FM Lovers,

Seperti di Football Manager edisi edisi sebelumnya, (dan saya juga tidak ada rencana untuk mengganti di Football Manager 2013 ini). Saya selalu menggunakan Juventus sebagai tim yang saya mainkan untuk pertama kali di seri tersebut. Dari Football Manager 2005 sampai Football Manager 2012. Ya, Game yang bagus tentu harus dimainkan menggunakan tim terbaik juga dong 😀

image

TARGET :

Simple sih, saya hanya ingin mengalahkan rekor tidak terkalahkan Juventus, Tidak menggunakan Mode Challenge tentunya. Sampai tulisan ini dibuat, Juventus sudah berada di Angka 44 Game tidak terkalahkan. So Let’s See, sampai seberapa jauh saya bisa menjadi The Invicible di Juventus Football Manager 2013 !

TAKTIK :

Yang kedua, saya ingin mencoba seberapa efektifnya menggunakan formasi 3-5-2 ala Conte yang sudah mengangkat melekat di Juventus saat ini. Penggunaan Deep Lying Playmaker ala Pirlo dan Ball Playing Defender ala Bonucci Duo Wingbacknya.

3-5-2 Juventus

Gambar di atas sudah menjadi bayangan formasi yang digunakan oleh Juventus saat ini. yang akan penulis coba, tapi tentu bukan menjadi keharusan kan ? 🙂

Penulis sendiri sebenarnya adalah penggemar setia pake 4-4-2 yang mengandalkan Sayap lincah yang cepat yang membantu penyerangan, seperti yang dapat FMlovers download di blog ini yang telah penulis masukkan di Box dengan nama Conte. Tetapi tentu dengan materi pemain Juventus yang ada di Football Manager 2013 nanti, tampaknya mesti saya kesampingkan dulu ? ataukah transfer jualah yang berbicara ? let’s see.

Seperti yang penulis sebutkan diatas, kalau mengikuti pakem 4-4-2, maka tentu harus ada 1 yang dikorbankan dari pakem MVP saat ini. dan Pirlo adalah kartu yang bisa dibuang tersebut (di dunia Football Manager Lhoo ! jangan sewot dululah 😀 ). Saya selalu kesulitan untuk menggunakan pemain yang tua yang dari kondisi fisik sudah lambat sehingga cenderung penulis abaikan di pemilhan tim, walaupun segi attribute dah dewa. Contohnya adalah Del Piero (nah nah, kok sewot lagi ? ini cuma kasus di Dunia Football Manager ! )

PLAYER :

Hmm, mungkin ada 3 pemain baru Juventus di musim ini yang betul betul ingin saya lihat penilaian Sport Interactie di Game ini. Kwadwo Asamoah, Mauricio Isla, dan Nicklas Bendtner. Sampai tulisan ini dibuat, Hanya Asampoah yang saat ini menjadi pembelian bagus yang rutin dimainkan, Isa dan Bendtner masih belum bermain full, mungkin waktu juga yang membuktikan.

image

Kwadwo Asamoah, dilihat dari stat 2012 dan saat ini harusnya di FM13 sudah ada peningkatan yang significant.

image

Injury proneness ? mungkin menjadi attribute yang harus menjadi perhatian utama untuk memainkan isla ini.

image

Tipe Target Man sejati kalo dilihat dari stat diatas, tapi sejauh manakah bisa digunakan nanti ?

TRANSFER :

Nah, berhubung kita biasa mulai permainan di bulan Juli, artinya transfer windows masih dibuka, yang artinya seperti kata jargon Iklan, “Dimulai dari nol ya pak ?” masih ada beberapa pemain yang bisa kita ambil. Kalo dana transfer, melihat kekuatan finansial Juve saat ini, mungkin untuk FM2013 berkisar di 25-35 juta euro. Tidak terlalu besar, tidak terlalu kecil,

Prima Punta / Penyerang utama adalah kebutuhan Juventus yang kemarin “hanya” ditutupi dengan Nicklas Bentdner. Yang membuat penasaran tersendiri oleh penulis. Target masih beli pemain bintang seperti Cavani. Mengingat incaran dulu seperti RVP sudah ke MU, Mbaye Niang, sang wonderkid 2012 sudah ke Milan, Mungkin target penulis surutkan ke Cavani dan Damiao, penyerang favorit penulis selain Mbaye Niang tentu.


Dengan tambahan fitur fitur baru di Football Manager 2013, serta pemain pemain Juventus musim 2012/2013 saat ini. Makin nggak sabar ya nungguin FM2013 :D.