League Final 2027

W: Oke, baiklah terima kasih banyak atas waktunya Mr. Katondio. Semoga sukses di partai melawan Real Salt Lake nanti malam. Semoga anda, sebagai orang Indonesia, juga tetap dapat membuat Indonesia bangga memiliki anda.

K: Sama-sama, terima kasih banyak.